Review : Liliput Air Force 1/144 ACES II for F-16

Liliput Air Force 1/144 ACES II for F-16

Smart Ejection Seat

ACES II adalah kursi lontar pintar andalan berbagai pesawat kombatan USAF. Komputer pintar ACES II membuat proses eject terlihat sederhana. Tinggal tarik handle, kursi terlontar keluar, lalu pilot turun dengan selamat menggunakan parasut. Faktanya dalam sekali eject terdapat serangkaian proses yang harus di orkestrasi dengan presisi sesuai dengan kondisi saat eject.


Salah satu contohnya eject di ketinggian normal berbeda dengan ketinggian tinggi. Di ketinggian normal, pilot segera dilepaskan dari ejection seat sembari mengembangkan parasut. Di ketinggian tinggi oksigen terlalu tipis, perlu metode yang berbeda. Disini parasut utama tetap tersimpan dan pilot tetap terikat dengan ejection seat sampai turun ke ketinggian aman, mendapat suplai oksigen dari botol di seat. Setelah jatuh bebas ke ketinggian yang cukup oksigen, pilot akan terpisah dari seat dan parasut ter-deploy.

Eject adalah sebuah proses yang brutal, melibatkan akselerasi tinggi. Hal ini memang diperlukan agar pilot dapat segera keluar dari pesawat. Masalahnya berat semua pilot tidak sama. Jika kekuatan roket pendorong tidak dikontrol maka pilot yang bertubuh berat akan dapat akselerasi terlalu kecil, bisa tidak sempat keluar dari pesawat. Sebaliknya pilot yang bertubuh mungil akan terkena akselerasi terlalu besar, meningkatkan resiko. ACES II mampu mengontrol daya dorong roket, memberikan akselerasi yang presisi berapapun berat pilotnya.

Kemampuan ACES II yang hebat membuatnya dipercaya untuk melengkapi berbagai pesawat seperti A-10, F-15, F-16, F-22, F-117, B1. dan B2. Hal ini berarti jumlah produksi ACES II sangat banyak sehingga harga bisa ditekan dan suplai logistik untuk maintenance lebih sederhana. 

Liliput Airforce 1/144 ACES II F-16

Kualitas mokit 1/144 akhir-akhir ini meningkat secara signifikan. Panel line makin tajam, bentuk makin akurat, load out makin beragam, dll. Tapi ada satu area yang belum berkembang, yaitu kokpit. Untungnya ada Liliput Air force yang memproduksi resin upgrade parts skala 1/144, termasuk ejection seat. Resin adalah pilihan yang tepat untuk memberikan detail tajam di ukuran super kecil skala 1/144.
Liliput Air Force 1/144 ACES II for F-16 4 in 1

Satu pack berisi 4 buah ejection seat yang dicetak dengan sangat detail. Detail ekstensif ini akan terlihat jelas setelah di cat. Keempat seat ini dilindungi oleh kotak resin, meminimalisasi kerusakan saat pengiriman.
 
Liliput Air Force 1/144 ACES II for F-16 detail

Pada batch produksi ini, Liliput Air Force tidak menyediakan ejection handle di tengah kursi untuk F-16. Modeler bisa membuat sendiri handle ini dengan relatif mudah menggunakan kawat halus.

Overall aftermarket parts untuk skala 1/144 termasuk langka. Walau perlu sedikit modifikasi untuk menghasilkan ACES II milik F-16 dengan akurat, produk keluaran Liliput Air Force ini sudah sangat mendekati. Detail ekstensif ejection seat ini akan memperkaya model 1/144 Anda, bahkan akan terlihat bagus dalam posisi canopy terbuka.  

Silahkan kunjungi toko kami www.rumahmokit.com untuk membeli aftermarket parts ini dengan mudah, terimakasih.

   

Tidak ada komentar:

Posting Komentar