Review : Airfix 1/48 Sea Harrier FRS 1

Airfix 1/48 Sea Harrier

The battle proven naval fighter.

Fighter apa yang belum pernah terkalahkan dalam dogfight di pertempuran sebenarnya?

Jika Anda menjawab F-15 Eagle, anda benar. Performa tinggi, kecepatan supersonic, dan kapasitas gotong senjata yang besar membuat pesawat ini mampu merajai pertempuran udara. Akan tetapi F-15 tidak sendiri. Ada fighter lain yang juga belum pernah terkalahkan dalam dogfight di pertempuran sebenarnya. Tidak seperti F-15, performa fighter ini tidak istimewa, menembus kecepatan suara pun tidak mampu, dan hanya mampu membawa sedikit persenjataan. Walau demikian fighter tersebut tetap mampu meladeni berbagai jenis pesawat lawan mulai dari A-4 Skyhawk yang lincah sampai Mirage III yang supersonic. Fighter tersebut adalah Sea Harrier.


Sejarah Sea Harrier bermula dari pemotongan anggaran pertahanan Inggris. Salah satu efek pemotongan ini adalah pembatalan pembuatan kapal induk besar milik Royal NAVY. Tidak ada kapal induk berarti RN tidak lagi bisa mengoperasikan pesawat sayap tetap seperti F-4 Phantom. Untungnya para petinggi RN belajar dari sejarah. Tanpa elemen udara yang memadai, efektifitas angkatan laut akan menurun drastis. Elemen udara yang berbasis di kapal induk mutlak dibutuhkan.

Walau demikian pemerintah tetap bersikeras untuk memotong anggaran dan tidak mengijinkan RN memiliki kapal induk. Solusinya adalah dengan membuat kapal induk kecil, penamaannya pun bukan aircraft carrier tapi through deck cruiser. Lahirlah Invincible Class. Jangan bandingkan Invincible class dengan kapal induk nuklir Nimitz Class. Panjang kapal ini tidak cukup untuk take off ataupun landing fighter sekelas F-4 Phantom. Solusi permasalahan ini ternyata cukup dekat, mudah, dan murah. RN akan melengkapi Invincible Class dengan pesawat Harrier yang sudah dioperasikan oleh RAF.

Harrier adalah salah satu bukti kehebatan engineering bangsa Inggris, terutama Hawker Siddeley. Harrier adalah salah satu dari sedikit sekali pesawat berkemampuan VTOL (Vertical take off and landing). Harrier bisa lepas landas dan mendarat secara vertical dimana saja dengan mekanisme yang relatif sederhana. Mekanisme ini sangat sederhana dan jenius, hanya butuh satu mesin turbofan Rolls Royce Pegassus. Tidak perlu mesin kedua ataupun roket berbahan bakar kimia berbahaya. Gas buangan RR Pegassus tidak diarahkan mati ke belakang seperti pesawat lainnya. Gas buangan ini dikeluarkan melalui empat buah nozzle di sisi fuselage (dua di setiap sisi). Keempat nozzle tersebut dengan cerdas didisain agar bisa diputar, mulai dari lurus ke belakang sampai vertikal ke bawah + 2 derajat kedepan.

Untuk take off, keempat nozzle diarahkan vertikal kebawah. Daya dorong RR Pegassus cukup besar untuk mengangkat Harrier keatas. Kemudian keempat nozzle tersebut diputar secara bertahap ke belakang, menyediakan daya dorong untuk terbang seperti pesawat biasa. Untuk mendarat proses ini dibalik, nozzle diputar secara bertahap ke bawah bahkan bisa sampai 2 derajat kedepan untuk membantu pengereman dan pengontrolan pesawat di kecepatan sangat rendah. Tidak hanya untuk take off dan landing, keempat nozzle ini juga bisa diputar saat dogfight, memberikan manuver kejutan yang sulit ditebak oleh musuh. Keempat nozzle utama ini dibantu oleh empat nozzle kecil di hidung, wingtip, dan ekor untuk stabilisasi pesawat pada saat terbang vertikal.

Hebatnya para disainer Hawker Siddeley mampu menelurkan disain jenius ini pada tahun 60an. Disain yang hanya bisa diimbangi oleh Soviet dengan Yak-36. Pada era itu tidak ada negara NATO lain yang berhasil membuat pesawat VTOL, tidak Prancis, tidak Jerman, dan bahkan Amerika pun gagal. Amerika baru berhasil mendisain pesawat VTOL sendiri akhir-akhir ini dengan F-35B Lightning II.

Disain Harrier adalah sebuah kompromi. Ada beberapa parameter performa yang dikorbankan untuk mendapat kemampuan VTOL. Diameter RR Pegassus beserta keempat swiveling nozzle nya tidaklah kecil, sehingga bentuk Harrier cukup tambun. Lintasan gas buang yang tidak lurus juga menimbulkan loss tersendiri. Hasilnya Harrier tidak mampu melakukan apa yang biasa dilakukan fighter lain di zamannya, yaitu menembus kecepatan suara. Harrier kelihangan inisiatif untuk memulai ataupun mengakhiri pertempuran dengan masuk ke kecepatan supersonic. Kecepatan lambat ini juga mengurangi efektifitas Harrier dalam pertempuran BVR. Akan tetapi kecepatan lambat ini juga membawa berkah tersendiri. Harrier mempunyai karakter manuver di kecepatan lambat yang unik dan sangat akurat dalam misi serangan darat.

Kemampuan VTOL Harrier membuatnya sangat tepat untuk melengkapi Invincible Class carrier. Harrier bisa take off dan landing secara vertikal dari dek sempit Invincible. Walaupun fleksibel, vertical take off cukup boros bahan bakar dan membatasi muatan yang bisa dibawa Harrier. Solusinya adalah take off menggunakan ski-jump. Ski-jump di halauan Invincible class mampu membelokkan vektor kecepatan Harrier beberapa derajat keatas. Hasilnya Harrier mampu take off horizontal pada jarak yang sangat pendek. Tidak seperti take off vertikal yang hanya mengandalkan dorongan mesin, take off dengan ski jump dibantu oleh daya angkat sayap. Membuat Harrier mampu take off dengan lebih irit bahan bakar dan muatan lebih berat.

Operasi pesawat di kapal induk pastinya berbeda dengan operasi di darat. Ada beberapa modifikasi yang dilakukan agar Harrier dapat beroperasi lebih optimal dari kapal induk. Modifikasi ini membuat Harrier milik RN layak menyandang designasi baru, yaitu Sea Harrier FRS.1 atau sering disebut dengan nama Shar.

Harrier milik RAF digunakan untuk misi CAS (Close Air Support), sedangkan RN berencana menggunakan Sea Harrier sebagai fighter dengan peran sekunder untuk reconnaissance dan strike. RN juga menyadari potensi Sea Harrier untuk dogfight jarak dekat. Dalam dogfight jarak dekat, pilot akan sangat terbantu kalau bisa melihat ke semua sisi dengan mudah. Oleh karena itu kokpit Sea Harrier ditinggikan untuk menambah visibilitas ke semua arah. Setelah terlihat, pilot bisa menyusun taktik yang paling efisien untuk mengarahkan hidung pesawat ke musuh. Pilot sangat terbantu oleh manuverabilitas Sea Harrier yang baik dan unik di kecepatan rendah. Belum lagi daya dorong mesin bisa diarahkan secara fleksibel, membuat maneuver yang sulit ditebak musuh. Setelah terlihat di depan, Musuh bisa dinetralisir dengan rudal jarak dekat AIM-9L Sidewinder ataupun kanon Aden 30mm.  

Medan pertempuran laut sangat luas dan terbuka. Sea Harier perlu radar yang bagus agar bisa membaca medan pertempuran laut dengan lebih baik. Oleh karena itu Sea Harrier dilengkapi dengan radar Blue Fox. Harrier versi darat tidak dilengkapi radar. Sehingga hidung Sea Harrier harus dimodifikasi besar-besaran menjadi sangat berbeda dengan saudara daratnya.

Sea Harrier adalah fighter berkemampuan unik, anti-mainstream. Pada era itu fighter lain mengutamakan kecepatan supersonic, daya gotong senjata, dan pertempuran BVR menggunakan radar guided missile. Sea Harrier justru sebaliknya. Kecepatan subsonic, muatan senjata sangat terbatas, dan mengandalkan dogfight jarak dekat. Tidak heran kalau banyak yang meragukan efektifitas Sea Harrier. Semua itu akan segera berubah setelah Argentina menginvasi Falkland.

Inggris tentu saja tidak terima koloninya direbut dan segera menyatakan perang. Masalahnya dalam perang modern manapun air superiority adalah kebutuhan mutlak. Kepulauan Falkland berada jauh di selatan samudra Altantik. Tidak ada negara yang mau mengambil resiko dimusuhi Argentina dengan menyediakan landasan udara bagi pesawat Inggris. Solusinya hanya satu, elemen udara harus disediakan dari kapal induk. Pada saat itu Royal NAVY mempunyai dua kapal induk yang siap dikerahkan, HMS Invincible dan HMS Hermes. Kedua kapal induk ini dilengkapi dengan 20 Sea Harrier. 20 Sea Harrier ini akan menghadapi sekitar 200 pesawat Argentina yang terdiri dari Mirage III yang supersonic, A-4 Skyhawk yang lincah, Dagger, Super Etendard, dan banyak lagi. Para petinggi Inggris pesimis meihat kondisi ini. Mereka bahkan mengestimasi satu Sea Harrier akan hilang per hari. Akan tetapi sejarah berkata lain.

Walaupun dihinggapi berbagai keterbatasan, pilot Sea Harrier terlatih dengan sangat baik. Para pilot Sea Harrier sudah pernah berlatih melawan hampir semua fighter NATO. Mereka sudah menemukan cara untuk mengoptimasi manuverabilitas Harrier dan menutupi kelemahannya. Mereka juga sudah benar-benar memahami cara menggunakan AIM-9L. Pilot Harrier juga sudah terlatih bekerjasama dengan Destroyer pertahanan udara Type 42. Jangkauan radar Type 42 cukup luas untuk membaca pergerakan pesawat di sekitar Falkland. Awak Type 42 memanfaatkan informasi ini untuk mengarahkan Sea Harrier dengan akurat dan tepat waktu ke ancaman yang mendekat. 

Hasilnya Sea Harrier Royal NAVY mampu menembak jatuh berbagai pesawat Argentina yang mencoba melawannya tanpa mengalami satupun kekalahan. Beberapa Sea Harrier memang hilang di perang Falkland, tapi itu karena tembakan dari darat dan kecelakaan, bukan karena ditembak jatuh pesawat Argentina. Selain itu Sea Harrier juga berperan sangat penting dalam menjaga kapal Royal NAVY. A-4 Skyhawk dan Super Etendard Argentina perlu melakukan usaha ekstra keras untuk mendekati armada Inggris. Walaupun pada akhirnya jumlah ikut berbicara. Sea Harrier yang tersedia sangat sedikit, sementara Argentina dengan cerdas mengkombinasikan serangan sebenarnya dengan serangan tipuan. Mengalihkan perhatian Sea Harrier dan operator rudal Sea Dart, membuka kesempatan bagi A-4 Skyhawk dan Super Etendard untuk menenggelamkan beberapa kapal Inggris. Walau demikian Sea Harrier dinilai sangat sukses dalam perang Falkland. Kehadirannya menyediakan air cover yang ternyata sangat kuat di tengah-tengah Atlantik Selatan.   

Selain membuktikan performa Sea Harrier, perang Falkland juga membuktikan kehandalan pesawat ini. Kemampuan VTOL memang membuat mekanisme Sea Harrier lebih rumit dari pesawat jet konvensional sekelasnya. Jauh dari daratan yang bersahabat, para maintenance crew harus bisa memaintain ke 20 Sea Harrier di kapal induk dalam kondisi perang. Tidak hanya itu, para maintenance crew Sea Harrier kebagian tugas ekstra untuk memaintain Harrier GR3 yang diperbantukan RAF. Walau demikian availability Sea Harrier di perang Falkland sangat tinggi. Hasil dari kegigihan maintenance crew dan kejeniusan disain Sea Harrier yang relative mudah dimaintain. Sebuah prestasi yang sulit diimbangi oleh pesawat lain di zamannya dan bahkan pesawat di era modern ini.

Airfix 1/48 Sea Harrier FRS.1

Warning, kami hanya merekomendasikan kit ini bagi modeler berpengalaman  yang punya kesabaran ekstra.

1/48 Sea Harrier FRS.1 ini adalah kit Airfix keluaran lama. Itu berarti dua kabar buruk. Yang pertama adalah kualitas cetakan yang tidak begitu baik. Ada beberapa cacat pencetakan seperti flash yang perlu dibersihkan. Yang kedua adalah kit ini masih menganut aliran raised panel line. Untungnya raised panel line ini sangat tipis dan halus, tetap oke di model 1/48. Tantangannya adalah pada saat perakitan, raised panel line halus ini cukup mudah terhapus oleh sapuan amplas. Alternatif kedua adalah menggunakan raised panel line ini sebagai acuan untuk scribing panel line baru. Hasilnya akan lebih akurat tapi perlu tangan yang cukup stabil. Cocok bagi modeler yang ingin melatih skill scribing.

Airfix 1/48 Sea Harrier Parts
 Area paling mencolok dari sebuah model pesawat adalah kokpit. Kabar baiknya Airfix menyediakan canopy yang cukup transparan dan tipis. Cockpit tub cukup sederhana. Instrument dan side panel disediakan dalam bentuk decal. Airfx menyediakan ejection seat yang juga sederhana. Untungnya Airfix menyediakan pilot figure yang cukup detail untuk menutupi semua kekurangan tadi. Ejection seat juga dilengkapi dengan stencil dalam bentuk decal untuk memperkaya tampilan.

Diluar kelemahan tadi Airfix cukup suskses menangkap outline unik Sea Harrier. Ketebalan sayap, terutama trailing edge sudah cukup oke. Compressor face Sea Harrier terlihat jelas dari depan, dan untungnya Airfix menyediakan part dengan detail yang cukup tajam di area ini.

Konfigurasi nozzle Harrier yang unik butuh konfigurasi landing gear yang unik juga. Harrier menggunakan landing gear berkonfigurasi bicycle. Satu nose gear di hidung dan satu main landing gear beroda dua di tengah fuselage. Dua landing gear ini distabilkan  oleh sepasang outrigger kecil di ujung sayap. Airfix menyediakan semua landing gear dengan cukup detil. Lampu perdaratan nose landing gear disediakan dalam bentuk part transparan. Tersedia dua jenis outrigger, dalam pose ter-deploy dan tersimpan. Opsi ini membuat Airfix 1/48 Sea Harrier bisa dibuat dalam pose di darat atau sedang terbang. Sebagai tambahan di belakang main landing gear terdapat air brake yang bisa diposisikan terbuka atau tertutup. Detail internal landing gear bay dan air brake bay tidak ada, perlu di scratch building sendiri oleh modeler.

Kabar baik lainnya adalah kit ini dilengkapi dengan load out lengkap untuk misi air superiority. Tersedia sepasang Aden gun pod untuk dipasang di bawah fuselage. Pylon sayap sisi dalam bisa dicanteli sepasang fuel tank. Sementara pylon sisi luar bisa dilengkapi dengan sepasang AIM-9L Sidewinder, senjata utama Sea Harrier di perang Falkland. Walaupun tidak disebut di instruction sheet dan tidak digunakan di perang Falkland, Airfix tetap menyediakan sepasang rudal Sea Eagle. Semua senjata ini dicetak dengan detail yang baik. Semua fin memiliki ketipisan yang konsisten. Dan semuanya dilengkapi stencil dalam bentuk decal untuk memperkaya detail.

Airfix 1/48 Sea Harrier missiles


Airfix menyediakan dua pilihan decal. Yang pertama adalah Sea Harrier milik Royal NAVY, beroperasi dari HMS Hermes di perang Falkland. Opsi ini menggunakan camo overall Extra Dark Sea Grey. Opsi kedua adalah Sea Harrier milik AL India yang beroperasi dari INS VIKRANT. Versi ini menggunakan camo Extra Dark Sea Gray dan putih. Extra dark sea grey aslinya berwarna gelap, tapi lingkungan laut yang ganas membuat warna ini cepat pudar. Pemudaran warna ini memperlebar kemungkinan weathering yang bisa Anda aplikasikan.
 
Airfix 1/48 Sea Harrier decals

Overall Airfix 1/48 Sea Harrier adalah kit yang sangat menantang. Perlu banyak modifikasi untuk membuat model Sea Harrier yang detil dari kit ini. Tapi akan menjadi kebanggaan tersendiri kalau bisa “menaklukkan” kit menantang ini.     

Silahkan kunjungi toko kami, www.rumahmokit.com untuk memiliki kit ini dengan mudah, Terimakasih.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar