Review: Hasegawa 1/200 C-130R Hercules JMSDF


Hasegawa 1/200 C-130R Hercules

a Rare Hercules variant

C-130 Hercules adalah pesawat yang terkenal, bisa diandalkan saat damai dan perang. Berbagai misi bisa dilaksanakan dengan sangat baik mulai dari angkut kargo, drop pasukan para, tanker, gunship, drop bom raksasa MOAB, dan berbagai tugas eksotis lainnya. Informasi tentang Hercules biasanya cukup mudah dicari. Namun kami cukup terkejut saat mencari informasi tentang C-130R, hanya sedikit sumber yang membahas varian ini.


Ternyata riwayat C-130R cukup panjang. Varian ini berawal dari C-130H milik USAF yang ditransfer ke USMC. Pemilik barunya menggunakan pesawat-pesawat tersebut sebagai tanker, sehingga designasinya berganti jadi KC-130R. Lalu USMC mempensiunkan tanker tersebut dan disimpan dengan rapi di AMARG. Kemudian Jepang tertarik membeli pesawat pensiunan tersebut. Metode penyimpanan pesawat di AMARG ternyata sangat baik sehingga Hercules tersebut masih layak pakai. Umur KC-130R tersebut terhitung tua, sehingga beberapa struktur pesawat diganti agar umurnya bisa panjang. Pesawat Jepang memakai sistem air refueling boom-receptacle, sehingga kemampan tanker probe-drogue KC-130R tidak diperlukan. Jepang juga memfokuskan Hercules tersebut untuk misi angkut, sehingga designasinya berubah lagi menjadi C-130R, K di depan yang menyatakan tanker tidak dipakai lagi.

Hasegawa 1/200 C-130R Hercules JMSDF.
Hasegawa 1/200 C-130R Hercules parts 1
Walau ukurannya kecil, Hasegawa berkomitmen menyediakan detail selengkap mungkin pada Hercules 1/200 ini. Komitmen ini terlihat dari jumlah part yang disediakan. Di dalam kotak terdapat 6 sprue reguler, 1 clear sprue, dan 1 display stand yang cukup baik. Clear sprue berisi kanopi utuh Hercules dengan framing yang cukup tegas. Memang perlu effort lumayan untuk memasang masking di bentuk kanopi kompleks ini dan memberi shading yang tepat bagi jendela kokpit. Namun jika dilakukan dengan baik, hasilnya akan memuaskan.
Hasegawa 1/200 C-130R Hercules parts 2

Di balik canopy tidak ada detail kokpit, karena memang dimensi jendela kokpit 1/200 terlalu kecil untuk menunjukkan detil di dalamnya. Hasegawa juga tidak menyediakan detil interior di kit ini. Namun ada opsi untuk memasang ramp door dan pintu samping di posisi terbuka. Modeler senior mungkin akan tertantang untuk scratch build interior Hercules di kit ini. Satu lagi kejutan di kit ini adalah detil interior main landing gear yang cukup ramai.
 
Hasegawa 1/200 C-130R Hercules open ramp door option
Detail eksterior kit mungil ini terlihat sangat baik. Panel line beraliran recessed, dicetak sangat tipis dan konsisten. Semua parts dicetak dengan rapi. Satu-satunya cacat pencetakan yang terlihat adalah flash di sayap yang bisa dengan mudah dikoreksi. Trailing edge sayap dicetak dengan tajam untuk menghasilkan profil yang realistis. Hasegawa juga memberikan antenna yang tersebar di fuselage C-130R dengan lengkap. Berbagai antenna kecil tersebut dicetak di part terpisah untuk detail maksimum. External fuel tank yang sering dibawa oleh Hercules juga tidak lupa disertakan di kit ini.
 
Hasegawa 1/200 C-130R Hercules wing panel line detail
Overall kit ini akan memberikan variasi yang bagus bagi koleksi Anda, baik dari segi skala maupun paint scheme unik JMSDF. Walau berukuran kecil, detail yang tersebar di model ini cukup impresif. Pintu samping dan ramp door terpisah membuka peluang untuk scratch build interior, membuka peluang untuk membuat mastepiece 1/200 Hercules.

Silahkan kunjungi toko kami www,rumahmokit.com untuk memiliki kit ini dengan mudah, terimakasih.

  

Tidak ada komentar:

Posting Komentar