Tidak perlu jauh-jauh mencari informasi tentang Suzuki
Karimun, kami memakai mobil ini, lebih tepatnya Karimun Estilo. Akselerasi, top
speed, dan agility mobil ini tidak istimewa. Suzuki memang mendisain Karimun sebagai
city car untuk beroperasi dengan optimum di lingkungan urban.
Lingkungan urban identik dengan macet dan parkiran sempit. Ukuran
Karimun yang kecil sangat menguntungkan disini. Parkir parallel pun bisa
dilakukan dengan mudah.
Ukuran kecil bukan berarti interior sumpek. Sebagai gambaran
bobot saya 115 Kg tinggi 180 cm bisa menyetir Karimun dengan nyaman sambil
membawa 3-4 penumpang. Karimun juga pernah kami gunakan untuk mengangkut semua
koleksi RumahMokit saat mengikuti pameran Battle
of the Toys 2015 tanpa masalah berarti.
Ukuran kecil berarti volume ruang mesin terbatas. Tidak ada
tempat untuk menyimpan mesin V10, twin turbo, dll. Tapi ada tempat untuk
menyimpan mesin inline 3-4 silinder dengan kapasitas sekitar 1000cc. Daya
keluaran mesin seukuran ini memang tidak istimewa, tapi jangan lupa bahwa
Karimun adalah mobil yang kecil dan ringan. Hasilnya adalah city car yang
lincah dan bisa melalui tanjakan yang umum ada di daerah urban dengan mudah. Kelebihan
lainnya adalah mesin ini sangat irit bahan bakar.
Satu poin positif lagi dari mobil ini adalah kemudahan
perawatannya. Harga spare part Karimun cukup ekonomis untuk ukuran mobil.
Fujimi 1/24 Suzuki Wagon R/Karimun Kotak.
Sedikit klarifikasi, label mokit ini adalah Suzuki Wagon R.
Tapi ini adalah model Karimun kotak generasi pertama, bukan Karimun Wagon LCGC
generasi ketiga. Fujimi memasang label Wagon R di kit ini karena memang Karimun
kotak generasi pertama diberi nama Wagon R di Jepang.
Seperti mobil aslinya, mokit ini termasuk sederhana. Cukup
butuh 11 langkah perakitan yang ditunjukkan dengan jelas di instruction sheet.
Perakitan dimulai dari bawah. Detail mesin, fuel tank, dan
knalpot disediakan sebagai molded on detail di sisi bawah chassis. Metode
seperti ini memang tidak setajam detail di part terpisah, tapi mempermudah
perakitan. Saat di cat dengan benar, detail tersebut akan muncul dengan baik.
Walau sederhana, Fujimi membuat kaki-kaki depan dengan cukup
baik di part terpisah. Tersedia detail suspensi, tie-rod, dan stabilizer yang cukup
akurat, membuat model ini terlihat cukup detail dari bawah. Disc brake memang
disediakan dalam bentuk sederhana, tapi ini tidak menjadi masalah karena tidak
akan terlihat dari luar, terhalang oleh velg standar. Kaki-kaki belakang juga
disediakan dalam part terpisah, tapi memang lebih sederhana seperti kaki-kaki
belakang mobil aslinya.
Kabin juga disediakan dalam bentuk sederhana. Bentuk kabin
Karimun memang membuat pedal gas/rem/kopling tdak terlihat dari luar, oleh
karena itu di kit ini juga tidak disediakan untuk mempermudah perakitan.
Sebagai gantinya Fujimi menyediakan dashboard dan center console yang cukup
detail. Ada
satu fitur menarik di area ini, sandaran jok belakang bisa ditidurkan seperti
mobil aslinya. Saya biasa menggunakan fitur ini untuk membawa barang besar
seperti sepeda atau untuk pindahan rumah. Anda bisa scratch build sendiri
barang yang diinginkan untuk dibawa dalam kabin, menjadi yang model unik.
Chassis dan kabin akan ditutup dengan single piece body. Bentuk
body kit ini sangat mirip dengan Karimun kotak aslinya. Roof rail yang detail
juga dicetak menyatu dengan body. Pintu dan panel menggunakan recessed line
dengan ketebalan dan kedalaman yang realistis. Kaca direpresentasikan dengan
one piece clear parts yang jernih, mudah dipasang dan hasilnya bagus.
Overall Fujimi 1/24 Wagon R/Karimun Kotak bukanlah model
mobil super detail. Tapi ini mungkin satu-satunya injection molded model kit
untuk Karimun yang ada di pasaran. Kit ini memang sederhana sehingga mudah dirakit
oleh pemula. Modeler yang lebih berpengalaman bisa menjadikan kit ini sebagai
kanvas kosong untuk membuat replika unik dan detail dari Suzuki Karimun,
apalagi kalau Anda memiliki mobil aslinya.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar