Review : Zvezda 1/72 Su-47 Berkut

Zvezda 1/72 Su-47 Berkut
Su-47 Berkut adalah pesawat riset Sukhoi untuk eksplorasi karakteristik Forward Swept Wing (FSW). FSW menawarkan manuverabilitas ekstra di AoA tinggi dan drag yang lebih kecil saat terbang normal. Untuk bisa mendapat kedua manfaat ini, instabilitas dan aeroelastisitas FSW harus diatasi. Karakteristik FSW lebih detail bisa dibaca di artikel kami tentang Hasegawa 1/72 X-29.

Berkut mengadopsi solusi serupa dengan X-29 untuk mengatasi permasalahan FSW. Fly by Wire digunakan untuk mengatasi instabilitas inheren dan composite tailoring untuk mengatasi aeroelastisitas. Su-47 juga mengadopsi paduan FSW dan canard untuk bidang kontrol di sumbu pitch. Selain itu Su-47 juga menggunakan subsistem yang sudah terbukti di pesawat lain seperti forward fuselage, vertical tail, dan landing gear milik Su27 untuk meminimalisasi biaya dan resiko. Solusi yang serupa bukan berarti Sukhoi membajak disain X-29. Bentuk dan ukuran keduanya sangat berbeda, sehingga perlu implementasi solusi secara berbeda juga.

Su-47 menggunakan 2 mesin dan berukuran jauh lebih besar dari X-29.  Ukuran besar akan berguna jika Su-47 dipilih sebagai fighter operasional generasi berikutnya. Tersedia ruang untuk internal weapon bay dan hidung yang cukup besar untuk menampung radar terbaru.

Sayangnya hasil pengujian Su-47 tidak dipublikasikan sejelas X-29. Akan tetapi sepertinya Russia mencapai kesimpulan yang sama dengan Amerika. Pesawat generasi kelima yang akhirnya terpilih, PAK-FA, mengadopsi disain sayap yang lebih konvensional untuk mendapat manuverabilitas secara stealthy.

Zvezda 1/72 Su-47
 
Zvezda 1/72 Su-47 parts
Ukuran Su-47 cukup impressif, sehingga perlu kotak besar untuk memuat parts mokit ini. Semua parts dicetak dalam 2 sprue hitam dan 1 sprue clear untuk canopy. Panel line sudah beraliran recessed.


Zvezda 1/72 Su-47 landing gear

Zvezda memberikan detil yang cukup bagus di area kokpit, landing gear, dan exhaust. Cockpit terdiri dari tub, ejection seat, pilot figure, dan instrument panel. Detail side dan instrument panel direpresentasikan dengan decal. Ejection seat dan pilot figure dicetak dengan detail yang cukup tajam. Kokpit ditutup dengan canopy yang memiliki framing jelas, mempermudah pengecatan. Landing gear dicetak dengan bentuk yang bagus, tinggal di cat dengan baik untuk menonjolkan detailnya. Sisi dalam exhaust dilengkapi dengan turbine face yang cukup baik. Zvezda juga menyediakan nose probe yang sangat baik, dilengkapi dengan fin dengan bentuk realistis. Zvezda juga menyediakan display stand untuk menampilkan Su-47 pada pose gear up.
 
Zvezda 1/72 Su-47 canopy
Zvezda 1/72 Su-47 display stand

Su-47 belum masuk masa operasional dan belum dipersenjatai, sehingga kit ini termasuk sederhana. Dibalik kesederhanaannya terdapat detail yang cukup memuaskan di area tertentu. Ukuran impressif dan bentuk unik forward swept wing adalah nilai tambah tersendiri bagi kit ini. 

Silahkan kunjungi toko kami www.rumahmokit.com untuk memiliki mokit Zvezda 1/72 Su-47 dengan mudah, terimakasih.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar