Build Review : Meng 1/35 T-90A

Meng 1/35 T-90A
Sedikit sejarah dan review mokit ini bisa Anda baca disini

The most complicated kit that we ever build

Meng 1/35 T-90A adalah kit paling rumit yang pernah kami buat. Dimensi kotak Meng T-90A sebenarnya sedikit lebih kecil dari tank modern 1/35 lainnya. Tapi yang aneh adalah kotak kit ini lebih berat. Penyebabnya baru ketahuan setelah kotak dibuka, Meng hampir tidak menyisakan ruang kosong didalamnya. Plastik parts dalam jumlah sangat banyak dijejalkan ke dalam kotak kecil tersebut.

Kit serumit ini tidak akan selesai dalam waktu cepat. Perlu taktik tersendiri untuk menyimpan semua sub assembly dengan rapi tanpa kehilangan satupun. Bagian yang memakan tempat paling banyak adalah track. Untungnya semua sprue penyusun track terbungkus rapi dalam satu kantong plastik pelindung. Track akan dirakit ditengah proses sehingga bisa disimpan dulu dengan rapi di kotak lain, menyisakan ruang yang cukup untuk menyimpan sub assembly dengan aman dalam kotak Meng T-90. Selama proses perakitan, sprue yang tidak lagi memegang parts segera disingkirkan, memberikan tempat lebih banyak lagi untuk sub assembly.

Paint Scheme

Kit ini dibuat atas permintaan salah satu customer kami. Kami sangat lega paint scheme overall green dipilih. Jika paint scheme kamuflase three tone yang dipilih, akan sangat sulit memasang masking diatas detail maksimal kit ini.

Paint scheme overall green membawa tantangan tersendiri. Yang pertama adalah warnanya harus benar-benar akurat. Hanya ada satu warna yang menjadi pusat perhatian, kalau warna hijaunya salah maka akan terlihat jelas. Yang kedua adalah warna hijau polos perlu divariasikan dengan weathering yang sesuai. Tanpa kedua hal ini, model akan terlihat membosankan dan seperti mainan.
Gunze Sangyo Aqueous RLM80 Olive Green
Sebenarnya Meng menganjurkan Vallejo RLM80, tapi stok untuk warna tersebut sedang kosong. Untungnya ada satu cat dengan warna yang sesuai, Gunze Sangyo Aqueous RLM80 Olive Green. Cat ini mudah dipakai, cukup diencerkan dengan air bersih dengan perbandingan yang tepat dan diaduk rata. Dengan kekentalan yang tepat, cat ini bisa disemprot dengan baik menggunakan airbrush. Selain itu cat ini juga mudah dibersihkan, komponen airbrush pen cukup di lap dengan tissue yang dibasahi dengan alcohol 70%. Ekonomis dan mudah.

Ada satu lagi keuntungan cat water based. Kami hanya memiliki kompresor Krisbow yang paling murah tanpa tabung. Filter udara dan water trap pun seadanya. Terkadang kelembaban udara tekondensasi dan kompresor menyemprotkan air secara sporadis. Cat Gunze cukup tahan terhadap semprotan air sporadis ini. Biarkan cat kering dulu sebelum dikoreksi, hasilnya tetap bagus.     

Wheel

Perakitan kit tank umumnya dimulai dari roda. Jumlah road wheel T-90 lebih sedikit dari tank barat, hanya 6 pasang. Di depan ada sepasang idler wheel dan di belakang ada sepasang sprocket.

Bentuk idler wheel dan sprocket T-90 cukup rumit. Meng berhasil menangkap bentuk rumit ini dan merepresentasikannya dalam beberapa part yang bisa dirakit dengan mudah. Teknologi injection molding Meng sangat bagus, tidak ada cacat yang terlihat. Tantangannya adalah melepas semua part dari sprue dengan rapi.
Wheel and Sprocket
Road wheel juga tidak kalah detil, bahkan mungkin sedikit berlebihan. Meng sampai mencetak detil relief diatara kedua cakram roda. Detil ini tidak akan terlihat setelah perakitan, tapi memberikan pemandangan bagus bagi modeler yang merakitnya. Sepanjang perjalanan ada lebih banyak lagi yang seperti ini, detil tajam tapi tidak akan terlihat setelah jadi. Meng T-90A ini memang kit yang memanjakan perakitnya.
PE mask for painting road wheel
Meng menyediakan masking dalam bentuk PE untuk membantu pengecatan road wheel. Langkah pertama semprot seluruh permukaan dengan NATO Black. Selain berfungsi sebagai primer dan preshading, warna ini yang cukup bagus untuk mensimulasikan bantalan karet di sekeliling road wheel. Kemudian masking bisa digunakan untuk melindungi sisi luar roda saat tengahnya disemprot RLM80. Hasilnya adalah road wheel yang rapi dengan effort minimum.

Lower hull
Lower Hull and Suspension
Bentuk sisi bawah Hull T-90 kaya akan detil yang direpresentasikan dengan sangat bagus oleh Meng. Ada sedikit gap di sisi depan lower hull. Gap ini tidak perlu dirapikan karena akan tertutup oleh dozer blade.

Meng menyediakan suspensi yang sangat detail dan rumit. Suspensi ini tidak mati, tapi bisa bekerja seperti suspensi torsion bar pada tank aslinya. Meng menyediakan petunjuk yang sangat jelas, lengkap dengan titik pengeleman, membuat perakitan suspensi menjadi mudah.   

Jika dipasang dengan benar, suspensi kit ini akan bisa bekerja seperti tank aslinya. Masalahnya kami kurang yakin dengan ketahanan sistem suspensi ini dalam jangka panjang mengingat semua detil yang disediakan Meng akan membuat model menjadi cukup berat. Pada akhirnya kami mengikuti langkah yang ditempuh banyak modeler lain saat membuat kit ini, yaitu dengan mengunci suspensi di posisi netral dengan superglue.

Engine
Diesel V12 engine
Meng menyediakan mesin utuh untuk dipasang dalam hull. Detil mesin diesel V12 ini sangat bagus, beberapa bagian yang tipis dibuat dengan PE parts. Meng dengan cerdik menyediakan jig untuk melipat PE. Cukup tekan PE parts ke posisi yang ditandai di jig, lipatan akan terbentuk dengan akurat.
Engine on hull
Sayangnya sebagian besar detail tersebut akan terkubur selamanya setelah perakitan selesai. Pintu ruang mesin memang bisa dibuka setelah perakitan, tapi itu hanya menampilkan sedikit saja detail bagian atas mesin.

Proses lain yang cukup rumit adalah menyambungkan mesin dengan exhaust yang berada di hull. Dry fitting diperlukan untuk mendapatkan posisi yang tepat sebelum menggunakan lem.

Pintu ruang mesin tidak bisa menutup rapat. Perlu sentuhan amplas di tengah pintu agar bisa menutup rapat.

Hull Assembly
Hull assembly
Sisi atas dan bawah hull dapat disatukan dengan mudah karena sangat presisi. Part yang membentuk upper hull cukup sederhana. Sisi atas hull kemudian dijejali banyak part untuk menghasilkan detail maksimal. Beberapa grill disediakan dalam bentuk PE untuk hasil yang lebih realistis. Untuk ukuran kit sedetail ini, jumlah PE parts relatif sedikit dan sangat mudah dipasang. Sebagian besar detail disediakan dalam bentuk plastic parts yang lebih mudah dipasang. Kualitas cetakan yang sangat bagus membuat plastic parts tidak terlalu kalah tajam dari PE.

Bagian yang agak sulit dipasang di tahap ini adalah external fuel tank. Instruction sheet menyarankan pemasangan bracket ke hull dulu baru memasang fuel tank. Salah sedikit posisi bracket akan membuat fuel tank tidak tidak sejajar dan terlihat berantakan. Fuel tank bisa digunakan untuk meluruskan posisi bracket sebelum lem mengering sempurna. Meng juga menyediakan fuel line yang akurat yang bisa terpasang dengan pas saat posisi external fuel tank sudah benar.

Basic assy
Seperti upper hull, part utama pembentuk turret berbentuk polos dan sederhana. Tapi tunggu dulu. Berbagai detil disediakan dalam bentuk part terpisah untuk hasil yang realistis. Hampir setiap pelat ERA perlu dipasang satu persatu. Sensor SHTORA disediakan sangat detail dengan opsi terbuka atau tertutup. Di kit ini kami membuat sensor SHTORA dalam posisi terbuka. 

Lensa periskop T-90 cukup banyak, disediakan dalam transparent parts. Sebelum dipasang, semua lensa ini diberi semprotan clear blue beberapa lapisan tipis sampai mendapat ketebalan warna yang diinginkan. Clear parts bisa menempel rapat dengan rumahnya tanpa perlu trimming.

Track

Track akan lebih mudah dipasang sebelum side skirt. Jujur saja perakitan track adalah bagian yang paling mengintimidasi dari seluruh proses pembuatan kit ini. Setiap mata rantai terdiri dari 5 komponen: sebuah track pad, sepasang track link, sebuah guide tooth, dan sebuah rubber pad. Rubber pad sifatnya opsional. Dalam kit ini rubber pad tidak dipasang untuk menunjukkan sangarnya T-90A di medan offroad.
Track
Proses perakitan sebenarnya sederhana dan fun. Pertama-tama satukan dua track pad dengan guide tooth di tengah. Lalu perkuat sambungan dengan memasang sepasang track link pada pin di sisi track pad. Ulangi terus sampai didapat 81 sambungan mata rantai. Semua sambungan tidak membutuhkan lem, cukup click saja. Pinset atau jig dari Meng bisa digunakan untuk mempercepat perakitan. Kuncinya adalah jangan memaksa. Jika sambungan susah masuk jangan dipaksa, pin yang halus bisa patah dengan mudah. Pastikan posisi pin lurus sempurna, sambungan akan masuk dengan mulus tanpa paksaan. Walau terlihat ringkih di awal, setelah selesai sambungan antar mata rantai ternyata cukup kuat.

Track kemudian dilabur NATO Black sebagai primer. Lalu diberi overall metallic grey. Terakhir ditutup dengan beberapa gradasi warna coklat dan hull red untuk mensimulasikan lumpur dan karat.
Track on sprocket
Track kemudian dipasang dengan hati-hari ke model. Pastikan track link menempel erat di gigi-gigi sprocket.

Hull and Turret assembly continued
Turret and Side Skirt detail
Setelah track terpasang, perakitan hull dan turret bisa dilanjutkan. Side skirt bisa dipasang dengan relatif mudah karena fittingnya bagus. Yang sedikit menantang adalah pemasangan tiga pelat armor di side skirt. Meng membuat attachment point pelat ini dengan rumit seperti aslinya. Pemasangan perlu dilakukan secar bertahap, pastikan lem cantelan terdalam kering sempurna sebelum menambah part diatasnya. Dry fitting perlu dilakukan dengan teliti, posisi dan sudut ketiga pelat perlu dipasang dengan presisi, sedikit kesalahan akan terlihat jelas di model akhir.

Bagian lain yang juga cukup menantang adalah sepasang SHTORA dazzler di depan turret. Beberapa video T-90 menunjukkan lensa dazzler ini menyala merah terang saat sedang aktif, menambah kesan sangar tank ini. Lensa SHTORA dazzler diberi beberapa lapisan tipis clear red sampai warnanya cukup tebal. Part plastik dibelakang lensa dicat dengan chrome silver untuk lebih menonjolkan warna merah lensa. Tekstur permukaan kotak dazzler dicetak dengan akurat. Tantangannya adalah memasang kotak tersebut dengan mounting yang sangat kompleks. Pasang secara hati-hati dan bertahap agar mendapatkan sudut lensa yang pas untuk kedua sisi dazzler.  

To Prime or Not To Prime

Warna part plastik sudah sangat dekat dengan warna akhir RLM80. Pengecatan langsung RLM80 pada sprocket juga menghasilkan warna yang bagus, sehingga kami sedikit tergoda untuk melabur RLM80 langsung tanpa surface primer.

Akan tetapi kit ini tidak homogen. Selain plastik, kit ini juga terdiri dari PE dan vinyl untuk pangkal laras. Detail kit ini juga tersusun dari banyak part terpisah yang perlu diuji kualitas sambungannya. Warna hijau tua plastik mempersulit inspeksi sambungan. Oleh karena itu satu lapis tipis surface primer diaplikasikan. Tentu saja setelah track dan lensa dilindungi dengan masking. Lensa periskop dan track yang berbentuk kotak bisa diproteksi dengan masking tape. Lensa SHTORA dazzler yang berbentuk lingkaran perlu sentuhan tersendiri. Lensa melingkar ini lebih mudah diproteksi dengan bola blu tack. 

Surface primer diaplikasikan tipis saja untuk menjaga detail halus tetap terlihat di finishing akhir. Cacat permukaan yang terlihat kemudian di koreksi dengan amplas halus.
Primer and preshading
Daerah lekukan dan sisi luar panel disemprot dengan NATO Black untuk mempertegas efek bayangan.

Color Painting
Olive green paint
Cat Gunze Sangyo Aqueous RLM80 Olive Green digunakan untuk model ini. Cat ini cukup diencerkan dengan air. Saat rasio air-cat tepat dan diaduk dengan benar, cat ini sangat mudah disemprot. Cukup dua sampai tiga lapisan tipis untuk mengahsilkan warna yang solid.

Decal and semi gloss clear coat

Paint scheme yang dipilih di kit ini hanya butuh sepasang decal yang dipasang di sisi kanan kiri turret. Kualitas decal Meng sangat bagus, hanya butuh sedikit bantuan future untuk blending dengan cat dibawahnya.
Hull semi gloss coat
Seluruh permukaan tank kemudian dilabur Tamiya rattle can semi gloss clear coat. Kocok dengan benar lalu semprot dengan rata dari jarak yang cukup jauh dan stabil untuk mendapatkan hasil yang bagus. Lapisan semi gloss clear akan melindungi cat dan decal dari proses weathering berikutnya.

