Review: Hobbyboss 1/48 Su-27 Flanker B

Hobbyboss 1/48 Su-27 Flanker B

Look Ma, no tanks

Apa perbedaan antara Su-27 Flanker dengan fighter lain yang se-generasi seperti F-14, F-15, F-16, F-18, Eurofighter, Rafale, Gripen, Mirage 2000, dll? Silahkan browsing foto-foto fighter diatas, Anda akan menyadari sesuatu yang menarik. Semua fighter generasi 3-4 hampir selalu membawa drop tank, kecuali Flanker. Kami belum pernah melihat foto Flanker membawa drop tank, padahal jangkauan fighter ini tergolong luar biasa.


Flanker membawa banyak bahan bakar secara internal, dibungkus rapi di dalam airframe besar tapi aerodinamis. Distribusi berat dan lift fighter ini dirancang dengan baik sehingga Flanker tergolong lincah walau besar. Sepasang mesin AL-31F bisa mentoleransi udara turbulen dengan baik, bahkan pada manuver AoA ekstrim.

Kelincahan didukung sistem senjata yang tepat membuat Flanker sangat mematikan di jarak dekat. Fighter ini mampu membawa rudal high off-boresight R-73 Archer dipandu helmet mounted sight untuk menembak target yang jauh disamping. Flanker juga dilengkapi sepucuk kanon lethal GSh-30 kaliber 30mm untuk menembak target di jarak dekat.

Teknologi elektronika Soviet/Russia memang belum sebaik barat, namun Flanker tetap harus diwaspadai dalam pertempuran BVR. Radar flanker generasi awal memang belum secanggih milik barat. Namun ukuran hidung Flanker termasuk jumbo. Tersedia cukup ruang untuk menampung antenna besar atau banyak T/R module pada radar ESA, memberikan potensi pengembangan besar di masa depan. Flanker juga bisa mengendus lawan dengan senyap menggunakan IRST. Performa kinematic fighter ini luar biasa, mampu memberikan kecepatan awal yang bagus bagi peluncuran rudal BVR. Selain itu Flanker mampu membawa segudang rudal. Tersedia wingtip station, 2-3 under wing station, under engine station, dan sepasang centerline station. Flanker versi awal dilengkapi rudal R-27, dan versi berikutnya juga bisa membawa R-77 yang lebih canggih. Selain itu ada kemungkinan Flanker mampu membawa versi air-to-air dari rudal anti radiasi Kh-31 Krypton. Berita ini masih belum pasti mengingat trayektori untuk menghantam target di udara sangat berbeda dengan target darat. Namun jika informasi itu benar, Flanker mampu berperan sebagai AWACS killer. Ketergantungan fighter barat terhadap AWACS masih cukup besar. Efeknya akan cukup terasa jika AWACS berhasil dibungkam atau diancam untuk menjauh dari medan pertempuran.

Hobbyboss 1/48 Su-27 Flanker B

Hobbyboss 1/48 Su-27 Flanker B one piece fuselage
Ukuran kotak : 42x32x9 cm

Salah satu kelebihan kit ini adalah breakdown fuselage. Hobbyboss memberikan fuselage utuh dibagi atas-bawah. Tidak ada seam yang perlu ditangani pada sambungan fuselage ke sayap dan tail stinger. Tidak perlu takut kehilangan surface detail berupa recessed panel line halus dan rivet saat sanding. Fuselage ini diamankan dengan karton kaku, mencegah gesekan yang tidak perlu. Sprue lain juga diindungi oleh kantong plastik tersendiri, menjaga kondisi tetap sempurna saat pengiriman. Canopy diproteksi dengan foam tersendiri, mencegah goresan.
Hobbyboss 1/48 Su-27 Flanker B PE, rubber tire, and additional clear parts
 
Hobbyboss 1/48 Su-27 Flanker B vertical stabilizer
Kit ini sebagian besar terdiri dari styrene. Hobbyboss memberikan PE hanya untuk bagian yang benar-benar perlu seperti spion kokpit dan beberapa antenna. Kokpit dan ejection seat terdiri dari beberapa parts untuk menangkap bentuk rumit area ini dengan baik. Bidang kontrol seperti flaperon, slats, dan rudder dicetak terpisah. Landing gear, terutama nose landing gear dicetak dengan detail yang bagus. Ban disediakan dari karet, terpisah dari velg, mempermudah pengecatan yang sempurna. Dorsal airbrake dicetak terpisah sehingga bisa dipasang di posisi terbuka. 
Hobbyboss 1/48 Su-27 Flanker B landing gear detail
 
Hobbyboss 1/48 Su-27 Flanker B control planes

Hobbyboss 1/48 Su-27 Flanker B nozzle

Hobbyboss 1/48 Su-27 Flanker B parts

Hobbyboss 1/48 Su-27 Flanker B air-to-air arsenal
Flanker pada kit ini adalah generasi awal dengan fungsi fighter murni. Hobbyboss menyediakan arsenal air-to-air lengkap untuk mengisi penuh 10 weapons station. Tersedia parts untuk membuat masing-masing 4 rudal R-73, R-27R, R-27ER, R-27T, R-27ET, dan R-77. Namun instruction sheet hanya menunjukkan perakitan dan placement diagram untuk R-73, R-27R dan R-27ER. Setiap rudal terdiri dari beberapa part dengan fin yang dicetak tipis dan konsisten. Detil pada R-73 terlihat baik dengan nozzle dan clear IR seeker terpisah. Walau tidak ditunjukkan dalam instruksi, R-27T dan R-27ET juga dilengkapi clear IR seeker. Rudal dan pylon dilengkapi decal untuk tampilan lebih realistis. Modeler juga bisa memilih untuk memasang ECM pod pada wingtip, menggantikan posisi sepasang R-73.
Hobbyboss 1/48 Su-27 Flanker B R-27 and R-77
Overall kit Hobbyboss cetakan baru ini adalah pilihan yang baik untuk membuat Flanker 1/48. Fuselage utuh dengan surface detail yang bagus mempermudah perakitan. Arsenal air-to-air lengkap juga merupakan nilai tambah kit ini. Sedikit PE juga merupakan nilai tambah untuk mempermudah perakitan karena sebagian besar detail ditangani dengan plastic parts yang dicetak tajam dan bersih.

Silahkan kunjungi toko kami www.rumahmokit.com untuk memiliki kit ini dengan mudah, terimakasih,

Tidak ada komentar:

Posting Komentar