Review : Aoshima 1/24 Nissan Skyline GTR R32

Aoshima 1/24 Nissan Skyline GT-R R32

The Godzilla

Godzilla, panggilan yang rasanya tepat bagi Nissan Skyline GT-R R32. Julukan yang didapat karena monster dari Jepang ini merajai balapan touring di awal 90an. Sebut saja 5 consecutive JTCC champion dan lebih dari 200 kemenangan di balapan lainnya di Jepang maupun internasional. Diluar balapan resmi diatas GT-R juga pernah membuktikan dirinya di salah satu sirkuit paling brutal di dunia, Nurburgring. Silahkan tonton video GT-R R32 Nurburgring dan Anda akan kaget atas apa yang bisa dilakukan sedan 4 pintu produksi massal.


Berbeda dengan budaya barat yang mengandalkan kekutan semata/brute force, budaya Jepang lebih mengutamakan teknik yang efisien dan efektif. Lihat saja bela diri Jepang macam Karate, Judo, Aikido, dll. Bukan tentang besarnya tenaga, tapi menggunakan tenaga dalam jumlah cukup dengan cara yang benar ke sasaran yang tepat. Begitu juga dengan Nissan Skyline GT-R R32. Jalan raya dan sirkuit balapan tidaklah lurus, banyak tikungan tajam dan terkadang ada air ataupun pasir yang licin. Mobil yang hanya mengandalkan tenaga besar akan terpaksa melambatkan lajunya di tikungan. Jika memaksa masuk dengan kecepatan tinggi, traksi akan hilang dan kecelakaan fatal menanti. Menyadari hal ini, disainer Nissan melengkapi GT-R dengan all wheel drive system bernama ATTESA E-TS (Advanced Total Traction Engineering System for All-Terrain with Electronic Torque Split). ATTESA E-TS mempunyai sensor yang bisa memonitor attitude mobil beserta gaya G yang dialami. Informasi ini kemudian dimanfaatkan oleh computer cerdas ATTESA E-TS untuk mengatur torsi yang diberikan ke setiap ban. Memastikan setiap ban mendapatkan torsi maksimum tanpa kehilangan traksi. Hasilnya tikungan dapat dilibas dengan kecepatan maksimum tanpa takut terlempar keluar. Sistem ATTESA E-TS ini sangat efektif sehingga membuat frustasi para drifter. Sekeras apapun mereka mencoba, keempat ban GT-R tetap menempel aspal dengan erat. GT-R baru bisa diajak drift setelah fuse all wheel drive dicabut.

Kalau melihat performa GT-R R32 di Nurburgring, mungkin Anda mengira mesinnya berukuran diatas 3000 cc. Disinilah ciri khas teknologi Jepang, efisien dan efektif. GT-R hanya dibekali mesin 2600 cc. Bahkan pada awalnya GT-R R32 direncanakan menggunakan mesin 2400 cc. Akan tetapi sistem ATTESA E-TS cukup berat, kapasitas mesin perlu dinaikkan 200cc untuk mencapai performa optimum. Mesin ini diberi designasi RB26DETT. Kode DETT dibelakang mesin ada arti tersendiri. D artinya Dual overhead cam, E berarti Electronically fuel injected, dan TT berarti Twin Turbo. Nissan meng-claim daya puncak RB26DETT hanya 276 Hp, tapi sebenarnya mesin ini mampu menyemburkan daya sekitar 320 Hp. Tidak hanya itu, konon performa RB26DETT standar pabrikan belum pada puncaknya. Selain itu engine block mesin ini terbuat dari cast iron yang kokoh, membuat RB26DETT masih bisa di tuning untuk menyemburkan daya yang lebih menyeramkan lagi dengan aman.

Aoshima 1/24 Nissan Skyline GT-R R32

Raja dari dunia model kit adalah Tamiya. Kualitas tinggi dan konsisten beserta distribusi  luas membuat Tamiya menjadi pabrikan mokit paling terkenal. Tapi di dunia mokit otomotif Tamiya dibayangi oleh Aoshima. Aoshima memang belum se-terkenal Tamiya, akan tetapi pabrikan ini menyediakan varian kit otomotif yang sangat luas dan terkadang kualitasnya cukup mengejutkan. Salah satu contohnya adalah kit motor Aoshima 1/12 GPZ900R yang sangat detail sampai disc brake-nya benar-benar belubang.
Aoshima 1/24 Nissan Skyline GT-R R32 Body

Aoshima memproduksi berbagai varian Skyline, salah satunya adalah GT-R R32 ini. Saat pertama membuka kotak kit ini mungkin anda akan merasa part count dan kerumitan perakitan masih dibawah kit serupa keluaran Tamiya. Akan tetapi Aoshima sudah memberikan detail yang cukup tajam di kit ini. Mereka juga membungkus satu atau dua sprue dalam plastik tersendiri untuk menghindari kerusakan dalam pengiriman.
Aoshima 1/24 Nissan Skyline GT-R R32 parts

Perakitan dimulai dari kaki-kaki dan chassis. Detail yang diberikan di area ini cukup sederhana. Perakitan akan berjalan relatif cepat dan mudah. Aoshima menyediakan suspensi sederhana dan mekanisme agar roda depan bisa diputar dengan sinkron. Detail sistem transmisi tersedia dalam bentuk relief sederhana. Di bagian belakang juga ada detail fuel tank dan knalpot yang juga sederhana tapi cukup detil. Tantangannya ada di pengecatan untuk menunjukkan detail minimalis ini.
Aoshima 1/24 Nissan Skyline GT-R R32 parts 2
Selanjutnya perakitan berlanjut ke area kabin. Kedua jok belakang dibuat sebagai relief detail di cabin tub, sementara kedua jok depan dibuat dalam part terpisah, cukup standar bagi kit mobil. Aoshima melakukan pendekatan yang cukup praktis di kit ini, pedal gas/rem/kopling yang tidak bisa terlihat dari luar setelah perakitan tidak disediakan. Dashboard yang cukup terlihat dari luar disediakan lengkap dengan steering wheel, tuas lampu sen, tuas gigi, dan rem tangan. Dashboard juga diperkaya dengan beberapa decal untuk hasil yang lebih realistis. Ada satu detail di area kabin yang tidak disediakan Aoshima dan bahkan Tamiya sekalipun, yaitu seat belt. Semua sisi kaca kabin disediakan dalam satu part besar untuk mempermudah perakitan.

Aoshima memberi anda pilihan untuk membuat model mobil konvensional atau see through. Pada opsi see through Aoshima menyediakan kap mesin transparan beserta model mesin RB26DETT di dalamnya. Aoshima juga masih menggunakan pendekatan praktis di area ini. RB26DETT tidak disediakan dalam bentuk mesin utuh, tapi hanya area yang terlihat dari atas saja. Dengan cara ini kompleksitas bisa ditekan tapi detail tetap ada.

Opsi lain adalah spoiler dan body kit samping yang bisa Anda pasang sesuai selera.

Overall Anda mungkin tidak bisa mendapatkan detail luar dalam yang 100% lengkap dengan kit ini. Tapi dengan kit ini anda bisa memiliki replika GT-R R32 legendaris dengan cukup mudah. Opsi body kit dan  kemungkinan untuk membuat see through model adalah nilai tambah tersendiri.

Silahkan kunjungi toko kami, www.rumahmokit.com untuk memiliki Aoshima 1/24 Nissan GT-R R32 ini dengan mudah.     

Tidak ada komentar:

Posting Komentar