Review : Eduard 1/48 Bf 109E weekend edition

Eduard 1/48 Bf 109E weekend edition

Emil adalah varian Bf 109 pertama yang diproduksi besar-besaran. Keunggulan Bf 109E ada di mesin DB601 direct fuel injection. Fighter saingannya masih menggunakan karburator yang sensitif terhadap G negatif. Hal ini memperluas flight envelope Bf 109E, memberikan keunggulan dalam dogfight.    


Emil dipersenjatai dengan baik. Sepasang senapan mesin MG17 terpasang di cowling. Lalu ada sepasang MG17 lagi di sayap dan sepucuk kanon MG/FF di propeller spinner. Namun vibrasi mesin menurunkan akurasi kanon di propeller spinner dan bahkan membuatnya sering macet. Banyak Bf 109E yang melepas kanon propeller spinner dan mengganti senapan mesin sayap dengan kanon. Fire power berat Emil disukai oleh banyak pilot Luftwaffe. Beberapa bahkan tetap memakai Emil walaupun Bf 109F yang lebih cepat dan lincah sudah tersedia.

Karir Emil dimulai dari perang sipil Spanyol, namun disini tidak menemukan lawan seimbang. Kemudian WWII pecah, Jerman menginvasi Polandia kemudian Perancis. Pada kedua pertempuran ini Bf 109E masih menang mudah. Pasukan sekutu yang terdesak kemudian mundur ke inggris via Dunkirk, disinilah Luftwaffe mengalami ganjalan besar pertama. Diatas Dunkirk, Bf 109E bertempur melawan Spitfire dari Inggris Selatan. Kedua fighter ini punya performa seimbang sehingga Luftwaffe tidak mampu menguasai udara, menyebabkan suksesnya penarikan mundur pasukan sekutu di Dunkirk.

Setelah menguasai Eropa barat, Hitler berambisi merebut Inggris. Peperangan diawali dengan blokade laut dan serangan udara. Pada awalnya bomber Luftwaffe akan dikawal oleh fighter berat jarak jauh, Bf 110. Namun performa Hurricane dan Spitfire jauh diatas Bf 110, memaksa Luftwaffe menurunkan Bf 109E untuk mengawal bomber sampai ke Inggris. Masalahnya Bf 109E didisain untuk lincah bermanuver dan tidak dilengkapi bahan bakar cukup untuk bertempur di jarak jauh. Jadi pilot Bf 109E hanya punya sedikit bahan bakar untuk dogfight melawan Hurricane dan Spitfire diatas Inggris. Saat pilot Luftwaffe tertembak jatuh diatas Inggris maka dia ditawan, sementara pilot Inggris bisa langsung bertempur lagi. Sehingga semakin lama jumlah pilot veteran Inggris semakin banyak dan Jerman semakin sedikit. Hal ini menyebabkan keunggulan udara makin berpihak ke Inggris walaupun Bf 109E sebenarnya sekelas dengan Spitfire.

Eduard 1/48 Bf 109E weekend edition


Eduard 1/48 Bf 109E fuselage
Saat membuka kotak mokit ini, Anda akan disambut oleh 4 sprue styrene dan 1 clear sprue. Total ada sekitar 156 parts plastik untuk membuat replika super detail Bf 109E skala 1/48 dengan ukuran 189x209mm. Kualitas cetakan Eduard luar biasa bagus, semua part dicetak dengan bersih dan tajam. Detail permukaan berupa panel line dan rivet juga dicetak dengan tajam dan konsisten. Walau tanpa PE parts, B 109E weekend edition sudah cukup untuk membuat model berkualitas.
Eduard 1/48 Bf 109E canopy
Tantangan terbesar weekend edition mungkin karena tidak adanya pre-cut canopy masking yang umum disertakan dalam profipack edition. Modeler tentu saja bisa membuat masking sendiri dari masking tape berkualitas baik. Namun Anda harus berhati-hati karena canopy framing Bf-109 cukup kompleks. Eduard memberikan canopy yang sangat tipis dan jernih. Akan sayang sekali kalau ada kesalahan saat masking yang membuat pengecatan framing tidak sempurna. Namun disitulah salah satu tantangan hobby ini. 
Eduard 1/48 Bf 109E wing
Salah satu bagian paling sulit di cat pada model pesawat adalah roda pendarat. Ban karet tentu saja berbeda warna dengan velg. Perbedaan warna ini perlu dicat dengan lingkaran sempurna. Sesuatu yang terlihat mudah tapi sebenarnya sulit dilakukan dan berpotensi merusak tampilan keseluruhan model yang sudah dibuat sepenuh hati. Eduard punya solusi cerdas untuk masalah ini. Ban dan velg dibuat dalam parts terpisah, bisa dicat terpisah sebelum disatukan, menghasilkan demarkasi warna yang sempurna dengan mudah.
Eduard 1/48 Bf 109E parts 1
Hampir semua bidang kontrol dicetak terpisah. Slats, flaps, aileron, dan rudder dicetak terpisah. Hanya elevator yang dicetak menyatu dengan horizontal stabilizer. Modeler punya banyak pilihan untuk membuat pose dinamis dengan kit ini.
Eduard 1/48 Bf 109E parts 2
Kejutan berikutnya adalah cowling yang bisa dibuka. Didalamnya terdapat detail mesin beserta mounting-nya dan sepasang senapan mesin yang cukup lengkap. Dengan pengecatan yang tepat akan menjadi nilai tambah tersendiri. Modeler yang lebih suka semua panel tertutup tidak perlu khawatir. Dalam instruction sheet terdapat list parts apa saja yang tidak perlu dipasang untuk menjamin cowling tertutup sempurna.

Overall walau tanpa PE, plastik parts pada kit ini sudah sangat memuaskan. Tantangan mungkin ada saat masking canopy super jernih dan tipis. Velg dan ban terpisah adalah salah satu sentuhan yang bagus untuk mempermudah modeler membuat finishing yang sempurna. Bidang kontrol terpisah dan detail mesin merupakan nilai tambah tersendiri.   


Silahkan kunjungi toko kami www.rumahmokit.com untuk memiliki kit ini dengan mudah, terimakasih      

Tidak ada komentar:

Posting Komentar