Bosan nonton film pesawat tempur isinya cuma CG??? Cobalah
film Perancis : Chevalier du Ciel. Tapi jangan salahkan kami kalau setelah itu
Anda tidak tahan ingin segera merakit model Mirage 2000.
Poin paling menarik dari film ini adalah minimnya pemakaian
CG. Sebagian besar adegan diperankan oleh Mirage 2000 asli. Efek dramatis
didapat dari pengambilan gambar jarak dekat oleh fighter yang bisa mengikuti
manuver ekstrim Mirage 2000, yaitu Mirage 2000 juga. Anda akan sangat terhibur
oleh manuver ketat Mirage 2000 di ketinggian rendah.
Pertanyaannya : kok bisa delta fighter melakukan manuver
setajam itu? Sayap delta memang cocok diajak ngebut, namun normalnya kurang pas
untuk manuver. Tapi Mirage 2000 bukan delta biasa. Resepnya ada pada posisi
center of lift yang berada di depan center of gravity, kebalikan dari pesawat
konvensional. Konfigurasi ini membuat fighter jadi liar, hanya perlu sedikit
defleksi bidang kontrol untuk melakukan manuver tajam. Sistem fly-by-wire
diimplentasikan untuk menjinakkan keliaran tadi. Menghasilkan fighter yang
terkontrol sekaligus lincah.
Manuver tajam berarti membebani airframe dengan G besar. Hal
ini tidak menjadi masalah bagi Mirage 2000 karena struktur sayap delta secara
inheren kuat. Airframe Mirage 2000 masih tahan digenjot sampai 12G. Sebagai
safety measure, sistem FBW membatasi manuver sampai 9G dalam kondisi normal. Tapi
dalam kondisi dalam kondisi darurat, limitasi ini bisa di override sampai 11G.
Manuver tajam juga berarti pergerakan throttle yang dinamis
dan udara turbulen masuk ke mesin. Dassault memilih mesin single spool SNECMA
M53 sebagai solusi kedua masalah diatas. Sistem single spool lebih sederhana
daripada twin/multi spool yang digunakan oleh fighter lain dikelasnya. Throttle
M53 bisa diperlakukan nyaris seenaknya oleh pilot dan tahan terhadap udara
turbulen. Kekurangannya adalah compression ratio yang lebih rendah dari
twin/multi spool. Hasilnya daya dorong M53 relatif kecil dan tidak se-efisien
mesin twin/multi spool.
Tamiya 1/72 Mirage 2000C
Tamiya terkenal suka me-rebox mokit fighter 1/72 Italeri,
ini adalah salah satunya. Part plastik dan decal kit ini sama dengan versi
Italeri, perbedaan ada pada kotak dan instruction sheet. Tamiya menggunakan
kotak bukaan atas yang lebih modeler friendly. Sub assembly bisa disimpan
kembali ke kotak dengan jauh lebih mudah daripada sistem bukaan samping. Selain
itu Tamiya juga menyediakan daftar cat yang diperlukan, baik yang harus ataupun
opsional. Hal ini cukup membantu modeler pemula yang belum punya cat lengkap.
Mokit ini tergolong sederhana, hanya ada 2 sprue styrene standar
dan sebuah sprue clear. Namun dibalik kesederhanaannya, semua part dicetak
dengan rapi dan punya surface detail oke. Panel line sudah beraliran recessed.
Tamiya/Italeri menyediakan detail yang memuaskan di area
kokpit, intake, exhaust, dan landing gear. Ejection seat tersusun dari 3 part
untuk detail lumayan lengkap. Instrument panel direpresentasikan dengan raised
relief, akan terlihat bagus saat di cat dengan benar. Intake dibuat cukup
dalam, terlihat realistis di 1/72. Exhaust petal dicetak dengan detail,
didalamnya terdapat turbine face dengan relief tajam. Sistem suspensi pada
landing gear juga dicetak dengan lengkap dan jelas.
Overall mokit ini memang sederhana, tapi bisa menjadi dasar
yang sangat bagus untuk detailing. Recommended untuk modeler pemula ataupun
yang sudah berpengalaman.
Silahkan kunjugi toko kami www.rumahmokit.com untuk memiliki mokit ini dengan mudah, terimakasih :)
Silahkan kunjugi toko kami www.rumahmokit.com untuk memiliki mokit ini dengan mudah, terimakasih :)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar