Meng 1/35 T-90A |
Sedikit sejarah dan review mokit ini bisa Anda baca disini
The most complicated kit that we ever build
The most complicated kit that we ever build
Meng 1/35 T-90A adalah kit paling rumit yang pernah kami
buat. Dimensi kotak Meng T-90A sebenarnya sedikit lebih kecil dari tank modern
1/35 lainnya. Tapi yang aneh adalah kotak kit ini lebih berat. Penyebabnya baru
ketahuan setelah kotak dibuka, Meng hampir tidak menyisakan ruang kosong didalamnya.
Plastik parts dalam jumlah sangat banyak dijejalkan ke dalam kotak kecil
tersebut.
Kit serumit ini tidak akan selesai dalam waktu cepat. Perlu
taktik tersendiri untuk menyimpan semua sub assembly dengan rapi tanpa
kehilangan satupun. Bagian yang memakan tempat paling banyak adalah track. Untungnya
semua sprue penyusun track terbungkus rapi dalam satu kantong plastik pelindung.
Track akan dirakit ditengah proses sehingga bisa disimpan dulu dengan rapi di
kotak lain, menyisakan ruang yang cukup untuk menyimpan sub assembly dengan
aman dalam kotak Meng T-90. Selama proses perakitan, sprue yang tidak lagi
memegang parts segera disingkirkan, memberikan tempat lebih banyak lagi untuk
sub assembly.
Paint Scheme
Kit ini dibuat atas permintaan salah satu customer kami. Kami
sangat lega paint scheme overall green dipilih. Jika paint scheme kamuflase three
tone yang dipilih, akan sangat sulit memasang masking diatas detail maksimal
kit ini.
Paint scheme overall green membawa tantangan tersendiri.
Yang pertama adalah warnanya harus benar-benar akurat. Hanya ada satu warna
yang menjadi pusat perhatian, kalau warna hijaunya salah maka akan terlihat
jelas. Yang kedua adalah warna hijau polos perlu divariasikan dengan weathering
yang sesuai. Tanpa kedua hal ini, model akan terlihat membosankan dan seperti
mainan.
Gunze Sangyo Aqueous RLM80 Olive Green |
Sebenarnya Meng menganjurkan Vallejo RLM80, tapi stok untuk
warna tersebut sedang kosong. Untungnya ada satu cat dengan warna yang sesuai,
Gunze Sangyo Aqueous RLM80 Olive Green. Cat ini mudah dipakai, cukup diencerkan
dengan air bersih dengan perbandingan yang tepat dan diaduk rata. Dengan
kekentalan yang tepat, cat ini bisa disemprot dengan baik menggunakan airbrush.
Selain itu cat ini juga mudah dibersihkan, komponen airbrush pen cukup di lap
dengan tissue yang dibasahi dengan alcohol 70%. Ekonomis dan mudah.
Wheel
Perakitan kit tank umumnya dimulai dari roda. Jumlah road
wheel T-90 lebih sedikit dari tank barat, hanya 6 pasang. Di depan ada sepasang
idler wheel dan di belakang ada sepasang sprocket.
Bentuk idler wheel dan sprocket T-90 cukup rumit. Meng
berhasil menangkap bentuk rumit ini dan merepresentasikannya dalam beberapa
part yang bisa dirakit dengan mudah. Teknologi injection molding Meng sangat
bagus, tidak ada cacat yang terlihat. Tantangannya adalah melepas semua part
dari sprue dengan rapi.
Wheel and Sprocket |
Road wheel juga tidak kalah detil, bahkan mungkin sedikit
berlebihan. Meng sampai mencetak detil relief diatara kedua cakram roda. Detil
ini tidak akan terlihat setelah perakitan, tapi memberikan pemandangan bagus
bagi modeler yang merakitnya. Sepanjang perjalanan ada lebih banyak lagi yang
seperti ini, detil tajam tapi tidak akan terlihat setelah jadi. Meng T-90A ini
memang kit yang memanjakan perakitnya.
PE mask for painting road wheel |
Meng menyediakan masking dalam bentuk PE untuk membantu
pengecatan road wheel. Langkah pertama semprot seluruh permukaan dengan NATO
Black. Selain berfungsi sebagai primer dan preshading, warna ini yang cukup
bagus untuk mensimulasikan bantalan karet di sekeliling road wheel. Kemudian
masking bisa digunakan untuk melindungi sisi luar roda saat tengahnya disemprot
RLM80. Hasilnya adalah road wheel yang rapi dengan effort minimum.
Lower hull
Lower Hull and Suspension |
Meng menyediakan suspensi yang sangat detail dan rumit.
Suspensi ini tidak mati, tapi bisa bekerja seperti suspensi torsion bar pada
tank aslinya. Meng menyediakan petunjuk yang sangat jelas, lengkap dengan titik
pengeleman, membuat perakitan suspensi menjadi mudah.
Jika dipasang dengan benar, suspensi kit ini akan bisa
bekerja seperti tank aslinya. Masalahnya kami kurang yakin dengan ketahanan
sistem suspensi ini dalam jangka panjang mengingat semua detil yang disediakan
Meng akan membuat model menjadi cukup berat. Pada akhirnya kami mengikuti
langkah yang ditempuh banyak modeler lain saat membuat kit ini, yaitu dengan
mengunci suspensi di posisi netral dengan superglue.
Engine
Diesel V12 engine |
Engine on hull |
Proses lain yang cukup rumit adalah menyambungkan mesin
dengan exhaust yang berada di hull. Dry fitting diperlukan untuk mendapatkan
posisi yang tepat sebelum menggunakan lem.
Pintu ruang mesin tidak bisa menutup rapat. Perlu sentuhan
amplas di tengah pintu agar bisa menutup rapat.
Hull assembly |
Bagian yang agak sulit dipasang di tahap ini adalah external
fuel tank. Instruction sheet menyarankan pemasangan bracket ke hull dulu baru
memasang fuel tank. Salah sedikit posisi bracket akan membuat fuel tank tidak
tidak sejajar dan terlihat berantakan. Fuel tank bisa digunakan untuk
meluruskan posisi bracket sebelum lem mengering sempurna. Meng juga menyediakan
fuel line yang akurat yang bisa terpasang dengan pas saat posisi external fuel
tank sudah benar.
Basic assy |
Lensa periskop T-90 cukup banyak, disediakan dalam
transparent parts. Sebelum dipasang, semua lensa ini diberi semprotan clear blue
beberapa lapisan tipis sampai mendapat ketebalan warna yang diinginkan. Clear
parts bisa menempel rapat dengan rumahnya tanpa perlu trimming.
Track
Track akan lebih mudah dipasang sebelum side skirt. Jujur
saja perakitan track adalah bagian yang paling mengintimidasi dari seluruh proses
pembuatan kit ini. Setiap mata rantai terdiri dari 5 komponen: sebuah track
pad, sepasang track link, sebuah guide tooth, dan sebuah rubber pad. Rubber pad
sifatnya opsional. Dalam kit ini rubber pad tidak dipasang untuk menunjukkan
sangarnya T-90A di medan
offroad.
Track |
Track kemudian dilabur NATO Black sebagai primer. Lalu
diberi overall metallic grey. Terakhir ditutup dengan beberapa gradasi warna
coklat dan hull red untuk mensimulasikan lumpur dan karat.
Track on sprocket |
Turret and Side Skirt detail |
Bagian lain yang juga cukup menantang adalah sepasang SHTORA
dazzler di depan turret. Beberapa video T-90 menunjukkan lensa dazzler ini
menyala merah terang saat sedang aktif, menambah kesan sangar tank ini. Lensa
SHTORA dazzler diberi beberapa lapisan tipis clear red sampai warnanya cukup
tebal. Part plastik dibelakang lensa dicat dengan chrome silver untuk lebih
menonjolkan warna merah lensa. Tekstur permukaan kotak dazzler dicetak dengan
akurat. Tantangannya adalah memasang kotak tersebut dengan mounting yang sangat
kompleks. Pasang secara hati-hati dan bertahap agar mendapatkan sudut lensa
yang pas untuk kedua sisi dazzler.
To Prime or Not To
Prime
Warna part plastik sudah sangat dekat dengan warna akhir
RLM80. Pengecatan langsung RLM80 pada sprocket juga menghasilkan warna yang
bagus, sehingga kami sedikit tergoda untuk melabur RLM80 langsung tanpa surface
primer.
Akan tetapi kit ini tidak homogen. Selain plastik, kit ini
juga terdiri dari PE dan vinyl untuk pangkal laras. Detail kit ini juga
tersusun dari banyak part terpisah yang perlu diuji kualitas sambungannya.
Warna hijau tua plastik mempersulit inspeksi sambungan. Oleh karena itu satu
lapis tipis surface primer diaplikasikan. Tentu saja setelah track dan lensa dilindungi
dengan masking. Lensa periskop dan track yang berbentuk kotak bisa diproteksi
dengan masking tape. Lensa SHTORA dazzler yang berbentuk lingkaran perlu
sentuhan tersendiri. Lensa melingkar ini lebih mudah diproteksi dengan bola blu
tack.
Surface primer diaplikasikan tipis saja untuk menjaga detail
halus tetap terlihat di finishing akhir. Cacat permukaan yang terlihat kemudian
di koreksi dengan amplas halus.
Primer and preshading |
Color Painting
Olive green paint |
Decal and semi gloss clear
coat
Paint scheme yang dipilih di kit ini hanya butuh sepasang
decal yang dipasang di sisi kanan kiri turret. Kualitas decal Meng sangat
bagus, hanya butuh sedikit bantuan future untuk blending dengan cat dibawahnya.
Hull semi gloss coat |
Weathering
Pada model ini kami berniat untuk membuat tampilan T-90 pada
kondisi operasional di lapangan. Kami ingin detil bawaan Meng menjadi fokus
perhatian, weathering hanya diaplikasikan secara moderat. Sedikit debu di sisi
bawah, side skirt, dan sisi depan hull. Jelaga knalpot T-90 juga akan dibuat.
Tidak lupa panel line dan lekukan dipertegas dengan washing.
Reeves Soft Pastel |
Batangan pastel diserut menjadi serbuk dengan sisi belakang
hobby knife. Beberapa warna bisa dicampur untuk menghasilkan efek yang
diinginkan. Serbuk tadi kemudian dilarutkan dengan air. Kekentalan larutan
menentukan efek akhir yang diinginkan. Jika sangat kental bisa digunakan untuk
mensimulasikan lumpur. Encerkan sedikit maka bisa mensimulasikan debu. Jika
diencerkan lebih jauh lagi dan dicampur sedikit sabun bisa digunakan sebagai
washing.
Larutan soft pastel bisa diaplikasikan dengan kuas lama yang
sudah kaku. Larutan pastel coklat kental diaplikasikan ke road wheel, track,
sisi bawah hull, dan bagian bawah side skirt untuk mensimulasikan lumpur. Di
sisi atas hull dan side skirt diberi larutan pastel coklat yang lebih encer
untuk mensimulasikan debu. Larutan pastel hitam yang kental diapliaksikan ke
sekitar kanlpot untuk mensimulasikan jelaga. Larutan hitam ini kemudiana
diencerkan lagi untuk diaplikasikan sebagai washing di sela-sela blok ERA dan
daerah lipatan lainnya.
Sisi bawah tank di blending sedikit dengan semprotan tipis
cat acrylic warna coklat muda. Sementara sisi atasnya mendapat semprotan tipis
Olive Green.
Pemasangan senapan mesin dilakukan terakhir. Hal ini
dilakukan untuk mencegah kerusakan pada senapan mesin yang menonjol keluar dan
tipis. Selain itu warna gunmetal senapan mesin berbeda dengan kamuflase tank,
pengecatan akan bisa lebih mudah jika dipasang terakhir.
machine gun on turret |
Mounting senapan mesin T-90 cukup rumit. Harus mempelajari
instruction sheet dengan seksama agar bisa mendapatkan cara pemasangan yang
tepat. Walaupun sulit, setelah semua terpasang, mounting ini ternyata cukup
kokoh.
Terakhir satu lapisan tipis Tamiya rattle can semi gloss
clear dilabur ke seluruh model. Selain untuk mem-blending warna, lapisan semi
gloss coat ini juga berfungsi menyegel weathering.
Conclusion
Meng 1/35 T-90A adalah mokit paling rumit yang pernah kami
buat. Walaupun rumit, modeler pemula juga bisa mendapatkan kasil yang bagus
dari kit ini karena fittingnya benar-benar luar biasa. Hanya perlu sedikit
sekali penggunaan dempul dan hampir tidak ada modifikasi yang perlu dilakukan.
Satu satunya modifikasi adalah penipisan engine bay door.
Modal utama untuk membuat kit ini adalah kesabaran dan
ketelitian. Harus sabar untuk melepas part dari sprue dengan rapi. Meng
mengandalkan plastik untuk detail halus, sehingga beberapa part sangat tipis,
perlu tang potong/gunting/hobby knife yang tajam dan kesabaran ekstra. Selain
itu detail kit ini memang kompleks, Instruction sheer perlu dipelajari dengan
teliti.
Perakitan track memang terlihat menantang. Nikmati saja
prosesnya dan kerjakan pelan-pelan, tidak sesulit perkiraan awal, hasilnya kuat
dan detail.
Kit yang sangat bagus. Memang tidak murah, tapi detil dan fiiting
sesuai dengan harganya.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar