Review Revell 1/320 DC-10

Revell 1/320 DC10
Pada awalnya airliner besar seperti Boeing 707 butuh 4 mesin untuk memberikan cukup dorongan dan keamanan. Dan saat ini 2 mesin sudah cukup kuat dan handal untuk mendorong Airliner besar seperti Boeing 777, 787, dan A350. Dan diantaranya ada masa dimana 3 mesin sudah cukup untuk airliner besar. Salah satunya adalah DC-10 dengan dua mesin di pylon sayap dan satu di pangkal ekor tegak.


Multi-engine pada airliner bermanfaat untuk memberikan safety margin. Jika satu atau beberapa mesin mati, mesin yang tersisa mampu menyediakan cukup dorongan untuk meneruskan penerbangan dan mendarat di landasan terdekat. Selain itu mesin juga menyediakan daya bagi sistem hidrolik dan elektrik yang vital untuk pengendalian pesawat. Lebih banyak mesin berarti lebih banyak redundansi yang bisa didisain untuk dua sistem kritis ini. Setiap mesin bisa dilengkapi generator listrik dan pompa hidrolik tersendiri. Sehingga selama ada mesin yang berfungsi, sistem elektrik dan hidrolik masih bisa hidup untuk mengendalikan pesawat.

Masalahnya mesin jet adalah komponen yang luar biasa mahal dan kompleks. Saat perawatan besar, mesin biasanya dilepas dan dirawat di bengkel khusus dengan peralatan dan spare parts yang canggih dan mahal. Lebih sedikit mesin diharapkan harga dan biaya perawatan pesawat bisa ditekan. Hal ini adalah salah satu faktor pendolong evolusi konfigurasi airliner besar dari 4 mesin, ke 3, dan akhirnya ke 2. Hanya super jumbo seperti 747 dan A380 yang masih memakai 4 mesin.   

Teknologi dan keamanan airliner terus berkembang. Dan pada awal operasional DC-10, teknologi airliner belum se-aman sekarang. Terjadi beberapa insiden dan bahkan kecelakaan karena komponen-komponen kecil yang terkadang disepelekan, tapi bisa memicu bencana besar. Pada DC-10 versi awal masalahanya ada di pintu kargo. DC-10 terbang cukup tinggi dimana tekanan udara terlalu rendah bagi manusia. Solusinya kabin diberi tekanan mendekati permukaan laut agar penumpang bisa terbang dengan nyaman. Tapi hal ini berarti selisih tekanan luar biasa besar antara kabin-ruang kargo dengan udara luar. Pintu kargo harus menahan gaya sangat besar akibat perbedaan tekanan ini. Masalahnya disain kunci pintu kargo DC-10 ternyata bermasalah. Dalam beberapa penerbangan pintu tersebut terbuka akibat perbedaan tekanan. Hal ini tentu saja berakibat fatal, lantai kabin penumpang bisa jebol terkena perbedaan tekanan sebesar itu. Dan dalam prosesnya bisa merusak jalur hidrolik pengendali pesawat. Dalam beberapa kasus, ketiga jalur hidrolik bisa rusak bersamaan, menyebabkan bidang kendali sama sekali tidak merespon perintah pilot. Hal ini menyebabkan beberapa kecelakaan fatal yang mencoreng nama DC-10. Tapi beberapa penerbangan bisa selamat berkat pilot yang tenang, yang mampu mengendalikan arah pesawat dan bahkan mendaratkannya dengan mengatur dorongan setiap mesin dengan presisi. 

Untungnya setelah itu ada banyak perbaikan pada DC-10, menghasilkan airliner yang semakin aman. Kualitas DC-10 juga terbukti dengan terpilih menjadi tanker USAF, KC-10. Mampu membawa banyak bahan bakar jet yang berbahaya dengan aman.  

Revell 1/320 DC-10
Revell 1/320 DC10 fuselage

1/320 bukan skala umum untuk mokit airliner. Tapi dengan skala yang lebih kecil, harga akan lebih murah. Selain itu model kecil juga bisa dipajang di tempat yang tidak praktis untuk model besar seperti di meja kerja. Dengan sedikit toleransi dan imajinasi, kit ini bisa dipadukan dengan mokit kapal skala 1/350 beserta heli dalam sebuah diorama. Mungkin diorama sea rescue DC-10 ditching bisa dibuat dengan kit ini.
Revell 1/320 DC10 wing

Breakdown kit kecil ini seperti kit airliner umumnya, hanya lebih sederhana. Langkah pertama adalah menyatukan sisi kiri dan kanan fuselage yang menjepit clear cockpit window dan engine face. Berikutnya pemasangan sayap beserta kedua mesin dibawahnya. Satu hal yang bagus dari Revell adalah instruction sheet yang jelas. Tersedia diagram tampak depan yang menunjukkan sudut dihedral sayap dan elevator dengan jelas.
Revell 1/320 DC10 parts

Kekurangan kit ini ada pada kualitas plastik dan cetakannya. Ada beberapa cacat pencetakan yang perlu dikoreksi oleh modeler. Diluar itu model kecil ini diperkaya detail yang cukup bagus. Modeler bisa memilih konfigurasi ger up atau down. Dan pada konfigurasi gear down terdapat landing gear beserta pintunya yang dicetak cukup bagus dan tipis. Panel line pada kit ini cukup bagus. Engsel aileron dan flaps juga dicetak rapi. Akan terlihat bagus dengan weathering yang sesuai.
Revell 1/320 DC10 display stand
Silahkan kunjungi toko kami www.rumahmokit.com untuk memiliki kit ini dengan mudah, Terimakasih.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar