Review : Aoshima 1/24 Lamborghini Aventador 50 Anniversario

Aoshima Aventador 50 anniversario 

Aventador adalah flagship terbaru Lamborghini menggantikan Murchielago. Sebagai flagship tentunya performa Aventador tidak sembarangan, 700ps max power, 690Nm max torque, 350 Km/h top speed, dan 0-100 Km/h dalam 2.9s. Performa ini bisa diraih berkat mesin V12 6498cc yang berbobot hanya 235Kg. Daya keluaran mesin disemburkan secara cerdas ke semua roda melalui 7 speed ISR gearbox. Perpindahan gigi bisa dilakukan secara otomatis ataupun manual lewat paddle shift. Tersedia 3 setting karakter perpindahan gigi, yaitu strada, sport, dan corsa. Strada dipilih untuk jalan normal, sport untuk akselerasi lebih tinggi. Sementara pada mode Corsa perpindahan gigi hanya butuh waktu 50ms, mengeluarkan performa Aventador sesungguhnya.    


Tidak hanya cepat di lintasan lurus, Aventador juga harus memiliki performa bagus di tikungan. Rahasianya ada di suspensi dan disain aerodinamis. Aventador menggunakan pushrod suspension with double wishbone untuk handling terbaik. Auto extension rear wing dan diffuser digunakan untuk mengatur aliran udara, menghasilkan downforce yang cukup untuk cornering tajam. Tidak sekedar downforce besar, disain aerodinamis Aventador juga dioptimalkan untuk mereduksi drag dan turbulensi yang mengganggu.

Kabin Aventador terbuat dari carbon fiber monocoque untuk kekuatan aksimum pada bobot seringan mungkin. Kabin carbon fiber ini disambungkan dengan rangka alumunium di depan dan belakang untuk memasang perangkat lainnya.

Lamborghini punya beberapa trik untuk mereduksi emisi Aventador. Beberapa silinder bisa di non-aktifan saat tidak butuh daya maksimum, mereduksi emisi CO2. Aventador juga dilengkapi sistem start stop yang didukung supercapacitor. Sistem ini tidak terlalu mengganggu kenyamanan berkendara karena hanya butuh waktu 180ms untuk start.

Lamborghini juga mengeluarkan beberapa Aventador edisi khusus, salah satunya 50 anniversario. Pada versi ini mesin di tuning untuk meningkatkan daya keluaran menjadi 710 Bhp. Front intake di-redesign dan diperbesar untuk mensuplai udara lebih banyak. Disain aerodinamika juga di tuning untuk performa lebih baik.

Aoshima 1/24 Aventador 50 anniversario
Aoshima Aventador box
Tingkat detail kit ini bisa diperkirakan dari ukuran kotaknya. Panjang dan lebar kotak Aoshima 1/24 Aventador seukuran dengan kit mobil Aoshima lainnya, tapi tebalnya nyaris dua kali lipat. Kotak sebesar ini diisi penuh dengan parts, nyaris tidak menyisakan ruang kosong. Parts sebanyak ini diperlukan untuk membuat model Lamborghini Aventador super detail tidak hanya di luar, tapi juga di dalam.

Aoshima Aventador body
Aoshima mendisain kit ini agar bisa memperlihatkan detil kabin dan mesin. Pintu dan kap mesin dicetak terpisah dari body dan keduanya didisain bisa dibuka-tutup. Bentuk kap mesin Aventador sangat kompleks, direpresentasikan dengan sangat baik oleh Aoshima dengan beberapa parts plastik putih dan transparan. Aoshima dengan cerdas mereplikasi sistem engsel pintu unik Lamborghini. Memungkinkan pintu bisa dibuka-tutup keatas seperti Lamborghini aslinya.

Aoshima Aventador body kit
Aoshima Aventador parts
Plastik parts kit ini dicetak dalam beberapa warna. Area eksterior/body dibuat dengan warna putih, mempermudah aplikasi fine surface primer yang juga biasanya berwarna putih. Interior dibuat dengan warna abu-abu, membantu melihat detail permukaan saat pengecatan. Sisi bawah mobil dan kaki-kaki disediakan dalam warna hitam, membantu pengecatan warna akhir yang memang hitam dan juga mempermudah aplikasi warna metallic. Selain itu kit ini juga mengandung banyak sekali clear parts. Sangat menantang untuk dipasang, tapi memang itu yang diperlukan untuk membuat model akurat Aventador. Pre-cut paint mask disediakan untuk memproteksi clear parts saat pengecatan.

Aoshima Aventador clear parts
Satu lagi poin positif kit ini adalah sedikitnya chrome plated parts. Aoshima hanya memberikan chrome parts untuk lamp reflector dan dua parts lain saja. Mesin disediakan dalam kombinasi sprue abu-abu dan hitam. Hal ini adalah kabar baik karena warna mesin dan area sekitarnya bukan chrome, tapi gradasi beberapa warna metallic. Selain itu chrome plated parts tidak bisa di cat dan di lem, harus di stripping dulu lapisan chrome nya. Dengan tidak memberikan chrome plated parts untuk area mesin akan sangat membantu modeler. Cat metallic dengan warna yang sesuai bisa langsung diaplikasikan, tentu saja setelah surface prep dan primer.  

Aoshima Aventador PE and decal

Kejutan berikutnya yang disediakan Aoshima di kit ini adalah sebuah PE fret khusus untuk edisi 50 anniversario. PE fret ini mengandung parts untuk beberapa grill yang tajam, akurat, dan terlihat jelas dari luar setelah model jadi.

Decal sheet mokit ini berukuran jauh lebih besar dari kit mobil pada umumnya (selain mobil balap). Sebagian besar decal digunakan untuk detailing interior.  Decal untuk speedometer dipasang dibelakang clear parts, untuk menghasilkan tampilan speedometer yang lebih realistis.

Sayap belakang Aventador bisa naik secara otomatis saat butuh downforce lebih. Aoshima menyediakan pilihan untuk memasang sayap di posisi tersimpan atau naik.

Overall Aoshima 1/24 Aventador 50 Anniversario adalah mokit yang sangat kompleks. Tidak hanya part plastik, banyaknya clear parts dan adanya PE adalah tantangan tersendiri. Model perlu dirakit dengan presisi tinggi agar kap mesin dan terutama pintu bisa dibuka tutup dengan mulus. Recommended untuk modeler berpengalaman yang ingin mencari tantangan. Reward nya adalah model Aventador yang super detil luar dalam.

Silahkan kunjungi toko kami, www.rumahmokit.com untuk memiliki kit ini dengan mudah, Terimakasih

Tidak ada komentar:

Posting Komentar