Review : Tamiya 1/35 PAK40

Tamiya 1/35 PAK40

Fire power, armor, dan mobilitas menjadikan tank sebagai sistem senjata yang efektif. Namun tank bukanlah sistem senjata yang tidak terkalahkan. Ada beberapa sistem senjata yang lebih sederhana, murah, dan kecil yang mampu menetralisir tank berat sekalipun dengan efektif. Pada WWII salah satu sistem senjata yang perlu diwaspadai awak tank sekutu adalah meriam anti tank PAK-40 milik Jerman.


PAK adalah singkatan dari panzerabwehrkanone, atau anti-tank gun. PAK-40 berbentuk meriam tarik, digerakkan manual oleh kelima awaknya pada posisi menembak dan ditarik kendaraan lain untuk perpindahan jarak jauh. PAK-40 dibekali gun shield sederhana untuk sedikit proteksi bagi awaknya.

Walau tidak punya kemampuan bergerak sendiri dan hanya menawarkan sedikit proteksi bagi awaknya, PAK-40 masih punya kartu as berupa ukuran yang kecil dan rendah. Meriam ini bisa disembunyikan dengan mudah di medan perang baik di pepohonan maupun reruntuhan bangunan. Tank sekutu akan sulit mencari PAK-40 yang tersembuyi dengan rapi. Memberikan kesempatan awak PAK-40 untuk menembakkan peluru lethal 75 mm sebelum musuh menyadari posisinya. 

75 mm adalah kaliber yang cukup berat untuk menjebol hampir semua armor sekutu pada masa itu. PAK-40 bisa menembakkan peluru jenis HEAT atau AP dengan lintasan lurus yang akurat. Selain proyektil AP standar, PAK-40 juga bisa menembakkan peluru AP khusus dengan tungsten sub-caliber penetrator untuk menjebol armor yang lebih tebal.

Di tangan Jerman, PAK-40 adalah sistem senjata yang efektif. Keunggulan meriam ini juga diakui oleh Russia yang juga memakai PAK-40 rampasan untuk melawan mantan pemiliknya. Setelah WWII, beberapa negara bahkan masih mengoperasikan meriam efektif ini.

Tamiya 1/35 PAK40
 
Tamiya 1/35 PAK40 parts 1
Kit ini terdiri dari 100% plastik styrene, tidak dilengkapi resin ataupun PE untuk detail super tajam. Namun Kualitas pencetakan Tamiya yang terkenal sangat baik terlihat di kit ini. Walau hanya menggunakan media plastik, Tamiya berhasil memberikan detail lengkap dan tajam PAK-40 dengan sangat baik. Sisi positifnya selain lebih murah, semua parts bisa dirakit menggunakan lem plastik biasa dengan mudah.
 
Tamiya 1/35 PAK40 parts 2
Laras meriam tersusun dari dua parts kiri dan kanan yang perlu disatukan dengan hati-hati karena sambungannya cukup panjang dan perlu dihaluskan sampai seam benar-benar tidak terlihat. Berikutnya adalah berbagai komponen firing mechanism yang dirakit dari parts kecil yang dicetak dengan tajam dan rapi. Gun shield dan carriage bisa dibuat dalam firing ataupun towing position. Cara membuatnya sebenarnya dijelaskan pada instruction sheet. Namun sayangnya ini adalah kit keluaran lama dengan gambar yang tidak sejelas kit Tamiya terbaru dan penjelasan bahasa Inggris-nya pun sedikit sulit dipahami. Instruksi perlu perhatian ekstra, terutama saat ingin membuat towed position. Sisi positifnya ada penjelasan kendaraan penarik PAK-40 yang umum dipakai beserta konvoi pendukungnya.
 
Tamiya 1/35 PAK40 paint scheme
Salah satu bagian yang sulit di cat adalah roda. Demarkasi antara velg berwarna kamuflase dengan ban harus dicat lingkaran sempurna. Untungnya Tamiya mencetak ban terpisah dari velg. Kedua komponen ini bisa di cat terpisah dengan warna masing masing, baru di lem untuk menghasilkan demarkasi warna sempurna dengan mudah.
 
Tamiya 1/35 PAK40 figure
Selain kanon, Tamiya juga menyediakan beberapa elemen lain untuk membantu pembuatan diorama. Tersedia figure komandan, gunner, dan loader dengan detail cukup bagus pada pose yang sesuai. Selain itu tersedia peti amunisi, spent case, dan active round untuk diorama yang lebih lengkap.  


Overall walau tanpa resin dan PE seperti kit modern, Tamiya 1/35 PAK-40 ini tetap merupakan pilihan yang bagus. Modeler memang perlu usaha ekstra untuk memahami instruction sheet, terutama jika ingin membuat towed configuration. Namun cetakan rapi khas Tamiya, breakdown yang diperhitungkan dengan baik, dan parts tambahan pendukung diorama adalah nilai tambah kit ini. 

Silahkan kunjungi toko kami, www.rumahmokit.com untuk memiliki kit ini dengan mudah, terimakasih.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar