Build Review : Dragon 1/700 HMS Liverpool water base

Dragon 1/700 HMS Liverpool water base
Saya baru saja membeli mokit kapal murah tapi super detail, Dragon 1/700 HMS Liverpool. Mokit ini termasuk premium series dari Dragon. Artinya di dalamnya sudah ada lumayan banyak PE parts. Cukup untuk membuat model yang akurat jika dirakit dengan benar.


Saya cukup penasaran membuat mokit kapal waterline display. Waterline display artinya kapal ditampilkan sedang berlayar. Konfigurasi ini mampu menonjolkan sosok gagah HMS Liverpool sedang beroperasi di laut.

Dragon 1/700 HMS Liverpool box
Untungnya mokit ini sudah menyediakan opsi waterline. Hull sudah dibagi dua atas bawah, sehingga tidak perlu report memotong hull di waterline. Blanking plate di waterline pun sudah disediakan. Modifikasi yang perlu dilakukan cukup denagn membuat dua lubang di blanking plate untuk tempat baut 4mm. Baut ini akan dipakai untuk menempel kapal ke water display base. Baut cukup diberi ring dan ditempel ke blanking plate dengan superglue.

Dragon 1/700 Liverpool screw
 Water display base tidak disediakan oleh Dragon, harus kita buat sendiri. Saya berencana menggabungkan pelat acrylic dan papan kayu untuk display base ini. Pelat acrylic dipakai di bagian atas karena bisa di cat dengan baik untuk mensimulasikan permukaan laut. Papan kayu ditempel dibawah pelat acrylic tadi untuk menambah kesan klasik. Kebetulan kedua material utama ini sudah tersedia di rumah saya, sisa sisa dari proyek sebelumnya.
Wood and Acrylic plate

Kayu dan acrylic tadi kemudian dirapikan dan di bor di dua titik untuk menampung baut 4mm dari mokit kapal. Untungnya kayu yang saya gunakan cukup lunak sehingga sudut-sudutnya bisa dibentuk melengkung hanya dengan bantuan amplas.
Wood base
Selanjutnya adalah membuat tekstur gelombang akibat pergerakan kapal. Dari foto referensi ada dua jenis gelombang akibat pergerakan kapal. Yang pertama adalah gelombang halus dengan sudut 10 – 20 derajat. Gelombang ini ini berpangkal di tiga titik, di tengah lambung, ¾ lambung, dan di buritan. Gelombang ini bisa disimulasikan dengan superglue. Untuk mendapatkan bentuk lurus dan halus yang diinginkan, aplikasi superglue dikontrol dengan masking tape. Perlu lima lapis aplikasi superglue untuk mendapatkan ketebalan yang diinginkan. Tunggu lapisan kering sebelum mengaplikasikan lapisan selanjutnya. Setelah kering, akan ada sedikit masking tape yang terjebak di pinggir superglue. Kikir bisa digunakan untuk membersihkan masking tape ini sekaligus memperhalus permukaan gelombang.

Jenis kedua adalah riak yang lebih random di sisi hull dan setelah buritan. Riak ini bisa disimulasikan dengan Tamiya putty. Masking tape digunakan untuk mengontrol aplikasi putty. Putty bisa diaplikasikan dengan bantuan tusuk gigi. Setelah sedkit kering, bentuk riak yang random bisa diukir dengan pinset.
Wave texture
Jika semua sudah kering, beri selapis Tamiya surface primer untuk meningkatkan adhesi cat lapisan selanjutnya.

Permukaan laut tidak rata sempurna. Ada riak-riak gelombang di permukaan laut. Di skala 1/700 riak ini kecil, tapi tetap terlihat. Cat tembok bisa digunakan untuk mensimulasikan riak ini. Aplikasikan cat tembok dengan stippling motion. Kuas ditusuk tusukkan ke permukaan acrylic. Teknik ini menghasilkan tekstur yang bergelombang, cukup baik untuk mensimulasikan gelombang laut di 1/700.
Sea texture using wall paint
Untuk lapisan warna saya menggunakan Sakura acrylic paint. Cat ini lebih murah dari acrylic Tamiya, tapi masih menghasilkan coverage dan warna yang memuaskan. Warna laut adalah kombinasi hijau dan biru. Saya menemui kesulitan untuk menemukan kombinasi warna yang tepat. Untungnya Sakura acrylic paint melekat dengan baik ke lapisan cat tembok. Aplikasi cat ini juga cukup menggunakan kuas biasa. Riak di sisi kapal dan dibelakang buritan berwarna putih. Warna putih ini di touch up dengan Tamiya Acrylic XF2 flat white. Berhubung area yang perlu di touch up cukup kecil, saya menggunakan kuas biasa.
Sea color using Sakura Acrylic paint 
Setelah lapisan warna benar benar kering, waktunya mengaplikasikan lapisan clear gloss. Yang perlu hati hari disini adalah pastikan lapisan warna benar benar kering. Bukan hanya kering saat disentuh, tapi benar benar kering. Jika clear gloss di apply sebelum lapisan warna kering, akan ada resiko cat nya retak. Saya memakai spray can clear gloss merk krylion yang lebih murah dari Tamiya. Beberapa lapisan tipis dilabur sampai mendapat ketebalan yang diinginkan.   

Finished water base
Untungnya posisi lubang dan pola riak di display base match dengan model HMS Liverpool. Semua komponen ini bisa menyatu dengan baik, menampilkan sosok HMS Liverpool sedang berlayar.
Dragon 1/700 Liverpool on water base
Overall ini yang paling saya suka dari hobby mokit ini. Mengolah mokit murah dan bahan seadanya untuk menghasilkan model yang memuaskan.

Jika anda tertarik menggeluti hobby ini, silahkan kunjungi toko kami www.rumahmokit.com , Terimakasih :)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar