Review : Revell 1/72 Gripen

Revell 1/72 Gripen

Guerilla fighter.

Jika ditanya fighter paling cocok untuk Indonesia, saya akan menjawab Gripen.


Tentu saja ada alasannya. Sejak dahulu Indonesia telah sukses menerapkan perang gerilya melawan penjajah yang lebih kuat. Konsep perang gerilya Indonesia konon diadopsi juga oleh Vietnam untuk mengalahkan Amerika. Gripen adalah fighter yang tepat untuk membawa konsep perang gerilya ke udara.

Gripen didisain agar bisa take off-landing dari landasan seadanya, bahkan dari jalan raya. Landasan sempit, pendek, dan tidak steril pun masih layak untuk mengoperasikan Gripen. Tidak hanya itu, Gripen juga bisa di-maintain dengan personnel dan peralatan minim. Sekarang bayangkan wilayah Indonesia yang luas dan jumlah pulau yang luar biasa banyak. Ada banyak area yang layak dijadikan pangkalan tersebar bagi Gripen. Bisa dengan mengembangkan airstrip yang sudah ada ataupun membuat lanud rahasia kecil baru. Sistem logistik terpadu juga perlu dikembangkan untuk mensuplai lanud-lanud kecil ini dengan bahan bakar dan kebutuhan lainnya. Struktur organisasi Gripen dipecah menjadi unit kecil yang didukung pesawat transport CN-235. Setiap unit bisa dimobilisasi ke lanud aju dengan cepat dan mudah saat dibutuhkan. Jika dilakukan dengan baik, musuh akan kesulitan membaca kekuatan udara kita. Gripen bisa melakukan serangan mendadak dari arah yang tidak terduga.

Gripen menggunakan sistem air refueling probe and drogue sehingga mengisi bahan bakar dari tanker sekelas KC-130. Memodifikasi CN-235 menjadi probe and drogue tanker sepertinya masih memungkinkan. Berbeda sistem boom receptacle milik F-16 yang harus menggunakan tanker besar milik USAF.

Selain itu Swedia juga unggul dalam hal network centric warfare. Dimualai dari zaman Draken, kemudian Viggen, dan disempurnakan di Gripen. Dalam sistem ini informasi bisa didistribusikan dengan fleksibel antara fighter, AEW&C, radar darat, dan kapal laut. Tidak hanya jago kandang, SAAB juga sukses mengimplementasikan konsep network centric warfare ini di Thailand, membuat Gripen mampu berbagi informasi dengan kapal perang secara cepat dan secure. Kalau di Thailand bisa, di Indonesia pun bisa.

Salah satu node terpenting dalam sistem network centric warfare adalah pesawat AEW&C. SAAB punya sistem Erieye yang sudah terintegrasi dengan Gripen. Erieye menggunakan sistem AESA, sehingga dimensinya relatif kecil untuk kapabilitasnya. Kabar bagusnya lagi Erieye bisa dipasang di berbagai pesawat berukuran sedang. Tidak menutup kemungkinan sistem canggih ini bisa dipasang di CN-235.

Peran CN-235 di sistem yang kami propose diatas cukup banyak dan kritikal. Sebagai pesawat kargo untuk support deployment unit kecil Gripen ke pangkalan tersebar, tanker, dan AEW&C. Penggunaan CN-235 secara ektensif akan meningkatkan kemandirian pertahanan Indonesia sekaligus memacu pertumbuhan industri dirgantara nasional secara signifikan. Belum lagi Swedia bersedia melakukan Transfer-of-Technology dengan porsi signifikan dalam paket pembelian Gripen. Bayangkan kemajuan yang akan diraih Indonesia dengan sistem ini.

Kelemahan terbesar Gripen ada pada mesinnya. Jangan salah paham dulu, performa RM12 sangat bagus, match dengan airframe Gripen. Walau hanya memakai satu mesin, RM12 terbukti sangat handal dipakai patroli di area arktik yang ganas. Masalahnya RM12 sebenarnya adalah F404 milik AS yang ditingkatkan dan diproduksi dengan lisensi. Artinya penjualan RM12 dan suku cadangnya harus mendapat restu dari AS. Hal ini bisa menimbulkan masalah politik dikemudian hari. Tapi masalah yang sama, dan bahkan lebih parah akan terjadi kalau kita membeli sistem senjata lainnya buatan AS. Gripen akan menjadi pilihan yang jauh lebih sempurna saat SAAB mampu menyediakan pilihan mesin dari sumber yang lebih netral.

Revell 1/72 JAS-39 Gripen C.
 
Revell 1/72 Gripen parts
Revell 1/72 JAS-39 Gripen C adalah mokit cetakan baru Revell, bukan rebox Italeri/Tamiya. Kit ini lebih “mewah” dari Gripen 1/72 sebelumnya. Sayangnya Revell masih menggunakan side opening box pada kit ini. Untungnya setiap sprue diproteksi dengan kantong plastik sendiri sendiri sehingga terhindar dari kerusakan saat pengiriman.
 
Revell 1/72 Gripen detail
Kualitas kit ini bisa terlihat sejak awal saat merakit kokpit. Ejection seat cukup detail, tersusun dari beberapa part. Side panel direpresentasikan dengan raised relief. Stick dan throttle disediakan dalam parts terpisah. Glass kokpit Gripen C direpresentasikan dengan baik menggunakan decal.

Landing gear juga terkena sentuhan detail yang bagus. Nose landing gear dirakit dari beberapa part untuk menangkap bentuk kompleksnya dengan lebih baik. Main landing gear bay dicetak terpisah dari fuselage/wing untuk memungkinkan pencetakan detail yang lebih baik.
 
Revell 1/72 Gripen clear parts
Opsi yang diberikan Revell di kit ini juga cukup banyak. Airbrake bisa dipasang di posisi terbuka. Refueling probe juga bisa dipasang di posisi deployed. Tersedia 2 exhaust, dalam posisi terbuka dan tertutup. Keduanya diperkaya surface detail yang tajam di sisi dalam dan luar. Flaps dan aileron dicetak terpisah dari sayap. Komponen ini memang didisain untuk ditempel dalam posisi netral. Namun berbekal foto referensi dan sedikit pembedahan, keduanya bisa dipasang di posisi turun.
 
Revell 1/72 Gripen AMRAAM dan IRIS-T
Revell menyediakan opsi load out untuk ketiga misi Gripen, yaitu Jakt (Air-to-Air), Attack (Air-to-Surface), dan Spaning (Recce). Tersedia IRIS-T, AMRAAM, RBS15, sepasang drop tank, dan sebuah recce pod SPK39. Sayangnya tidak ada rudal METEOR. Tidak semua load out ini bisa dibawa sekali terbang, tersedia petunjuk load out yang umum untuk setiap misi pada instruction sheet. Seauai dengan standar kit 1/72 modern, setiap load out juga dilengkapi decal.

Tersedia decal untuk membuat Gripen milik Swedia dan Ceko. Ekor Gripen milik Ceko diperkaya graffiti unik yang ditunjukkan di box art.

Overall harga mokit Gripen keluaran Revell ini memang lebih tinggi dari kit Gripen generasi sebelumnya keluaran Italeri/Tamiya. Kit Gripen keluaran Italeri/Tamiya berkualitas sangat baik (kami pernah membuat beberapa), tapi kit Revell ini jauh lebih mewah.   

Silahkan kunjungi toko kami www.rumahmokit.com untuk memiliki mokit ini dengan mudah, terimakasih.

Harga : 360.000 per 14.12.2016 





Tidak ada komentar:

Posting Komentar