Construction tips : Masking

Saya mendapat inspirasi untuk artikel ini saat membuat Dragon 1/700 HMS Liverpool. Paint scheme kapal sebenarnya cukup sederhana, light gray di permukaan vertical dan dark gray di permukaan horizontal. Masalahnya adalah detail yang ada di mokit kapal cukup banyak. Sehingga area yang perlu di masking cukup banyak dan berukuran kecil.

Dragon 1/700 HMS Liverpool



Dulu saya memakai cara barbar, masking tape dipotong secukupnya lalu ditempel di model. kelebihan masking kemudian di trim dengan guntung/hobby knife di permukaan model. Lama-lama saya menyadari kalau metode ini cukup boros masking tape. Selain itu masking menjadi proses yang lama, sulit, dan menyebalkan. Hasilnya pun tidak akurat. Lebih parah lagi, terkadang proses trimming dengan hobby knife merusak permukaan mokit. Menambah perkerjaan baru yang seharusnya tidak perlu. Saya harus melakukan perubahan terhadap proses masking saya ini. Hobby ini seharusnya menantang, rumit, tapi tetap menyenangkan dan menghasilkan sesuatu yang bagus.  

Sedikit OOT, saya juga punya hobby lain, mengolah kayu jadi furniture sederhana. Agar sambungan kayu bisa kuat, perlu ada potongan presisi di titik sambungan. Untuk mencapai hal ini saya menggunakan sigmat. Alat ini juga terbukti ampuh dalam mengubah metode masking saya. Artikel tentang penggunaan sigmat bisa dibaca disini.

Sigmat
Kelebihan sigmat yang cukup bermanfaat dalam proses masking adalah fleksiblitas pengukurannya. Sigmat dapat mengukur diameter dalam, luar, dan kedalaman dengan cukup mudah. Fleksibilitas sigmat ini memungkinkan saya untuk mengukur dimensi area yang akan di masking dengan akurat, biarpun area tersebut ada di tempat yang sulit dijangkau.

Selanjutnya tinggal potong masking tape sesuai dimensi yang sudah diukur. Tempel selembar masking tape di cutting mat. Gambar pola masking dengan pensil dan penggaris. Lalu dipotong dengan hobby knife. Lagi lagi, saya termasuk modeler bermodal dengkul hehehe. Saya tidak punya cutting mat yang benar. Sebagai gantinya, saya menggunakan selembar acrylic 4mm sebagai cutting mat dengan hasil yang cukup memuaskan.

Masking cut
Masking tinggal dipasang ke tempat yang diinginkan menggunakan pinset. Lakukan sedikit trimming jika diperlukan. Lalu burnishing dengan tusuk gigi. Saya memilih tusuk gigi karena material ini cukup lentur, sehingga masking tape bisa ditekan rapat tanpa takut merobek tape. 

Dragon 1/700 HMS Liverpool superstructutre masking
Saya mengkombinasikan dua masking tape, Tamiya dan yang biasa. Masking tape Tamiya berwarna kuning, teksturnya halus. Masking tape ini bisa dengan mudah dipotong presisi dan punya daya rekat baik pada permukaan kecil dan tidak rata. Kelemahan masking tape Tamiya ini adalah harganya yang cukup mahal.

Untuk menutupi area yang luas dan rata, saya menggunakan masking tape biasa yang lebih murah. Masking tape ini berwarna putih dan teksturnya seperti kertas. Bisa dibeli di toko cat mobil. Beberapa toko cat menyebut masking tape ini dengan nama kertas lem.  

Untuk mokit HMS Liverpool ini saya menggunakan masking tape Tamiya untuk area kecil yang kaya detail di superstructure. Sedangkan masking tape biasa digunakan di sisi hull yang luas dan rata. Dengan kombinasi ini saya bisa membuat masking yang efektif dengan biaya yang cukup murah.

Dragon 1/700 HMS Liverpool combo masking
Jika kurang yakin dengan kerapatan masking, satu lapisan warna dasar bisa disemprot sebelum menyemprot warna baru. Di contoh ini warna dasar yang dipakai adalah light grey di sisi vertical kapal. Sisi vertical ini akan diproteksi dengan masking agar sisi horizontal kapal bisa disemprot warna hitam. Satu lapisan light grey bisa disemprot diatas masking sebelum warna hitam. Lapisan light grey ini akan membantu menyegel masking. Jadi kalaupun ada area yang kurang rapat, yang akan merembes dibawah masking hanya light grey, warna yang memang diinginkan di area tersebut. Cara ini bisa mengurangi kemungkinan rembesan cat dibawah masking.

Hasilnya adalah demarkasi warna yang cukup tajam dan rapi.
Dragon 1/700 HMS Liverpool masking result

Jika anda tertarik dengan hobby ini, silahkan kunjungi toko kami di www.rumahmokit.com , terimakasih :)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar