Review Aoshima 1/700 JMSDF Murasame

Aoshima 1/700 JMSDF Murasame

JMSDF Murasame adalah destroyer anti kapal permukaan dan selam. Lambung dan superstructure dipasang pada sudut miring untuk mereduksi RCS.  Murasame tidak dilengkapi radar P/AESA besar yang menempel di superstructure seperti Kongo class. Tapi kapal ini dilengkapi satu radar AESA di main mast. 


Murasame dibekali sistem VLS Mk41 untuk anti kapal selam (ASROC) dan pertahanan udara (ESSM). Secara teori Mk41 sebenarnya bisa membawa Tomahawk dan Standard, tapi mungkin kemampuan Tomahawk tidak sesuai dengan postur bertahan JMSDF dan Murasame belum mempunyai radar mumpuni untuk mendukung jangkauan jauh Standard. Murasame dibekali rudal anti kapal buatan dalam negri, SSM-1B, yang secara bertahap menggantikan peranan Harpoon di JMSDF. Murasame juga dilengkapi tabung peluncur torpedo, meriam 76mm, dan Phalanx CIWS. Di belakang kapal tersedia landasan Heli beserta hangar untuk mengoperasikan satu heli sekelas Seahawk/Blackhawk dengan efektif.

Aoshima 1/700 JMSDF Murasame
Aoshima 1/700 JMSDF Murasame helo
 Murasame 1/700 ini termasuk kategori waterline. Artinya hanya tersedia parts untuk membuat kapal dari permukaan laut keatas. Dasar hull dicetak rata dan diber pemberat, optimal untuk membuat diorama laut.
 
Aoshima 1/700 JMSDF Murasame hull
Kit ini terdiri dari 100% styrene tanpa PE. Detail yang bisa dicetak di styrene memang tidak akan setajam PE, tapi Aoshima sudah cukup berhasil mencetak main mast kompleks Murasame. Struktur rangka main mast dicetak cukup tipis dan tajam. Kelebihan lainnya adalah plastik styrene lebih mudah dirakit dari PE. Pada superstructure kapal modern seperti Murasame terdapat banyak grill, dan Aoshima cukup berhasil mencetak detail grill yang tajam langsung di bulkhead. Jadi walau detailnya tidak setajam PE, hasilnya sudah cukup bagus dengan proses perakitan yang jauh lebih mudah. 
 
Aoshima 1/700 JMSDF Murasame mast
Persenjataan seperti VLS, kanon, torpedo launcher, smoke/decoy launcher sudah dicetak cukup bagus. Detil pada tabung SSM-1B sayangnya sedikit kurang, tambahan aftermarket PE disini akan sangat bagus. Selain itu modeler juga perlu memanfaatkan aftermarket PE railing.
 
Aoshima 1/700 JMSDF Murasame parts

Overall Murasame ini memang butuh tambahan PE untuk membuat model super detail. Tapi bisa dibuat menjadi model yang memuaskan dengan relatif mudah out of the box karena kualitas cetakan styrene yang tajam dan bersih.

Silahkan kunjungi toko kami www.rumahmokit.com untuk memiliki kit ini dengan mudah, terimakasih.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar