Review : Meng 1/35 Leopard 2A4

Meng 1/35 Leopard 2A4 

Leopard 2A4

Sedikit sejarah tentang tank ini bisa dibaca di review kami tentang Hobbyboss 1/35 Leopard 2A4.


Di kehidupan yang lainnya, saya bekerja sebagai konsultan SAP, sebuah sistem informasi buatan Jerman. SAP punya karakter tersendiri yang agak sulit ditemui di sistem lainnya. Karakter pertama adalah kesederhanaan sistem ini. Terlihat sederhana dari luar, tanpa fitur kosmetik berlebihan. Programming sistem ini pun sangat sederhana, sangat mudah dipelajari, walau sulit dikuasai. Kesederhanaan sistem ini membuka peluang bagi karakter selanjutnya, yaitu kehandalan. Sistem yang didisain dengan logis dan programming yang sederhana mempermudah implementasi validasi kompleks dan berlapis. Setiap input dari user akan melewati validasi berlapis, memastikan hanya data bersih masuk ke sistem. Data yang masuk akan tersimpan rapi di relational database. Data ini akan tetap bisa dipertanggung jawabkan sepanjang umur sistem. Tidak hanya sederhana dan handal, SAP juga scalable. Berbagai enhancement bisa diimplementasikan dengan rapi ke existing system, membuat sistem tetap update terhadap kondisi bisnis terbaru tanpa mengganggu jalannya existing proses.    

Ketiga karakter ini bisa terlihat jelas di Leopard 2A4 yang juga buatan Jerman. Sebagai tank modern, Leopard 2 terutama varian A4 tidak banyak diimbuhi fitur aneh-aneh. Bentuk luarnya sederhana dan fungsional, memungkinkan pemakaian composite armor terbaru. Urusan dapur pacu pun tidak menggunakan turbin yang eksotik, tapi memakai mesin diesel yang lebih sederhana. Biarpun sederhana, performa mesin diesel Leopard 2 tidak kalah jauh dari mesin turbin. Sistem mesin diesel ini dirancang dalam sebuah power pack yang bisa diganti dengan mudah dan cepat di lapangan. Meningkatkan kehandalan Leopard 2 secara signifikan di medan pertempuran.    

Selain sederhana dan handal, Leopard 2 juga scalable. Berbagai versi kemudian dikembangkan dari versi 2A4. Kanon yang lebih kuat, sistem proteksi yang lebih baik, dan berbagai sensor yang lebih sensitif bisa diintegrasikan ke versi berikutnya dengan baik. Tidak hanya versi berikutnya, Leopard 2A4 milik Singapura dan Indonesia pun sukses diintegrasikan dengan berbagai sistem tambahan pesanan khusus setiap negara tanpa banyak masalah. Salah satu bukti kejeniusan disain dasar Leopard 2. 

Meng 1/35 Leopard 2A4

Meng terkenal dengan mokit armor kualitas terbaik. Dimensi kotak mokit Meng memang sama dan bahkan lebih kecil dari pabrikan lainnya. Walau kecil, kotak ini dijejali banyak sekali parts, cukup untuk membuat model super detail. Tidak hanya plastik standar, Meng juga melengkapi kit ini dengan PE, benang nylon, dan transparent parts. Semua part ini bisa dirakit dengan mudah berbekal instruction book tebal yang jelas dan detail.

Meng 1/35 Leopard 2A4 parts 1

Meng 1/35 Leopard 2A4 parts 2

Meng 1/35 Leopard 2A4 parts 3
Meng 1/35 Leopard 2A4 hull and turret

Saat melihat part dasar hull dan turret mungkin Anda akan sedikit heran. Part hull dan turret ini berbentuk polos, sederhana, dan nyaris tanpa molded on detail yang umum ada di kit lain. Hal ini memang ciri khas Meng. Hampir semua detail dicetak dalam parts terpisah untuk menghasilkan ketajaman detail maksimum. Walau terlihat merepotkan, tapi prosesnya akan menyenangkan berkat part precision yang sangat baik. Kami pernah membuat Meng 1/35 T90, semua part bisa menyatu dengan sangat baik, hampir tidak memerlukan putty.

Meng 1/35 Leopard 2A4 workable track
Ciri khas lain dari Meng adalah workable track. Setiap mata rantai track tersusun dari inner plate, outer plate, dan track link. Ketiga part ini bisa disatukan tanpa lem, hanya di click saja. Meng juga menyertakan sebuah jig untuk mempercepat perakitan. Effort terbesar adalah untuk melepas sekian banyak part dari sprue dengan bersih.

Meng 1/35 Leopard 2A4 workable suspension
Selain super detail, workable track berarti bisa diset dalam posisi yang diinginkan. Hal ini dibantu dengan workable suspension. Meng mendisain suspensi mokit ini agar bisa berkerja seperti torsion bar suspension tank aslinya. Saat dipasang dengan baik, suspensi model bisa nge-per seperti tank aslinya. Fitur ini punya manfaat lain. Setiap suspension arms bisa di kunci secara independen, mempermudah pemajangan model pada diorama dengan kontur tanah tidak rata. 

Meng 1/35 Leopard 2A4 PE and clear parts

Meng menyediakan beberapa PE parts untuk detail halus. Intake dan engine grill yang tajam bisa dibuat dari PE yang disediakan. Leopard 2 dilengkapi dengan beberapa dust plug yang diikat dengan rantai kecil. Detail halus ini diberikan dalam bentuk PE.   

Walau berbentuk sederhana, Meng berusaha menampilkan detail turret se akurat mungkin. Tersedia clear parts yang bagus untuk mensimulasikan lensa periskop. Sensor face PERI dan EMES dicetak dengan sangat baik, bahkan detil wiper dibuat dalam part terpisah. Bagi Anda yang bingung untuk memasang sensor EMES dalam posisi terbuka ataupun tertutup, Meng punya solusinya. Pintu sensor didisain bisa dibuka dan ditutup setelah perakitan. Setiap smoke grenade juga disediakan dalam part terpisah untuk detail maksimal.     

Satu hal yang sedikit mengganjal dari kit ini adalah tidak adanya detail mesin. Untungnya Meng mencetak engine door terpisah dari hull. Saat aftermarket parts untuk powerpack Leopard 2 tersedia, detail ini bisa dipasang tanpa perlu memotong engine door.

Overall banyaknya part terpisah adalah potensi besar mokit ini untuk menjadi replika super detail Leopard 2A4. Walau tanpa mesin lengkap, Meng menyediakan engine door terpisah untuk mempermudah pemasangan aftermarket engine parts saat tersedia. Part yang banyak tiak akan menjadi halangan karena instruction book yang jelas dan tingkat presisi yang sangat tinggi. Modeller pemula yang punya kesabaran tinggi bisa belajar banyak dari kit ini. Semantara modeller berpengalaman akan bisa membuat replika Leopard 2A4 terbaik dari kit ini.

Silahkan kunjungi toko kami, www.rumahmokit.com untuk memiliki kit ini dengan mudah, Terimakasih. 




Tidak ada komentar:

Posting Komentar