Sweet 1/144 WWII aircraft model kits


Sweet 1/144 Hawker Hurricane

Sweet memang bukan pabrikan mokit yg terkenal di indonesia. Sweet berasal dari Jepang, sebuah negara yang terkenal dengan miniaturisasi dan presisi. Sweet membawa kedua karakter ini dalam mokit-nya. Tidak hanya itu, mokit keluaran Sweet cukup unik dan dikemas dengan cara yang unik pula.





Keunikan pertama pabrikan ini bisa terlihat  dari box art nya. Pabrikan lain menggunakan foto/lukisan pesawat dalam situasi yg serealistis dan sedramatis mungkin. Sweet tidak menggunakan metode itu. Sweet memilih gambar komik tokoh manga dan kucing2 yg lucu untuk box art.

Sweet 1/144 Messerchmitt Bf109 F4

Sweet 1/144 FM2 Wildcat

Melihat box art seperti ini, kebanyakan orang akan mengira kalau isinya adalah replica pesawat dalam sebuah manga, atau pesawat sejadinya dengan marking fiktif. 

Don’t judge a book by its cover. Lihatlah isi dalam kotaknya, dan anda akan terkejut. Tidak perlu jauh jauh melihat kualitas sprue, cek dulu lembar decal placement. Dibawah ini adalah contoh decal placement untuk Sweet 1/144 BF109. Decal yang ada digunakan untuk merepresentasikan marking dari pesawat ASLI milik BF109 di front Russia. Jika umumnya mokit skala 1/72 atau bahkan 1/48 lain menyediakan 2 atau bahkan 4 opsi marking. Mokit ini, walaupun hanya 1/144, punya delapan opsi marking. Kualitas decal pun bukan kelas ecek ecek, decal ini dicetak oleh Cartograf, salah satu produsen decal terbaik.

Sweet 1/144 Bf109 decal instruction 

Sweet 1/144 Bf109 Decal


Keunikan Sweet tidak berhenti disitu. Sweet memilih skala yang jarang dipilih oleh pabrikan mokit untuk pesawat sekelas fighter, yaitu 1/144. Mokit pesawat skala ini berukuran sangat kecil. Detail yang ada pun harus sangat tajam agar realistis. Panel line super halus dan antenna/fin/propeller/trailing edge ultra tajam adalah kebutuhan di skala ini. Teknologi injection molding styrene pun dipaksa ke batasnya. Beberapa pabrikan seperti Dragon dan Revell pernah berhasil mengeluarkan beberapa mokit bagus di skala ini, tapi sifatnya masih hit and miss. Sweet sudah berhasil secara konsisten memproduksi mokit bagus di 1/144.

Kesuksesan Sweet bisa dihihat di ketajaman detail part plastik. Panel line sudah beripe recessed dan sangat halus. Propeller tips juga tajam. Landing gear tidak hanya tipis, tapi juga dilengkapi detail oleo struts yang cukup oke. Untuk mencapai detail yang tajam, Sweet tidak pelit part count. Bagian yang memiliki bukaan seperti radiator dibuat dengan part terpisah untuk menghasilkan bibir intake radiator yang tajam. Detail ini cukup realistis di skala 1/144, dan bahkan boleh dibandingkan dengan mokit lain skala 1/72.
    
Sweet 1/144 Bf109 propeller and landing gear

Canopy pun tidak luput dari sentuhan detail. Framing canopy juga tersedia dalam bentuk raised detail. Masalahnya adalah canopy di skala ini sangat kecil, apalagi frame nya, sehingga butuh tangan yang stabil untuk mengecatnya. Canopy di cetak relative tebal, tapi ini tidak terlalu masalah jika anda membuat model dengan canopy tertutup. Tidak kalah dengan mokit lain skala 1/72, tersedia opsi canopy yang berbeda jika memang pesawat aslinya punya beberapa versi canopy. Contohnya di Sweet 1/144 BF109 dibawah ini.

Sweet 1/144 Bf109 canopy

Bicara soal opsi yang disediakan, Sweet 1/144 memiliki beberapa opsi sesuai dengan pesawat sebenarnya. Seperti disinggung diatas, jika pesawat aslinya punya beberapa versi canopy, di mokit Sweet juga tersedia beberapa versi canopy. Load out seperti drop tank juga tersedia, tidak hanya satu tapai beberapa versi. Opsi lain bisa di dua versi engine intake pada bf109.

Sweet 1/144 P51 Mustang Instruction sheet

Sweet 1/144 Bf109 instruction sheet

Tidak hanya detail eksterior, detail interior yang bisa terlihat dari luar juga tersedia. Salah satunya adalah pilot seat. Detail interior lain adalah mesin pada pesawat bermesin radial seperti Zero dan Wildcat.   

Sweet 1/144 Mitsubishi Zero engine and propeler
Sweet 1/144 Mitsubishi Zero parts

Dengan semua detail ini, anda tidak hanya dapat satu model, tapi juga dua model dalam satu kotak.

Secara pribadi, saya sangat menyukai model kit 1/144 Sweet ini. Harga yang oke dan ukuran yang kecil (display space di rumah saya cukup terbatas) adalah salah satu faktor. Selain itu bagi saya hobby model kit ini adalah menempatkan detail se-realistis mungkin pada model sekecil mungkin J.  

Mokit Sweet dapat anda dapatkan disini

Tidak ada komentar:

Posting Komentar