Review Hobbyboss 1/350 Akula

Hobbyboss 1/350 Akula

Tanpa Jepang dan Norwegia, mungkin proses kelahiran USS Virginia akan lebih sulit. Apa hubungannya yaa??

Sebelum tahun 80an, Soviet memiliki banyak kapal selam performa tinggi yang bisa menyelam lebih cepat dan dalam dari milik Amerika. Anehnya awak kapal selam US NAVY tetap percaya diri menghadapi kapal selam Soviet manapun. Penyebabnya kapal selam Soviet pada masa itu jauh lebih berisik dari milik Amerika. Kecepatan tinggi memang berguna dalam beberapa skenario seperti untuk mengimbangi kecepatan gugus kapal induk Tapi kalau suara yang dihasilkan cukup keras, semua itu tidak ada gunanya. Suara merambat lebih baik di dalam air, dan sistem sonar pasif US NAVY memiliki sensitifitas sangat baik. Posisi dan pergerakan kapal selam Soviet bisa dibaca dengan jelas menggunakan sensor pasif yang senyap. Strategi yang tepat bisa dirancang untuk menetralisir kapal selam tersebut walau hanya menggunakan Los Angeles class yang punya kecepatan dibawah milik Soviet.

Mereduksi emisi suara kapal selam bukan perkara mudah. Salah satu sumber suara yang sulit diminimalisasi adalah propeller. Untuk menghasilkan dorongan yang cukup kuat, propeller perlu berputar dengan kecepatan relatif tinggi, menghasilkan pola aliran air dan distribusi tekanan kompleks. Semua ini berpotensi menghasilkan suara yang relatif keras. Propeller perlu dibuat dengan bentuk presisi agar bisa mereduksi suara yang dihasilkan.

Karakter umum teknologi Soviet adalah besar, kuat, kokoh, tapi kurang presisi, Untungnya pada tahun 80an Soviet berhasil membeli mesin milling presisi dari Toshiba dan komputer pengontrolnya dari sebuah perusahaan Norwegia. Dengan mesin ini, Soviet berhasil membuat propeller presisi yang jauh lebih senyap untuk kapal selam terbaru mereka: Akula ( atau Project 971 Shchuka dalam designasi Soviet ).
     
Wujud Akula masih kental dengan aura Soviet: besar dan kekar. Kapal selam twin hull ini berukuran jauh lebih besar dari Los Angeles class. Sail juga berukuran lebih besar dan berbentuk memanjang kebelakang. Diatas sirip tegak ada pod raksasa berisi towed sonar.
    
Persenjataan attack submarine ini sesuai dengan ukurannya yang besar. Ada dua jenis tabung torpedo: 650mm dan 533mm, masing masing 4. Beberapa Akula dilengkapi tambahan dua tabung torpedo 533mm sehingga total ada 6x533mm dan 4x650mm. Tabung torpedo tersebut bisa meluncurkan berbagai macam persenjataan mulai dari torpedo (pastinya!!!), ranjau laut, counter measures, rudal jelajah, dan rudal anti kapal. Konon Akula juga dilengkapi dengan rudal anti pesawat/heli untuk pertahanan diri.

Propeller presisi dan serangkaian modernisasi lainnya membuat Akula nyaris se-senyap Los Angeles class. Hal ini memaksa US NAVY untuk menyesuaikan taktik anti kapal selam. Mereka tidak lagi punya keunggulan besar di bawah air. Kehadiran Akula juga mendorong dibuatnya kapal selam generasi baru yang jauh lebih senyap seperti Seawolf dan Virginia class.

Hobbyboss 1/350 Akula
Hobbyboss 1/350 Akula hull

Isi kotak kit didominasi oleh sepasang belahan hull besar, display stand sederhana, satu sprue kecil berisi detail parts, dan sebuah PE fret yang berisi cukup banyak komponen. Walau terlihat sederhana, kit ini menyimpan banyak detail tajam saat dilihat lebih dekat. Hull dicetak dalam dua bagian atas-bawah, memberi opsi full hull atau waterline. Sail dicetak menyatu dengan upper hull, mempermudah perakitan mengingat sail Akula seharusnya menyatu mulus dengan hull. Surface detail berupa recessed panel dan raised relief dicetak dengan tajam dan konsisten.  
Hobbyboss 1/350 Akula sail
Hobbyboss 1/350 Akula masts

Setiap mast dicetak dalam part terpisah dengan bentuk tajam dan detail. Pintu untuk setiap mast disediakan dari PE, menghasilkan bentuk tipis yang realistis. Hobbyboss menyediakan propeller dari plastik yang berbentuk cukup bagus. Modeler yang ingin bentuk lebih tajam bisa mengganti propeller blades dengan PE yang juga disediakan. Rudder dicetak terpisah, memungkinkam pose lebih dinamis.
Hobbyboss 1/350 Akula propeller and separate rudder

Hobbyboss menyediakan satu halaman full color sebagai panduan pengecatan. Strip putih di sepanjang waterline disediakan dalam bentuk decal. Hobbyboss juga menyediakan nameplate dari PE, akan menjadi finishing touch yang bagus bagi display stand bawaan ataupun display stand custom yang sangat layak dibuat untuk Akula detail ini.
Hobbyboss 1/350 Akula PE
Silahkan kunjungi toko kami www.rumahmokit.com untuk memiliki kit ini dengan mudah, terimakasih.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar