Review : Kinetic 1/48 F-5B Freedom Fighter

The light weight fighter
Kinetic 1/48 F-5B Freedom Fighter

Sejak mesin jet ditemukan, disain fighter menjadi semakin berat dan besar. Hal ini memang diperlukan mengingat mesin jet, terutama generasi awal, sangat boros bahan bakar. Bahan bakar ektra memungkinkan jangkauan lebih jauh dan kecepatan lebih tinggi dalam waktu lebih lama. Ukuran lebih besar juga memungkinkan membawa persenjataan lebih banyak dan avionik lebih canggih.

Sayangnya berat ekstra akan mengurangi kelincahan fighter. Apalah gunanya rudal canggih tapi tidak bisa mengikuti maneuver lawan untuk menempatkan diri di posisi ideal untuk meluncurkan rudal. Selain itu ukuran besar berpotensi memperbesar drag. Perlu bahan bakar lebih banyak untuk mengatasi drag ekstra, menegasikan keuntungan membawa bahan bakar ekstra di airframe yang lebih besar. Selain itu fighter yang lebih besar juga cenderung lebih mahal baik biaya pembelian maupun operasional. Konsekuensinya dengan budget tetap, jam latihan pilot bisa dipotong, berpotensi menurunkan skill pilot.     

Anehnya problem yang terlihat jelas ini hanya disadari oleh segelintir orang. Salah satunya adalah Edgar Schmued, chief designer fighter legendaris P-51 Mustang dan F-86 Sabre. Edgar Schmued ditugasi oleh Northrop untuk membuat fighter yang berbeda dengan trend fighter pada waktu itu. Fighter baru itu harus ringan, kecil, ekonomis, tapi masih bisa menembus kecepatan suara. 

Hasilnya adalah F-5 Tiger, fighter kecil dengan layout konvensional. Sayap dan elevator dipasang lurus dibawah fuselage tanpa dihedral atau anhedral. Single tailfin untuk kesederhanaan disain. Fuselage dirancang menggunakan transonic area ruling untuk mereduksi drag. Sepasang air intake dipasang di samping cockpit. Air intake tadi mensuplai udara untuk dua mesin turbojet kecil J85. Ada satu fakta menarik tentang J85. Thrust mesin ini memang tidak istimewa. Akan tetapi J85 sangat kecil dan ringan sehingga thrust to weight ratio-nya sangat baik, bahkan lebih baik dari mesin J79 milik F-4 Phantom. 

Perangkat elektronika pada tahun 60an saat F-5 didisain berukuran besar dan berat. Sehingga F-5 tidak dilengkapi radar dan weapons aiming system terbaru. Hal ini tidak terlalu masalah mengingat peran F-5 dibatasi untuk day air superiority dimana kelincahan lebih berguna dari sensor yang canggih tapi berat. Sepasang kanon di hidung dan beberapa AIM-9 Sidewinder di wing pylon tersedia untuk menghajar fighter lawan di jarak dekat.

Walau tanpa weapon aiming system tebaru, F-5 tetap bisa melaksanakan misi serangan darat dengan efektif. Pilot F-5 tetap bisa menggunakan basic gunsight untuk mengarahkan bom atau roket yang dibawa di kelima pylon centerline dan sayap. Konsep ini terbukti sukses di Vietnam. Walau hanya bisa membawa sedikit bom, persentase kesuksesan serangan F-5 cukup tinggi. Ukuran kecil dan lincah membuat F-5 sulit ditembak jatuh arhanud lawan. Walau demikian, para petinggi USAF sudah terlanjur suka dengan konsep heavy fighter. Light fighter seperti F-5 tidak disukai dan unitnya pun dibubarkan setelah perang Vietnam walaupun sebenarnya performanya memuaskan.

Prestasi F-5 justru mencapai puncaknya di pasar ekspor. F-5 bisa ditemukan mulai dari Norwegia yang beriklim arktik sampai Asia Tenggara yang beriklim tropis. Suatu bukti tersendiri tentang performa dan kehandalan fighter rancangan Edgar Schmued ini. F-5 banyak diminati oleh sekutu AS karena harganya yang murah, biaya operasional ekonomis, bisa beroperasi dari landasan pendek, dan performa bagus. Proses penjualan F-5 juga tidak terlalu dibatasi oleh pemerintah AS karena tidak mengandung teknologi terbaru.   

F-5B adalah versi kursi ganda dari F-5A. Performa F-5B sangat mirip dengan F-5A, meningkatkan efektifitas training. F-5B memang tidak dibekali canon, tapi semua pylon tetap bisa membawa persenjataan seperti F-5A.

Kinetic 1/48 F-5B

Kinetic 1/48 F-5B PE fret
F-5B adalah fighter yang kecil dan sederhana. Pertanyaannya adalah mengapa model fighter mungil ini di packing dalam kotak besar dan terdiri dari 6 sprue styrene, sebuah sprue clear parts, dan satu PE fret? Part sebanyak ini diberikan oleh Kinetic untuk mereplikasi tidak hanya tampilan luar, tapi juga detil internal seperti cockpit, intake, exhaust, dan landing gear. Panel line kit ini tentu saja berbentuk recessed yang tipis, tajam, dan konsisten. Trailing edge dan fin rudal pun dicetak dengan tipis agar realistis.  

Kinetic 1/48 F-5B cockpit tub
Kinetic 1/48 F-5B instrument panel


Detil kokpit kit ini sangat layak untuk skala 1/48. Ejection seat terdiri dari beberapa part untuk detail maksimum. Cockpit tub terdiri dari satu part dengan detil raised relief pada side console. Instrument panel analog F-5B direpresentasikan dengan raised relief yang lengkap dan tajam. Dengan pengecatan yang tepat kokpit model ini akan terlihat sangat realistis.

Kinetic 1/48 F-5B canopy

Semua perkerjaan detail pada kokpit tidak akan sia-sia karena Kinetic menyediakan canopy yang tipis dan jernih. Canopy ini bisa dipasang dalam pose terbuka atau tertutup. Canopy actuation mechanism milik F-5 cukup kompleks, Kinetic menyediakan mekanisme ini dengan cukup akurat. Boarding ladder juga disediakan untuk memperkaya detil saat Anda memutuskan membuka canopy.

Kinetic 1/48 F-5B wheel

 Detil yang disediakan di area landing gear sangat baik. Kinetic menyediakan roda pendarat dalam bentuk ban terpisah dari velg. Metode ini membuat pengecatan rapi mudah dilakukan.

Walau intake F-5B berukuran relatif mungil, Kinetic menyediakan intake trunking yang bagus. Intake trunking tersedia cukup dalam dan di ujungnya ada compressor face dengan detail yang tajam. 

Semua bidang kontrol pada sayap model ini bisa di set ter-deploy. Leading edge flaps, inboard flaps, dan aileron bisa dipasang dalam posisi turun atau naik. Detil ini diperkaya lagi dengan airbake yang bisa dipasang dalam posisi terbuka, tentu saja lengkap dengan hydraulic actuator dan relief detil internalnya. 

Kinetic 1/48 F-5B sidewinder
Walau mungil, F-5 bisa dijejali berbagai muatan eksternal. Tersedia drop tank berbentuk unik khas F-5 di wingtip. Selain itu Kinetic melengkapi model ini dengan sepasang pylon dibawah setiap sayap. Ke-empat pylon ini bisa dicanteli drop tank, rocket pod, bom Mk82, dan dua varian Sidewinder yaitu AIM-9B dan AIM-9J,

Kinetic 1/48 F-5B decal
Keunggulan kit ini tidak hanya di part plastiknya saja, tapi juga di decalnya. Anda bisa membuat salah satu dari 19 skema marking yang disediakan oleh Kinetic disini. Tersedia 4 pilihan marking USAF training squadron, satu pilihan USAF Tactical fighter squadron di perang Vietnam, 3 pilihan Agressor Canada, satu pilihan squadron operasional Canada, 3 pilihan Belanda, 3 pilihan Norwegia, 3 Pilihan Yunani, dan satu milik Vietnam Selatan. Beragam camo scheme mulai dari SEA camo, air superiority blue, Alumunium lacquer, dll bisa diaplikasikan di model ini, sangat memperkaya koleksi kit Anda.


Overall packing mokit ini memang dibawah standar kit modern. Akan tetapi detil, konsistensi, dan ketajaman parts mokit ini sangat memuaskan. Belum lagi ditambah 19 pilihan marking yang disediakan di kotak kit ini. Memang perlu kesabaran dan ketelitian untuk membuat model yang mereplikasikan F-5B luar-dalam ini, tapi hasilnya akan bisa dibanggakan. 

Silahkan kunjungi toko kami www.rumahmokit.com untuk memiliki kit ini dengan mudah, Terimakasih

Tidak ada komentar:

Posting Komentar