The light weight fighter
Kinetic 1/48 F-5B Freedom Fighter |
Sayangnya berat ekstra akan mengurangi kelincahan fighter.
Apalah gunanya rudal canggih tapi tidak bisa mengikuti maneuver lawan untuk
menempatkan diri di posisi ideal untuk meluncurkan rudal. Selain itu ukuran
besar berpotensi memperbesar drag. Perlu bahan bakar lebih banyak untuk
mengatasi drag ekstra, menegasikan keuntungan membawa bahan bakar ekstra di
airframe yang lebih besar. Selain itu fighter yang lebih besar juga cenderung
lebih mahal baik biaya pembelian maupun operasional. Konsekuensinya dengan
budget tetap, jam latihan pilot bisa dipotong, berpotensi menurunkan skill
pilot.
Anehnya problem yang terlihat jelas ini hanya disadari oleh
segelintir orang. Salah satunya adalah Edgar Schmued, chief designer fighter
legendaris P-51 Mustang dan F-86 Sabre. Edgar Schmued ditugasi oleh Northrop
untuk membuat fighter yang berbeda dengan trend fighter pada waktu itu. Fighter
baru itu harus ringan, kecil, ekonomis, tapi masih bisa menembus kecepatan
suara.
Hasilnya adalah F-5 Tiger, fighter kecil dengan layout
konvensional. Sayap dan elevator dipasang lurus dibawah fuselage tanpa dihedral
atau anhedral. Single tailfin untuk kesederhanaan disain. Fuselage dirancang
menggunakan transonic area ruling untuk mereduksi drag. Sepasang air intake
dipasang di samping cockpit. Air intake tadi mensuplai udara untuk dua mesin
turbojet kecil J85. Ada
satu fakta menarik tentang J85. Thrust mesin ini memang tidak istimewa. Akan
tetapi J85 sangat kecil dan ringan sehingga thrust to weight ratio-nya sangat
baik, bahkan lebih baik dari mesin J79 milik F-4 Phantom.
Perangkat elektronika pada tahun 60an saat F-5 didisain
berukuran besar dan berat. Sehingga F-5 tidak dilengkapi radar dan weapons
aiming system terbaru. Hal ini tidak terlalu masalah mengingat peran F-5
dibatasi untuk day air superiority dimana kelincahan lebih berguna dari sensor
yang canggih tapi berat. Sepasang kanon di hidung dan beberapa AIM-9 Sidewinder
di wing pylon tersedia untuk menghajar fighter lawan di jarak dekat.
Walau tanpa weapon aiming system tebaru, F-5 tetap bisa
melaksanakan misi serangan darat dengan efektif. Pilot F-5 tetap bisa
menggunakan basic gunsight untuk mengarahkan bom atau roket yang dibawa di
kelima pylon centerline dan sayap. Konsep ini terbukti sukses di Vietnam .
Walau hanya bisa membawa sedikit bom, persentase kesuksesan serangan F-5 cukup
tinggi. Ukuran kecil dan lincah membuat F-5 sulit ditembak jatuh arhanud lawan.
Walau demikian, para petinggi USAF sudah terlanjur suka dengan konsep heavy
fighter. Light fighter seperti F-5 tidak disukai dan unitnya pun dibubarkan
setelah perang Vietnam
walaupun sebenarnya performanya memuaskan.
Prestasi F-5 justru mencapai puncaknya di pasar ekspor. F-5
bisa ditemukan mulai dari Norwegia yang beriklim arktik sampai Asia Tenggara yang beriklim tropis. Suatu bukti
tersendiri tentang performa dan kehandalan fighter rancangan Edgar Schmued ini.
F-5 banyak diminati oleh sekutu AS karena harganya yang murah, biaya
operasional ekonomis, bisa beroperasi dari landasan pendek, dan performa bagus.
Proses penjualan F-5 juga tidak terlalu dibatasi oleh pemerintah AS karena
tidak mengandung teknologi terbaru.
F-5B adalah versi kursi ganda dari F-5A. Performa F-5B
sangat mirip dengan F-5A, meningkatkan efektifitas training. F-5B memang tidak
dibekali canon, tapi semua pylon tetap bisa membawa persenjataan seperti F-5A.
Kinetic 1/48 F-5B
Kinetic 1/48 F-5B PE fret |
F-5B adalah
fighter yang kecil dan sederhana. Pertanyaannya adalah mengapa model fighter
mungil ini di packing dalam kotak besar dan terdiri dari 6 sprue styrene,
sebuah sprue clear parts, dan satu PE fret? Part sebanyak ini diberikan oleh
Kinetic untuk mereplikasi tidak hanya tampilan luar, tapi juga detil internal
seperti cockpit, intake, exhaust, dan landing gear. Panel line kit ini tentu saja
berbentuk recessed yang tipis, tajam, dan konsisten. Trailing edge dan fin
rudal pun dicetak dengan tipis agar realistis.
Kinetic 1/48 F-5B cockpit tub |
Kinetic 1/48 F-5B instrument panel |
Detil kokpit kit ini
sangat layak untuk skala 1/48. Ejection seat terdiri dari beberapa part untuk
detail maksimum. Cockpit tub terdiri dari satu part dengan detil raised relief
pada side console. Instrument panel analog F-5B direpresentasikan dengan raised
relief yang lengkap dan tajam. Dengan pengecatan yang tepat kokpit model ini
akan terlihat sangat realistis.
Kinetic 1/48 F-5B canopy |
Semua perkerjaan
detail pada kokpit tidak akan sia-sia karena Kinetic menyediakan canopy yang
tipis dan jernih. Canopy ini bisa dipasang dalam pose terbuka atau tertutup.
Canopy actuation mechanism milik F-5 cukup kompleks, Kinetic menyediakan
mekanisme ini dengan cukup akurat. Boarding ladder juga disediakan untuk
memperkaya detil saat Anda memutuskan membuka canopy.
Kinetic 1/48 F-5B wheel |
Detil yang disediakan di area landing gear sangat baik.
Kinetic menyediakan roda pendarat dalam bentuk ban terpisah dari velg. Metode
ini membuat pengecatan rapi mudah dilakukan.
Walau intake F-5B
berukuran relatif mungil, Kinetic menyediakan intake trunking yang bagus.
Intake trunking tersedia cukup dalam dan di ujungnya ada compressor face dengan
detail yang tajam.
Semua bidang
kontrol pada sayap model ini bisa di set ter-deploy. Leading edge flaps,
inboard flaps, dan aileron bisa dipasang dalam posisi turun atau naik. Detil ini
diperkaya lagi dengan airbake yang bisa dipasang dalam posisi terbuka, tentu
saja lengkap dengan hydraulic actuator dan relief detil internalnya.
Kinetic 1/48 F-5B sidewinder |
Walau mungil, F-5
bisa dijejali berbagai muatan eksternal. Tersedia drop tank berbentuk unik khas
F-5 di wingtip. Selain itu Kinetic melengkapi model ini dengan sepasang pylon
dibawah setiap sayap. Ke-empat pylon ini bisa dicanteli drop tank, rocket pod,
bom Mk82, dan dua varian Sidewinder yaitu AIM-9B dan AIM-9J,
Kinetic 1/48 F-5B decal |
Keunggulan kit
ini tidak hanya di part plastiknya saja, tapi juga di decalnya. Anda bisa
membuat salah satu dari 19 skema marking yang disediakan oleh Kinetic disini.
Tersedia 4 pilihan marking USAF training squadron, satu pilihan USAF Tactical
fighter squadron di perang Vietnam, 3 pilihan Agressor Canada, satu pilihan
squadron operasional Canada, 3 pilihan Belanda, 3 pilihan Norwegia, 3 Pilihan
Yunani, dan satu milik Vietnam Selatan. Beragam camo scheme mulai dari SEA
camo, air superiority blue, Alumunium lacquer, dll bisa diaplikasikan di model
ini, sangat memperkaya koleksi kit Anda.
Overall packing
mokit ini memang dibawah standar kit modern. Akan tetapi detil, konsistensi,
dan ketajaman parts mokit ini sangat memuaskan. Belum lagi ditambah 19 pilihan
marking yang disediakan di kotak kit ini. Memang perlu kesabaran dan ketelitian
untuk membuat model yang mereplikasikan F-5B luar-dalam ini, tapi hasilnya akan
bisa dibanggakan.
Silahkan kunjungi toko kami www.rumahmokit.com untuk memiliki kit ini dengan mudah, Terimakasih
Tidak ada komentar:
Posting Komentar