model kit pesawat, sebuah introduksi



Pesawat terbang adalah benda ciptaan manusia yang berbentuk sangat menarik. Bentuk ini tercipta dari pemahaman tentang aerodinamika. Dengan aerodinamika, manusia dapat mengerti sifat udara, memanfaatkannya dan menyatu dengannya. Pemahaman ilmu ini tidak hanya membuat manusia dapat terbang, tapi juga dapat terbang dengan sangat efisien seperti dengan Boeing 787 Dreamliner. Kecepatan suara pun bukan lagi hambatan. Banyak sekali pesawat yang dapat menembus mach 1, SR71 Blackbird bahkan dapat menembus mach 3. Pemahaman aliran udara pada Angle of Attack tinggi juga menghasilkan pesawat yang sangat lincah seperti keluarga Su27 Flanker. Semua ini menghasilkan pesawat pesawat yang tidak hanya fungsional, tapi juga artistic, paduan yang harmonis antara teknologi dan seni.           

Selain dari bentuknya, filosofi disain pesawat dan perannya dalam sejarah adalah sesuatu yang juga menarik. Misalnya pada perang dunia kedua trend pembuatan bomber adalah bermesin 4, senjata lengkap, ukuran besar. Bomber jenis ini memang efektif, tapi butuh resource yang banyak juga, sesuatu yang langka di Inggris pada waktu itu. Lalu deHavilland merancang Mosquito, bomber mungil, bermesin dua, dan dibuat dari material non strategis, yaitu kayu. Awalnya disain non-mainstream seperti ini mendapatkan banyak perlawanan. Tapi pada akhirnya Mosquito menjadi salah satu pesawat paling efektif di WWII. Bahan kayu yang ringan digabungkan dengan bentuk yang streamline dan mesin Merlin yang kuat menghasilkan kecepatan sangat tinggi, lebih tinggi dari fighter musuh. Hal ini membuatnya efektif dalam misi pengintaian, night fighter, ataupun precision bombing. Bahan kayu juga memberinya kelebihan lain, yaitu susah dilacak radar. Itulah deHavilland Mosquito, pesawat yang dibuat dari bahan sederhana, tapi didisain dengan dengan sangat baik, sehingga menjadi pesawat yang sangat efektif dan memiliki peran signifikan dalam sejarah.

Semua hal diatas, kadang membuat kita ingin punya pesawat beneran, tapi sepertinya itu hanya sekedar mimpi bagi orang normal. Paling tidak kita masih bisa punya model 3D nya.   
Bagaimana caranya kita bisa punya scale model yang akurat dari pesawat yang di inginkan dengan harga yang terjangkau???


Italeri 1/72 Su32

Model kit bisa jadi alternatif solusi. Model kit tidak kita beli dalam kondisi jadi. Tapi kita beli dalam sebuah kotak yang berisi parts terpisah. Parts ini perlu kita rakit, lalu di cat dan finishing sampai mirip dengan pesawat aslinya. Contoh model kit ada di foto dibawah, Tamiya 1/48 F16, salah satu model kit terbaik yang ada di pasaran. Disini beberapa parts tergabung dalam sebuah sprue. Dan beberapa sprue terlindung di plastic pembungkusnya. Lalu semua itu di packing dalam sebuah kotak dengan boxart yang biasanya sangat menarik.
Salah satu model kit terbaik, Tamiya 1/48 F16


Part in sprue
Model kit juga cukup mudah dimodifikasi untuk mengkoreksi kesalahan bentuk atau menambah detail. Pilihan cat, aftermarket parts, dan decal yang cukup luas memungkinkan kita untuk membuat model dari pesawat spesifik yang diinginkan.       

Bagaimana model kit bisa memiliki sifat sehebat itu? Akurat, detil, mudah di modif, dan pilihan yang luas. Salah satu jawabannya adalah material utama model kit, yaitu plastic styrene yang diolah  dengan metode injection molding. Styrene cair diinjeksi dengan tekanan sangat tinggi ke cetakan/mold. Metode ini sudah mature, sehingga bisa menghasilkan detail yang cukup tajam. Model tidak dicetak utuh, tapi dicetak dalam bentuk parts terpisah. Parts tersebut memang harus kita rakit sendiri untuk membentuk model utuh, tapi metode ini bisa menghasilkan detail yang sangat tajam.

Styrene juga cukup lunak untuk diolah dengan peralatan sederhana. Hand tools seperti tang, cutter, hobby knife, amplas, kikir, dll sudah cukup untuk memodifikasi bentuk part.
Hand tools basic untuk model kit
Proses perakitan pun mudah karena cukup menggunakan lem plastic atau superglue. Kedua jenis lem ini bekerja cukup cepat dan kuat, sehingga umumnya tidak diperlukan jig khusus untuk perakitan.
Tamiya plastic glue
Yang perlu diwaspadai adalah proses pengecatan. Styrene terlalu licin untuk cat air/minyak biasa (untuk media kertas/kanvas), dan terlalu lunak untuk cat besi/kayu. Saya merekomendasikan penggunaan cat khusus model kit. Cat jenis ini memang lebih susah dicari, dan harganya cukup mahal, tapi hasilnya sangat memuaskan.
Tamiya acrylic paint
Lambang Negara (roundel), no registrasi pesawat, warning stencils, dan marking lain yang terlalu rumit untuk di cat manual tersedia dalam bentuk decal. Decal seperti sticker, tapi jauh lebih tipis. Dengan aplikasi yang benar, decal akan terlihat menyatu dengan model seperti dicat dan bukan seperti sticker yang ditempel. Decal biasanya sudah include di kotak model kit. Model kit yang bagus biasanya menyediakan beberapa pilihan decal, sehingga kita tidak terbatas pada satu pesawat spesifik saja. Jika kita ingin membuat pesawat dengan marking yang lain, aftermarket decal tersedia dengan pilihan yang sangat beragam. Jika itu masih kurang, kita dapat mendisain decal sendiri di komputer, lalu di print ke kertas decal polos dengan laser printer.
Decal
Normalnya pesawat operasional tidak benar benar bersih. Interaksi dengan cuaca, apalagi udara bergaram diatas laut membuat cat menjadi kusam. Debu dan kotoran lain kadang terakumulasi di panel line atau lekukan pesawat. Karbon dari exhaust mesin pun dapat menempel di badan pesawat. Jejak sepatu teknisi atau pilot pun dapat mengelupas cat di titik titik tertentu sampai ke lapisan logam nya. Semua hal ini dapat disimulasikan di model kit dengan metode weathering. Berbeda dengan cat utama yang sebaiknya menggunakan khusus model kit, untuk weathering medianya lebih beragam. Bisa menggunakan yang khusus untuk model kit, bisa juga menggunakan media lain seperti cat air, cat minyak, tinta cina, garam, hair spray, pastel, pensil, dll. Teknik weathering sangat beragam seperti pre shading, washing, salt masking, filter, dll. Setiap modeller punya teknik sendiri. Dan setiap teknik dengan aplikasi yang tepat mampu menghasilkan sebuah model yang sangat realistis.
Salt masking pada Revell 1/144 F104 starfighter
Tidak puas hanya dengan model pesawat saja, anda bisa membuat diorama. Yang paling sederhana mungkin dengan membuat posisi sedang taxi, atau bersiap take off di runway. Anda bisa membuat display base dengan bantuan texture paint untuk menyerupai aspal di landasan. Mau lebih rumit lagi anda dapat membuat diorama pesawat sedang di maintain. Pada model kit skala besar yang bagus, biasanya disediakan pilihan panel terbuka yang memperlihatkan isi kompartemen tertentu di pesawat. Beberapa bahkan menyediakan pilihan mesin yang bisa dibuat terpisah, memperlihatkan detil mesin yang sangat rumit. Jika itu masih dirasa kurang, anda dapat membeli secara terpisah model teknisi, pilot, bomb rack/trolley, traktor pesawat, mobil tangki bbm, dll. Bahkan detil kecil seperti remove before flight tag dapat dibeli ataupun dibuat.

Selanjutnya Anda dapat membuat sendiri objek tambahan yang diinginkan. Objek tambahan itu dapat kita buat dari sprue sisa, pla plate, timah solder, bahkan glue infused paper. Imajinasi Anda adalah batasnya. Skill artistic anda akan meningkat secara gradual, memungkinkan Anda untuk membuat sesuatu yang pada awalnya tidak Anda kira bisa buat. Semakin lama anda akan dapat membuat model yang mengagumkan hanya dengan model kit yang murah dan sederhana.
Penambahan ejection ring dengan kawat tembaga


Jadi bagaimana cara memulai hobby ini??
Di Indonesia model kit pesawat besar (komersial, bomber & kargo) tersedia dalam skala 1/400, 1/200, 1/144, dan 1/72. Sementara untuk pesawat kecil (fighter) tersedia dalam skala 1/144, 1/72, 1/48, 1/32, dan  1/16. Pabrikan model kit yang masuk ke Indonesia umumnya berasal dari Jepang (Tamiya, Hasegawa, Platz, Sweet, Zoukei Mura), Korea (Academy), Inggris (Airfix), USA (Monogram), Italia (Italeri),  Jerman (Revell), dan China (Trumpeter, Dragon, Hobbyboss, Kittyhawk).


Mungkin Anda berpikiran kalau untuk memulai, mulailah dari skala yang paling kecil (1/400 atau 1/144). Ide ini ada benarnya, karena harganya paling murah, jumlah part paling sedikit, dan proses perakitan terlihat paling sederhana. Akan tetapi, dari pengalaman saya, model skala ini memang paling mudah untuk dibuat jadi model yang biasa saja, tapi sangat sulit untuk dibuat jadi model yang memuaskan. Bukan berarti skala kecil ini jelek, bahkan ini adalah skala favorit saya. Budget saya yang sangat terbatas dan tempat pemyimpanan model yang sempit adalah alasan saya menyukai skala ini. Selain itu bagi saya pribadi, modeling itu adalah menambahkan detil se realistis mungkin pada model sekecil mungkin. 

Masalahnya adalah model skala ini belum menjadi fokus utama pabrikan model kit. Sehingga model skala ini yang beredar di pasaran umunya berkualitas kurang baik. Masalah yang umum ada adalah detil komponen yang overscale (terlalu tebal) atau bahkan tidak ada detil sama sekali. Jadi perlu teknik yang terlatih dan kesabaran ekstra untuk membuatnya jadi model yang memuaskan. Dibawah ini ada contoh model 1/144 keluaran Revell yang cukup detil.
Revell 1/144 Tornado ECR


Rekomendasi saya mulailah dengan skala menengah. Untuk pesawat besar dari skala 1/200 dan pesawat kecil skala 1/72 atau 1/48. Skala ini adalah produk utama sebagian besar pabrikan model kit, sehingga model nya sangat beragam dan cukup berkualitas. Pada skala ini detil yang tersedia sudah cukup realistis dan konstruksinya relatif sederhana, sehingga pemula dapat membuat model yang memuaskan tanpa perlu banyak modifikasi.

Selain itu untuk pemula sebaiknya memulai dengan merk Tamiya atau Hasegawa. Kedua merk ini memang harganya relatif lebih mahal, tapi kualitas mereka termasuk yang terbaik. Parts breakdown didisain dengan sangat baik, sehingga dengan perakitan yang minimal menghasilkan detail yang maksimal. Proses produksi mereka pun sangat baik sehingga menghasilkan parts yang konsisten dan presisi. Parts fitting sangat baik, memudahkan proses perakitan yang kita lakukan. Proses perakitan pun dipermudah dengan buku petunjuk yang sangat jelas. Instruksi dalam bahasa Inggris dan Jepang. Kalaupun ada instruksi yang hanya dalam bahasa Jepang, ilustrasi 3D yang jelas sangat memudahkan kita merakit.    

Setelah dapat feeling nya, Anda dapat meng-eksplore hobby ini lebih jauh lagi. Pesawat dengan pilihan yang lebih luas tersedia di merk-merk lain. Sebagian besar merk lain pun harganya relative lebih murah. Tapi anda jangan kaget kalau proses perakitannya lebih menantang. Masalah yang paling umum adalah part fitting, sambungan antar part yang tidak rapat sempurna. Selain itu ada banyak sekali ketidaksempurnaan lain yang akan anda temukan. Tapi hal ini bukanlah show stopper, justru disinlah seni sebenarnya di hobby ini, disinilah skill anda akan berkembang pesat. Ada kepuasan sendiri pada saat kita bisa membuat model yang mengagumkan dari model kit murah yang berkualitas biasa biasa saja. 
Dragon 1/48 Horten, model kit murah, detil, tapi langka


Tidak ada komentar:

Posting Komentar