Build Review : Zvezda 1/72 T-90

Zvezda 1/72 T-90

Model T-90 skala 1/72 ini adalah commision build untuk seorang teman.


Zvezda 1/72 T-90 kit
Kit yang digunakan adalah Zvezda 1/72 T-90. Bentuk dasar dan detail kit ini sudah sangat baik, tidak perlu banyak modifikasi untuk membuat model berkualitas. Paint scheme yang digunakan adalah overall Russian Green. Gunze RLM80 Olive Green adalah cat utama yang digunakan karena warnanya cukup mendekati dan mudah dipakai. Cukup dicampur dengan air biasa dan disemprot dengan jarak yang pas untuk menghasilkan warna yang bagus. 

Gunze Sangyo RLM80 Olive Green

Instruction sheet dari Zvezda sangat membantu. Walau banyak keterangan dalam bahasa Russia, tidak menjadi masalah karena petunjuk di gambar sudah jelas. Zvezda merekomendasikan perakitan dimulai dari turret. Namun untuk mengejar waktu saya memilih untuk mulai dari lower hull. Mengapa demikian? Karena kombinasi warna lower hull cukup kompleks, dimulai dari lower hull dan wheel side Russian Green, rubber rim hitam, dan track metallic. Bagi saya akan lebih mudah kalau area ini di cat detil lebih dahulu sebelum disatukan dengan upper hull dan ditutup side skirt.

Lower Hull
Suspension Detail
Perakitan dimulai dengan memasang lengan suspensi ke lower hull. Memang semua suspensi ini dipasang mati, tidak bisa bermain seperti kit 1/35 terbaru. Tapi jangan lupa ukuran kit ini 1/72, setengahnya 1/35.  Lengan Suspensi dicetak dengan bentuk yang kaya akan detail, bahkan relief kepala baut pun tersedia. Detil suspensi di foto diatas tidak akan terlihat lagi setelah kit jadi, tertutup roda dan side skirt. Akan tetapi Zvezda tetap memberikan detil luar biasa disini, Bravo. 

Lower Hull
Berikutnya giliran 12 road wheel, sepasang idler wheel, dan sepasang sprocket. Tahap ini memang yang paling membosankan dalam perakitan tank, roda yang banyak. Untungnya Zvezda menghibur dengan relief detail dan fitting yang sangat baik.

Sisi bawah hull tidak luput dari sentuhan detail. Detil di area ini benar benar mirip dengan Meng 1/35 T-90. Bahkan sampai mounting lengan suspensi yang tidak sejajar, tapi sedikit offset untuk memberikan tempat bagi torsion bar suspension.

Sisi depan hull dilengkapi dozer blade dalam posisi tersimpan. Dozer blade dan lengan aktuatornya dicetak dalam satu part. Jadi perlu hati-hati saat melepas part ini dari sprue mengingat lengan aktuator cukup tipis. Dozer blade bisa dipasang dengan mudah, semua lengan aktuator mengarah presisi ke socket yang seharusnya.

Lower hull painted
Pengecatan lower hull diawali dengan laburan Tamiya Acrylic XF1 Flat Black. Warna ini akan mempertegas bayangan di lekukan, menonjolkan detail pada hasil akhir nanti. Selain itu lapisan Flat Black akan menjadi primer yang bagus bagi RLM80.

Lower hull, idler wheel, dan sprocket kemudian dilabur beberapa lapisan tipis RLM80. Lapisan Flat Black sebelumnya meningkatkan daya rekat RLM80. Cukup sedikit RLM80 untuk menghasilkan warna yang rata. Hal ini cukup penting mengingat relief detail cukup halus di skala 1/72. Lebih banyak cat beresiko mengubur detail, lebih sedikit lebih bagus.   

Road wheel hanya menerima semprotan RLM80 di sisi dalam dan luar saja. Kelilingnya dibiarkan tetap hitam untuk mensimulasikan rubber rim. Overspray bisa dikoreksi dengan kuas halus. Walau nantinya road wheel akan ditutup lumpur tebal, tapi alangkah baiknya kalau rubber rim tetap di cat rapi. Garis tegas yang terlihat samar-samar dibalik lumpur akan menambah realisme model.

Track
Zvezda track
 Jika road wheel adalah bagian paling membosankan, maka track adalah bagian paling menegangkan. Tampilan track adalah make or break nya model Tank. Terutama tank Russia yang track pad nya tidak dilapisi karet. Setiap track pad punya detil relief yang perlu direpresentasikan dengan baik. Meng telah sukses membuat workable track 1/35 T-90 yang sangat baik dimana setiap mata track tersusun dari 4 part. Sayangnya metode ini tidak praktis untuk diterapkan di skala 1/72 yang berukuran setengahnya.

Zvezda punya solusi cerdas, yaitu dengan mencetak track utuh dalam satu part styrene panjang. Detail yang dicetak di styrene bisa lebih tajam daripada media vinyl atau karet.   

Track detail

Track bending
               
Masalahnya track strene dicetak lurus dan kaku, perlu dilengkungkan agar bisa dipasang di posisinya. Untungnya Zvezda sudah menyediakan beberapa guratan di sisi dalam untuk membantu melengkungkan track di posisi yang tepat pada idler wheel dan sprocket.

Panas diperlukan untuk melengkungkan styrene, tapi tidak terlalu panas, cukup air mendidih saja. Celupkan track ke air panas, tunggu sebentar, lengkungkan sedikit, tahan posisinya, ulangi sampai membentuk lengkungan yang diinginkan. Proses ini perlu dilakukan sedikit demi sedikit untuk menghindari patahnya track tipis tersebut.  

Track fitting

Track bisa dipasang setelah mencapai lengkungan yang tepat. Akan lebih mudah memasang track secara bertahap. Mengelem satu bagian dulu, tunggu kering sempurna, lalu ditarik lembut dan dilanjutkan pengeleman bagian berikutnya.

Di tahap ini saya melakukan kesalahan fatal. Saya mulai bekerja dari sisi yang dekat dengan idler wheel. Akibatnya saat mencapai sprocket, track hanya bisa terpasang sempurna tanpa paksaan di sisi kiri saja, itupun karena keberuntungan semata. Di sisi kanan saya mendapat hukuman karena kelalaian ini. Track link kanan tidak bisa masuk sempurna ke gigi sprocket, jika tidak dikoreksi, model akan terlihat sangat jelek. Berbagai usaha persuasif gagal, dan akhirnya track kanan pun putus karena tarikan yang terlalu keras. Untungnya titik putus ada di sisi dalam, akan terutupi oleh side skirt di akhir nanti. Dan untungnya track kanan bisa dipasang sempurna di sprocket.

Satu hal yang menjadi kesulitan tertinggi kit ini adalah sambungan track yang ada di posisi bawah, terlihat jelas saat model jadi nanti. Relief detail pada track juga mempersulit pemakaian dempul di area ini. Jadi yang bisa dilakukan hanyalah mengelem sambungan sedekat mungkin dan menutup celahnya dengan weathering.   

track installed
Track dilabur primer Flat Black di semua sisi sebelum dipasang. Lalu sisi luar diberi warna Tamiya Acrylic XF-56 Metalic Grey. Metallic Grey akan menjadi dasar warna logam yang bagus untuk di weathering.

Turret

Turret
Selanjutnya kembali ke alur instruksi Zvezda, yaitu turret. Bentuk dasar turret terdiri dari satu pelat atas dan dinding turret. Perlu sedikit dempul di tahap ini. Untung saja ini hanya bentuk dasar turret, sanding bisa dilakukan dengan mudah. Bentuk dasar turet tadi kemudian diimbuhi banyak sekali part terpisah untuk membentuk turret rumit T-90. Turret hatch, SHTORA sensors, dan ERA block dibuat dalam part terpisah untuk detail maksimum. Storage boxes di sisi turret dibuat dalam part terpisah dan menempel ke turret dengan mounting yang realistis, bukan sekedar ditempel saja.  

Turret with gun


Smoke grenade launcher disediakan dalam bentuk yang akurat. Tidak dalam satu part, tapi dalam bentuk tabung peluncur terpisah untuk detail maksimum.

Pangkal laras meriam utama T-90 ditutupi oleh canvas. Zvezda memilih untuk me-lem mati laras, tidak bisa dinaik turunkan. Hal ini dilakukan untuk memungkinkan pemakaian canvas cover styrene yang detail. Jauh lebih detail dari yang bisa dibuat dari bahan fleksibel (untuk memungkinkan laras bisa dinaik turunkan) dengan budget yang tersedia.

Laras merian utama terdiri dari dua part kanan dan kiri. Pengeleman kedua sisi laras perlu dilakukan dengan akurat karena ada banyak relief detail yang akan menghalangi filling-sanding jika sampai ada gap. Saat dilakukan dengan benar, hasilnya sangat memuaskan. Detil ring segment di laras dicetak dengan sangat tajam.
Machine gun mounting
Mounting senapan mesin disediakan dengan lengkap dan akurat. Area ini di breakdown dengan cerdas oleh Zvezda untuk mempermudah perakitan. Mounting rumit ini akan menjadi cukup kokoh setelah semua part terpasang.

SHTORA dazzler

Salah satu ciri khas T-90 adalah sepasang SHTORA dazzler di pangkal laras meriam. Perangkat ini bekerja dengan menembakkan optical jamming dengan daya dan bentuk sinyal terkontrol. Diharapkan sistem ini akan mengacaukan laser guidance yang menjadi andalan rudal anti tank. Selain itu sistem ini juga berpotensi mengacaukan perhitungan jarak laser rangefinder musuh, mengurangi akurasi tembakan meriam tank lawan. Dengan SHTORA dan blok ERA, T-90 bisa dibekali primary armor lebih ringan, meningkatkan mobilitas tanpa mengorbankan proteksi. Ada banyak video yang merekam T-90 jumping dari gundukan tanah seperti motor cross. Bedanya motor cross tidak dilengkapi kanon 125mm.

SHTORA dazzler silver layer
SHTORA dazzler tidak dipasang langsung ke dinding turret, tapi dengan mounting frame yang cukup rumit. Di skala 1/72 ukuran mounting frame ini cukup menantang. Namun Zvezda menyediakan mounting frame realistis yang mudah dipasang dan ternyata cukup kokoh.

SHTORA dazzler clear red

Saat aktif, lensa SHTORA dazzler akan menyala warna merah. Hal ini bisa disimulasikan dengan dua tahap pengecatan, yaitu chrome silver dilanjutkan dengan clear red. Untungnya ukuran lensa SHTORA dazzler di 1/72 cukup kecil, bisa di cat dengan kuas. Saya hanya mempunyai stok cat Acrylic, dan cat jenis ini susah di kuas karena sangat cepat kering. Solusinya adalah dengan mencampurkan sedikit Tamiya Paint Retarder. Paint retarder akan memberi waktu tambahan untuk meratakan cat, menghasilkan warna clear red yang meyakinkan.

SHTORA dazzler masked

Setelah kering sempurna, lensa clear red tersebut perlu di masking agar tidak tertimpa semprotan warna selanjutnya. Bentuk lensa yang melingkar lebih mudah dimasking dengan bola blu-tack kecil.

Antenna

Mayoritas part di kit ini memiliki dimensi yang pantas untuk 1/72. Namun ada satu part yang terlalu tebal, bahkan untuk 1/35. Part tersebut adalah antenna. Sebagai gambaran kawat antenna bahkan lebih tebal dari machine gun barrel.

Antenna modification

Antenna base berbentuk cukup bagus, hanya kawatnya saja yang terlalu tebal. Hobby knife bisa digunakan untuk memisahkan base dan kawatnya. Antenna base akan dipertahankan dan kawat plastik diganti dengan tembaga yang lebih tipis. Bor tangan 0.5mm digunakan untuk melubangi antenna base, menyediakan tempat untuk mengelem kawat tembaga. Kawat tembaga bisa di lem dengan kuat ke base menggunakan super glue.  

Upper Hull

Upper Hull assy
Zvezda menyediakan upper hull yang detail. Engine hatch, ERA blocks, dan knalpot disediakan dalam part terpisah untuk detail maksimum. Seperti area lainnya, parts di upper hull bisa menyatu dengan sempurna tanpa hambatan berarti. Permasalahan justru timbul di bagian yang terlihat mudah, yaitu 3 pelat armor di sisi hull. Berbeda dengan part lain, Zvezda tidak menyediakan mounting guide yang jelas disini. Kesulitannya adalah ketiga pelat tersebut harus dipasang dengan selisih ketinggian yang presisi dan simetris kiri kanan.   

Lamp Assy

Tantangan berikutnya ada di pemasangan lampu. Lampu depan T-90 tidak ditempel langsung ke hull, tapi digantung ke frame kecil. Frame ini sangat halus, perlu dilepas dengan sangat hati-hati dari sprue. Proses pengeleman juga harus dilakukan dengan tangan yang stabil karena titik sambungan yang kecil. Akan tetapi frame tersebut akan menjadi struktur yang saling menopang dan kokoh setelah semua part dipasang.

Rear hull

Sisi belakang hull T-90 adalah area yang cukup kompleks. Ada unditching log, tow cable, dan fuel tank.

Rear hull


Zvezda menyediakan unditching log dengan bentuk yang bagus dan fitting yang baik. Sayangnya tekstur part ini terlalu halus. Tekstur dapat dibuat sedikit kasar dengan membasahi seluruh permukaan part dengan lem plastik (Tamiya atau Mr Hobby). Saat lem masih basah unditching log digores dengan pinset. Setelah kering unditching log akan memiliki tekstur sedikit kasar seperti kayu.

Kit tank 1/35 umumnya menyediakan tow cable dalam bentuk benang nylon. Skala 1/72 berukuran jauh lebih kecil, sementara tow cable harus memiliki ke kakuan realistis. Solusi Zvezda adalah dengan menyediakan tow cable dalam bentuk satu part plastik. Teknik injection molding Zvezda perlu diacungi jempol. Bentuk tow cable yang rumit dicetak secara akurat bahkan sampai tekstur pilinan kawatnya. Tantangannya adalah untuk melepas part ini dari sprue meningat ukurannya yang panjang dan tipis. Saya berhasil melepasnya menggunakan hobby knife tajam dan ditahan dengan cutting mat. Tow cable bisa dipasang dengan akurat ke hull tanpa masalah berarti.

Setelah itu giliran pemasangan sepasang fuel tank. Keempat penyangga fuel tank bisa dipasang dengan sejajar berkat fitting yang presisi. Pastikan sepasang fuel tank terpasang presisi di tempatnya untuk mempermudah pemasangan fuel pipe diatasnya. 

Completed Assembly


Sisi belakang hull adalah tahap terakhir perakitan. Turret bisa masuk dengan sempurna ke turet ring di hull.



Masking

Masking
Road wheel, track, dan SHTORA dazzler lens perlu di masking agar tidak tertutup cat body. Road wheel dan track bisa dilindungi dengan masking tape karena bentuknya kotak. SHTORA dazzler lens yang berbentuk lingkaran lebih mudah di masking dengan bola blu tack kecil.

Black primer

Black primer

Lapisan pertama yang dipalikasikan adalah Tamiya Acrylic XF-1 Flat Black. Warna hitam ini akan mempertegas bayangan, meningkatkan detail. Selain itu lapisan ini juga akan meningkatkan adhesi cat lapisan berikutnya. Secara total mengurangi jumlah cat yang dibutuhkan. 

RLM80 Overall

RLM80 overall

Gunze RLM80 Olive Green bisa menempel dengan baik dan rata ke lapisan flat black. Cukup beberapa lapisan tipis saja.

Decal

Decal

Sebagaimana tank umumnya, marking T-90 tergolong sederhana. Hanya ada 3 digit nomor di sisi turet dan sepasang logo di depan turret. Kualitas decal Zvezda cukup memuaskan, cukup tebal agar mudah diaplikasikan dan cukup tipis agar menyatu dengan baik. Decal dipasang diatas tetesan future untuk membuatnya mengikuti kontur permukaan sekaligus menghindari silvering.

Weathering

Weathering tahap pertama adalah semi gloss clear dari kaleng semprot Tamiya. Lapisan ini akan memberikan warna sedikit kusam sekaligus memproteksi cat dan decal dari tahap weathering selanjutnya.

Selanjutnya adalah weathering untuk menunjukkan T-90 saat beroperasi. Road wheel dan track perlu diberi lumpur tebal. Knalpot dan ujung laras akan diberi lapisan jelaga. Selain itu seluruh bagian tank perlu diberi debu halus.

Reeves soft pastel

Reeves soft pastel digunakan sebagai media weathering utama di kit ini, Media ini murah, mudah didapat, dan dengan teknik yang tepat hasilnya cukup bagus. Soft pastel bisa diserut jadi bubuk dengan mudah menggunakan sisi belakang hobby knife atau cutter. Beberapa warna bisa dicampur untuk menghasilkan warna lumpur, debu, ataupun jelaga yang diinginkan. Bubuk pastel bisa dilarutkan dengan air atau alkohol.

Pemakaian soft pastel susah-susah gampang. Larutan soft pastel bisa diaplikasikan dengan kuas dan menempel dengan mudah ke permukaan model. Larutan ini akan mengering jadi kerak tipis, sangat mirip dengan lumpur ataupun jelaga. Masalahnya di permukaan mulus kerak ini cukup rapuh, mudah rontok. Kerak bisa diperkuat dengan tambahan selapis clear/semi gloss/flat coat lagi. Masalahnya kerak tipis akan menghilang saat ditimpa clear coat, hanya tersisa kerak tebal.  

Solusi masalah ini adalah dengan membagi weathering dalam 2 tahap. Tahap pertama adalah mengaplikasikan lumpur tebal di bawah side skirt, road wheel, dan track, Di tahap ini saya menggunakan larutan kental diaplikasikan dengan kuas kaku. Kerak tebal kemudian diproteksi dengan lapisan semi gloss coat tanpa kehilangan warnanya.

Tahap kedua adalah mengaplikasikan kerak tipis untuk mensimulasikan debu dan jelaga. Ada satu tips menarik dari Mig Jimenez untuk mengaplikasikan pigmen, yaitu dengan terlebih dahulu menyemprot warna flat. Tekstur kasar cat flat akan membantu adhesi pigmen. Saya akan mencoba tips ini. Pertama-tama campuran cat encer berwarna debu diaplikasikan tipis ke seluruh permukaan model. Proses ini lebih mudah dilakukan dengan airbrush dari jarak cukup jauh. Warna debu ini nyaris tidak terlihat tapi terasa sedikti kasar saat diraba. Selanjutnya adalah aplikasi larutan soft pastel encer untuk mensimulasikan debu dan jelaga menggunakan kuas. Saat kering, kerak tipis tetap menempel erat ke permukaan model.    

Weathering

Conclusion

Proses pembuatan model ini berlangsung cukup cepat, hanya sebulan. Bukan karena terburu-buru, dan juga bukan karena model ini sederhana, tapi kebalikannya model ini terhitung rumit. Model ini bisa dirakit dengan relatif cepat karena fitting yang sangat baik dan instruction sheet yang jelas. Memang ada beberapa yang kurang jelas (posisi 3 panel armor di sisi hull), harus diperhatikan (pemasangan track dari sprocket) dan dimodifikasi (antenna). Akan tetapi secara keseluruhan proses pembuatan sangat menyenangkan dan hasilnya memuaskan.


Silahkan kunjungi toko kami, www.rumahmokit.com untuk memiliki Zvezda 1/72 T-90 dengan mudah selama stok tersedia. Terimakasih :)






Tidak ada komentar:

Posting Komentar