Weathering

Pada model ini kami berniat untuk membuat tampilan T-90 pada kondisi operasional di lapangan. Kami ingin detil bawaan Meng menjadi fokus perhatian, weathering hanya diaplikasikan secara moderat. Sedikit debu di sisi bawah, side skirt, dan sisi depan hull. Jelaga knalpot T-90 juga akan dibuat. Tidak lupa panel line dan lekukan dipertegas dengan washing.  
Reeves Soft Pastel
Media yang digunakan adalah soft pastel keluaran Reeves. Kelebihan pertama soft pastel adalah harga yang murah dan bisa dibeli dengan mudah di stationery, art store, dan juga di beberapa online shop seperti tokopedia. Kelebihan lainnya adalah media ini non toxic, lebih aman bagi kesehatan saat dipakai. Soft pastel juga water based, aplikasi yang salah atau berlebihan bisa di trim dan bahkan dihapus dengan kain lembab. 

Batangan pastel diserut menjadi serbuk dengan sisi belakang hobby knife. Beberapa warna bisa dicampur untuk menghasilkan efek yang diinginkan. Serbuk tadi kemudian dilarutkan dengan air. Kekentalan larutan menentukan efek akhir yang diinginkan. Jika sangat kental bisa digunakan untuk mensimulasikan lumpur. Encerkan sedikit maka bisa mensimulasikan debu. Jika diencerkan lebih jauh lagi dan dicampur sedikit sabun bisa digunakan sebagai washing.

Larutan soft pastel bisa diaplikasikan dengan kuas lama yang sudah kaku. Larutan pastel coklat kental diaplikasikan ke road wheel, track, sisi bawah hull, dan bagian bawah side skirt untuk mensimulasikan lumpur. Di sisi atas hull dan side skirt diberi larutan pastel coklat yang lebih encer untuk mensimulasikan debu. Larutan pastel hitam yang kental diapliaksikan ke sekitar kanlpot untuk mensimulasikan jelaga. Larutan hitam ini kemudiana diencerkan lagi untuk diaplikasikan sebagai washing di sela-sela blok ERA dan daerah lipatan lainnya.

Sisi bawah tank di blending sedikit dengan semprotan tipis cat acrylic warna coklat muda. Sementara sisi atasnya mendapat semprotan tipis Olive Green.

Sprocket mud
side skirt mud
exhaust soot

Machine gun installation

Pemasangan senapan mesin dilakukan terakhir. Hal ini dilakukan untuk mencegah kerusakan pada senapan mesin yang menonjol keluar dan tipis. Selain itu warna gunmetal senapan mesin berbeda dengan kamuflase tank, pengecatan akan bisa lebih mudah jika dipasang terakhir.

machine gun on turret
Senapan mesin tersusun dari senapannya sendiri, mounting, magazine, dan kantong untuk menyimpan sisa selongsong peluru. Meng menyediakan satu renteng peluru untuk dipasang diantara magazine dan senapan mesin. Detail peluru ini sangat tajam dan warnanya yang berbeda menambah kontras yang bagus.

Mounting senapan mesin T-90 cukup rumit. Harus mempelajari instruction sheet dengan seksama agar bisa mendapatkan cara pemasangan yang tepat. Walaupun sulit, setelah semua terpasang, mounting ini ternyata cukup kokoh.

Terakhir satu lapisan tipis Tamiya rattle can semi gloss clear dilabur ke seluruh model. Selain untuk mem-blending warna, lapisan semi gloss coat ini juga berfungsi menyegel weathering.

Conclusion

Meng 1/35 T-90A adalah mokit paling rumit yang pernah kami buat. Walaupun rumit, modeler pemula juga bisa mendapatkan kasil yang bagus dari kit ini karena fittingnya benar-benar luar biasa. Hanya perlu sedikit sekali penggunaan dempul dan hampir tidak ada modifikasi yang perlu dilakukan. Satu satunya modifikasi adalah penipisan engine bay door.

Modal utama untuk membuat kit ini adalah kesabaran dan ketelitian. Harus sabar untuk melepas part dari sprue dengan rapi. Meng mengandalkan plastik untuk detail halus, sehingga beberapa part sangat tipis, perlu tang potong/gunting/hobby knife yang tajam dan kesabaran ekstra. Selain itu detail kit ini memang kompleks, Instruction sheer perlu dipelajari dengan teliti.

Perakitan track memang terlihat menantang. Nikmati saja prosesnya dan kerjakan pelan-pelan, tidak sesulit perkiraan awal, hasilnya kuat dan detail.

Kit yang sangat bagus. Memang tidak murah, tapi detil dan fiiting sesuai dengan harganya.


Silahkan kunjungi toko kami www.rumahmokit.com untuk memiliki mokit ini dengan mudah, Terimakasih :)






Tidak ada komentar:

Posting Komentar