Review : Hasegawa 1/72 SH-60B Seahawk


Hasegawa 1/72 Seahawk
The Warship force multiplier

SH-60B Seahawk adalah helikopter multifungsi yang mampu meningkatkan efektifitas kapal kombatan secara signifikan. Heli ini cukup kecil untuk dioperasikan dari cruiser, destroyer, dan bahkan frigate. Walau kecil, Seahawk ditugasi berbagai fungsi seperti ASW, ASuW, SAR, MEDEVAC, dan VERTREP.
 
Airframe SH-60B sangat mirip dengan UH-60A Blackhawk milik US ARMY. Operasi di laut mensyaratkan sistem anti korosi yang jauh lebih baik. Ruang yang tersedia di hangar kapal cukup terbatas, sehingga rotor dan ekor SH-60B bisa dilipat. Tail wheel SH-60B digeser kedepan untuk mengakomodasi pelipatan ekor.

Peran utama SH-60B adalah ASW atau Anti Submarine Warfare. Dibawah hidung terdapat radome besar berisi radar APS-124, berguna untuk mendeteksi periskop kapal selam dari jauh. Towed MAD tersedia di sisi kanan, berguna untuk membaca anomali medan magnetik yang bisa disebabkan oleh objek logam besar di bawah laut seperti kapal selam. Berbeda dengan Blackhawk, pintu kiri Seahawk dikunci mati dan ditempati peluncur sonobuoy 25 tabung. Sonobuoy bisa disebar secara presisi oleh Seahawk di lokasi strategis, memberikan peta akustik bawah laut dengan sonar pasif dan aktif. Posisi dan pergerakan kapal selam bisa dibaca dengan akurat dari informasi ini. Kapal selam musuh bisa dinetralisir dengan lightweight torpedo yang dibawa di pylon kecil disisi kabin. 

Peran kedua Seahawk adalah ASuW, Anti Surface Warfare. Radar APS-124 milik Seahawk memang tidak sekuat radar kapal. Tapi Seahawk bisa terbang tinggi, cepat, dan jauh, membuat radar coverage kapal+seahawk menjadi lebih luas dan fleksibel. Beberapa Seahawk mampu membawa rudal Penguin atau Hellfire untuk menetralisir kapal permukaan musuh.

Seahawk bisa mendeteksi dan menetralisir ancaman kapal selam atau kapal permukaan pada jarak yang relatif jauh, meminimalisasi resiko bagi kapal induknya. Kapal induk yang dimaksud disini adalah kapal pembawa Seahawk, sekelas cruiser, destroyer, atau frigate. Seahawk juga bisa berbagi informasi dengan kapal induknya secara instan dan akurat via datalink, menghasilkan sensor coverage yang luas dan akurat.

Tom Clancy dalam novel Red Storm Rising memberi contoh peranan unik heli sekelas Seahawk dalam mempertahankan kapal dari serbuan massif rudal anti kapal (ASM). ASM Soviet punya kecepatan tinggi, hulu ledak berat, dan biasanya diluncurkan dalam jumlah banyak. Rudal Standard dan CIWS milik kapal NATO didisain untuk menembak jatuh ASM, namun masih ada kemungkinan beberapa ASM masuk. Untuk mengatasi hal ini sebagian ASM perlu dipancing ke arah lain, sehingga sistem pertahanan kapal mampu mengatasi sisanya. ASM banyak mengandalkan radar untuk mendeteksi sasaran. Umpan yang memiliki RCS seperti kapal dan bisa bergerak seperti kapal punya kemungkinan untuk menipu ASM. Ukuran Seahawk memang kecil, tapi segudang sensor, persenjataan, dan rotor membuat RCS nya cukup besar. RCS ini bisa diperbesar lagi dengan bantuan ECM yang di set khusus untuk memperkuat sinyal radar yang diterima dan dengan sebaran chaff. Seahawk umpan yang diterbangkan menjauh dari kapal pada ketinggian dan kecepatan rendah akan terlihat seperti kapal oleh radar ASM, diharapkan menipu sebagian rudal. Saat ASM sudah terpancing menjauh, Seahawk bisa mematikan ECM, menghentikan penyebaran chaff, kemudian bermanuver tajam. Mudah-mudahan bisa selamat dari ASM yang didisain untuk mengincar kapal yang relatif lambat. 

Hasegawa 1/72 SH-60B Seahawk
Hasegawa 1/72 Seahawk parts
 1/72 SH-60B Seahawk ini adalah salah satu dari beberapa mokit varian Blackhawk berkualitas keluaran Hasegawa. Part plastik dicetak dengan baik, menghasilkan detail yang cukup realistis pada skala 1/72. Hasegawa menyediakan 4 sprue reguler dan 2 clear sprue untuk menangkap bentuk Seahawk seakurat mungkin. Clear parts dicetak dengan sangat tipis dan jernih.
 
Hasegawa 1/72 Seahawk clear parts
Perakitan dimulai dari main rotor. Hasegawa menyediakan rotor head yang sangat detail di kit ini. Rotor head hanya disediakan untuk pose terbuka, siap terbang. Instruction sheet menunjukkan kalau rotor tidak perlu di lem ke fuselage.
 
Hasegawa 1/72 Seahawk rotor
Hasegawa menyediakan interior yang cukup sederhana. Instrument panel dan central console diepresentasikan dengan decal. Tersedia 3 figure untuk crew lengkap Seahawk. Pintu kabin bisa dipasang dalam posisi terbuka sehingga modeler senior bisa scratch build interior yang sesuai. Bagi yang tidak mau repot, pintu juga bisa dipasang dalam posisi tertutup, menghasilkan outline mulus Seahawk.
 
Hasegawa 1/72 Seahawk detail cabin
25 tabung peluncur sonobuoy disediakan dalam bentuk relief yang cukup tajam. Radome APS-124 dicetak menyatu dengan fuselage. Tinggal merapikan seam pada centerline, aman dari sambungan radome-fuselage yang lebih kompleks. Towed MAD juga disediakan, beserta dengan petunjuk pengecatannya. Hasegawa jarang melengkapi kit nya dengan persenjataan lengkap. Untungnya kit ini dilengkapi sepasang light weight torpedo. Anda bisa membuat SH-60B dengan load out lengkap untuk berburu kapal selam.

Overall kit ini adalah pilihan yang sangat bagus untuk membuat SH-60B Seahawk skala 1/72. Modeler senior bisa scratch build interior dan menunjukkan hasilnya dengan mudah berkat pintu kabin yang bisa dibuka. Saat membuat Seahawk dengan pintu kabin tertutup pun Anda tetap bisa menikmati outline mulus Seahawk ditambah dengan detail eksternal yang lengkap. Pilihan decal high viz atau low viz juga merupakan nilai plus kit ini.

Silahkan kunjungi toko kami www.rumahmokit.com atau www.tokopedia.com/rumahmokit untuk memiliki kit ini dengan mudah, Terimakasih

  

Tidak ada komentar:

Posting Komentar