Review: Tamiya 1/700 Z37 Z39 destroyer

Tamiya 1/700 Z class destroyer Z37 & Z39

Not so German tech.

Secara subjektif, destroyer adalah kelas kapal kombatan favorit kami. Destroyer bertugas mengawal kapal yang lebih besar seperti cruiser, battleship, dan kapal induk dari ancaman yang menyelinap masuk seperti pesawat, kapal selam, dan torpedo boat. Beragam ancaman di matra yang berbeda perlu ditangani dengan system senjata berbeda. Pada WWII destroyer biasa dilengkapi meriam kaliber medium, meriam anti pesawat, torpedo, dan depth charges. Walau dibekali segudang senjata, ukuran dan bobot destroyer harus dikontrol agar bisa bergerak cepat dan lincah namun tetap bisa menemani kapal besar beroperasi di tengah samudera.

Z37 dan Z39 adalah dua dari destroyer terakhir Jerman pada WWII. Jerman menyadari bahwa mereka tidak bisa menandingi jumlah kapal sekutu. Jadi mereka melakukan pendekatan seperti tank Tiger. Z37 dan Z39 dilengkapi persenjataan lebih berat dari saingannya, diharapkan mampu bekerja se-efektif beberapa destroyer lawan. Di tengah kapal terdapat 2x quad torpedo launcher, dan di buritan terdapat deprh charge rail. Z37 – Z39 juga dilengkapi berbagai senapan mesin anti pesawat kaliber 20mm dan 37mm. Namun yang membuat kapal ini berbeda adalah kanon utamanya. Destroyer sekutu umumnya dilengkapi kanon 127mm, sementara Z37 & Z39 dilengkapi 150mm. Jumlah meriam yang dibawa juga termasuk banyak. 2 pucuk dalam twin mounting di halauan dan 2-3 pucuk dalam single mounting di belakang.       

Namun anehnya dengan persenjataan yang terlihat superior ini, performa Z37 dan Z39 dalam pertempuran ternyata tidak istimewa. Kanon 150mm ternyata terlalu berat untuk dibawa destroyer pada masa itu. Menyebabkan Z37 dan Z39 tergolong bongsor untuk sebuah destroyer. Hal ini mendegradasi salah satu performa kunci destroyer, yaitu kelincahan. Dan anehnya lagi, untuk sebuah teknologi Jerman, sea-worthiness dan kehandalan sistem pada destroyer ini termasuk rendah. Akhir perjalanan Z39 juga tidak istimewa. Destroyer ini selamat dalam WWII, diakuisi Inggris, diberikan ke Amerika. Lalu Amerika pun menyatakan kapal ini sudah obsolete dan kemudian dioper lagi ke Perancis untuk dipreteli parts nya bagi kapal lain.

Tamiya 1/700 Z37 – Z39 Destroyer – Barbara project
Tamiya 1/700 Z class parts 1
 
 Tamiya 1/700 Z class parts 2

Mokit Tamiya ini mungkin bukan kit terbaik untuk membuat Z37 & Z39 skala 1/700. Tapi value for money kit ini termasuk bagus. Dengan harga serendah ini tersedia cukup parts untuk membuat dua kapal (waterline) utuh. Kit ini sepenuhnya terdiri dari plastic parts, tanpa resin dan PE. Namun kualitas pencetakan Tamiya terlihat cukup bagus dan akurat. Ditambah lagi dengan satu sprue cetakan baru untuk membuat konfigurasi terakhir (Barbara project) dengan persenjataan anti pesawat yang lebih lengkap. Dengan harga ini, modeler masih punya budget untuk membeli aftermarket parts lengkap. 
Tamiya 1/700 Z class detail
Tamiya 1/700 Z class paint scheme

Silahkan kunjungi toko kami www.rumahmokit.com untuk memiliki kit ini dengan mudah, terimakasih.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar