Review : Tamiya 1/72 Su34 Strike Flanker

Tamiya 1/72 Su34 Strike Flanker

Su34 Strike Flanker

Amerika telah sukses mengkonversi pesawat air superioritynya (F14 Tomcat & F15 Eagle) menjadi pesawat penyerang darat/interdiction strike (F14D Bombcat & F15E Strike Eagle). Russia pun melakukan hal yang serupa. Mereka mengambil dasar dari pesawat air superiority terhebat mereka, Su27 untuk membuat Su34. Pilihan ini masuk akal, karena seperti F14 dan F15, Su27 memiliki jangkauan jauh dan mampu membawa persenjataan berat. Kedua karakteristik ini diperlukan untuk misi interdiction strike.


Tidak hanya memodifikasi avionic untuk misi serang darat, Russia melakukan modifikasi besar pada airframe Su27. Modifikasi yang paling prominent adalah mengubah layout cockpit menjadi side by side. Layout ini sudah dipakai di pesawat interdiction strike hebat seperti A6 Intruder, F111 Aardvark dan Su24 Fencer.  Layout ini mampu mengurangi kelelahan kru untuk misi interdiksi yang panjang. Layout ini juga mempermudah kerjasama kru untuk proses penyerangan yang menuntut presisi tinggi. Hasil dari modifikasi ini adalah bentuk hidung Su34 yang ellips seperti platypus.

Bagian ekor pun terkena modifikasi. Tail stinger bentuknya jadi lebih sederhana, tapi jauh lebih gendut dan panjang.

Semua modifikasi ini meningkatkan bobot Su32. Hal ini dikompensasi dengan perkuatan landing gear. Main landing gear dimodifikasi menjadi two wheel bogey.

Overall bentuk Su32/34 ini cukup unik. Hidung platypus, canard, ekor raksasa,  segudang rudal & bom dan landing gear kokoh. Ditambah lagi dengan kamuflase hijau-biru muda-biru tua yang unik akan memberikan variasi yang bagus dari mokit pesawat lain yang berwarna abu abu.

Tamiya Su34

Tamiya adalah salah produsen mokit favorit saya. Harganya memang relative mahal, tapi soal kualitas, detail, dan paling penting part precision Tamiya juaranya. Untuk mokit pesawat 1/72, Tamiya hanya mengeluarkan sedikit mokit produksi sendiri. Tamiya banyak melakukan re-box mokit Italeri untuk genre ini. Tentu saja mokit Italeri yang di re-box sudah memenuhi standar kualitas Tamiya. Salah satu mokit Italeri yang di re-box Tamiya adalah mokit ini, 1/72 Su34. Saya pernah membuat mokit ini yang keluaran Italeri, bisa diihat disini. Overall proses pembuatannya menyenangkan dan hasilnya oke.

Italeri 1/72 Su32 Strike Flanker

Soal parts plastik memang sama persis, tapi rebox bukan berarti Tamiya mengambil apa adanya milik Italeri. Sentuhan Tamiya bisa dilihat mulai dari kotaknya. Italeri menggunakan box art berbentuk lukisan, sementara Tamiya lebih percaya diri memajang foto model jadi out of the box. Di box ini Tamiya juga menyediakan informasi cat yang dibutuhkan, baik warna utama yang harus ada, ataupun warna detail yang optional. Ini adalah sentuhan bagus, cukup membantu modeler pemula yang belum punya stok cat lengkap.
Tamiya 1/72 Su34 Strike Flanker side box
  
Sentuhan lain Tamiya ada di instruction sheet. Mokit ini asliya ditujukan untuk pasar domestik Jepang. Jadi semua keterangan ada dalam bahasa Jepang. Untungnya Ilustrasi pemasangan parts di instruction sheet ini sangat jelas.

Decal di versi Tamiya ini sama dengan yang versi Italeri. Karena mokit yang di contoh ini lebih baru, maka kondisi decal lebih baik dari versi Italeri yang pernah saya buat.

First look, mokit ini sangat memuaskan. Cacat pada cetakan seperti flash bisa dibilang tidak ada. Panel line sudah beraliran recessed. Part count di mokit ini juga cukup banyak untuk  membuat model yang detail.

Tamiya 1/72 Su34 Strike Flanker parts

Tamiya 1/72 Su34 Strike Flanker parts 2
Selain outline body yang baik, ada tiga area yang menjadi pusat perhatian di model pesawat, yaitu : kokpit, landing gear, dan exhaust. Untungnya Tamiya/Italeri cukup sukses di ketiga area ini.

Kokpit memang tidak benar benar akurat. Su34 asli punya detail di panel atap kokpit, di mokit ini tidak ada. Tapi detail raised relief di instrument panel dan cockpit tub sudah cukup memuaskan, terutama kalau dilihat dari luar canopy. Bentuk dasar ejection seat di mokit ini juga cukup baik.

Tamiya 1/72 Su34 Strike Flanker canopy

Tamiya 1/72 Su34 Strike Flanker instrument panel
Exhaust nozzle di mokit ini juga tidak bisa disebut perfect. Tapi ketipisannya sudah cukup oke. Ditambah lagi dengan tekstur permukaan yang terlihat realistic setelah di cat. Satu hal yang perlu diperhatikan adalah jangan buru buru memasang exhaust ini. Sambungan paling bermasalah di mokit ini adalah tail stinger. Pastikan tail stinger terpasang dengan baik dulu sebelum memasang exhaust.

Tamiya 1/72 Su34 Strike Flanker nozzle
Bagian detail yang paling saya sukai dari mokit ini adalah landing gear. Bobot ekstra Su34 menuntut landing gear ekstra kuat. Main landing gear berkonfigurasi twin bogey. Konfigurasi ini cukup rumit, tapi Italeri/Tamiya sukses membuatnya cukup lengkap. Nose gear juga dipenuhi dengan detail yang cukup memuaskan. Sayangnya detail di landing gear ini tidak diimbangi oleh detail di landing gear bay. Area ini terlihat cukup sepi. Mungkin karena foto referensi untuk bagian ini cukup sulit didapat, atau karena disainer mokit ini merasa bahwa mereka sudah memberi detail cukup ekstensif di area lain. Kekurangan detail di landing gear bay ini tidak terlalu masalah karena ditutupi oleh landing gear door yang memuaskan. Tidak hanya tipis, landing gear door di mokit ini juga dilengkapi dengan hinge point yang bagus.

Tamiya 1/72 Su34 Strike Flanker landing gear
 Pesawat interdiction strike, selain dituntut mempunyai jangkauan jauh, juga dituntut punya daya hantam mumpuni. Su34 memenuhi tuntutan ini dengan ke 13 pylon yang bertebaran ditubuhnya. Untuk mokit ini tersedia senjata untuk melengkapi 11 pylon. 1 di center line, dua di bawah intake, 6 di bawah sayap, dan 2 di wingtip.

Fungsi utama Su34 adalah menghantam sasaran di darat. Tidak sembarang sasaran, tapi sasran yang jauh dibelakang garis lawan. Oleh karena itu persenjatannya harus akurat dan berdaya ledak besar. Rudal dan LGB seperti  Kh29/AS-14 Kedge, Kh31/AS-17 Krypton, dan KAB-500L cocok untuk misi ini. Untungnya Italeri/Tamiya tidak pelit, mereka menyediakan semuanya di mokit ini. Tersedia tiga buah LGB KAB-500L, satu untuk di center line dan sepasang di bawah sayap. Lalu ada sepasang Kh29/AS-14 Kedge dibawah sayap. Last but not least, ada sepasang Kh31/AS-17 Krypton untuk dipasang dibawah air intake. Bagi saya, tentengan Su34 yang paling menarik adalah Kh31/AS-17 Krypton. Bentuknya besar dan unik. Modeler yang sudah berpengalaman mungkin bisa menambah detail di rudal ini, seperti marking dan stencil nya.

Tamiya 1/72 Su34 Strike Flanker AGM
Sama seperti F14 bombcat dan F15 Strike Eagle, Su34 juga tidak melupakan fungsi aslinya sebagai fighter. Pesawat ini juga dilengkapi dengan air to air missile yang oke. Italeri/Tamiya menyediakan sepasang R73/AA11 Archer dan R77/AA12 Adder. Bentuk dasar rudal ini sudah oke, fin saya yang perlu sedikit ditipiskan. Yang jadi dilemma adalah R77/AA12 Adder. Karena tambahan bobotnya, Su34 tidak selincah Flanker standar. Jadi rudal jarak medium seperti R77/AA12 Adder adalah alat bela diri yang efektif bagi pesawat ini. Dengan rudal ini Su34 tidak perlu bermanuver terlalu berat, cukup deteksi lawan dari jauh lalu ambil posisi dan kecepatan yang tepat, sisanya akan di tangani oleh rudal canggih ini. Oleh karena itu R77/AA12 Adder akan sangat cocok dipasang di mokit ini. Masalahnya ada di disain bidang kontrol rudal ini. Rudal konvensional mengandalkan fin sebagai bidang kontrol. Disainer Russia menemukan metode yang lebih bagus, yaitu menggunakan 4 buah grid di ekor. Grid ini berbentuk seperti saringan atau cetakan kue waffle. Di rudal aslinya sistem kontrol ini cantik, masalahnya sistem ini terlalu tipis untuk bisa dimodelkan di 1/72 dengan benar menggunakan injection molded styrene. Italeri/Tamiya sudah menyediakan yang terbaik yang bisa mereka berikan disini. Tapi kalau mau lebih realistis, bisa menggunakan aftermarket PE parts.

Tamiya 1/72 Su34 Strike Flanker AAM
Overall bagi saya, kelemahan terbesar mokit ini adalah ukurannya, besaaarrr untuk 1/72. Tapi ukuran yang besar ini tidak sia-sia, karena bentuknya unik dan dijejali detail yang terlihat jelas. Selain itu mokit ini juga bisa anda cat dengan paint scheme yang unik. Bagus untuk memberi variasi warna di koleksi mokit anda.


Jika anda tertarik membuat model pesawat ini, silahkan kunjungi toko kami di www.rumahmokit.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar